MADAGASKAR

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

KOMBINASI ‘maut’ Pak JK dan Ibu Mufidah saat menikah 27 Agustus 1967. Duo etnis di Tanah Air yang terkenal jago dagang. Saya tahu banget, karena banyak teman soulmate orang Minang dan saya lahir di Makassar.

jusuf kalla jusufkalla menikah

Dalam adat Minangkabau yang maternalistik (mengikuti garis ibu), pasangan ini beruntung, karena Ibu Mufidah dari Minangkabau.

Dalam adat Makassar yang paternalistik (mengikuti garis ayah), pasangan ini beruntung, karena Pak JK dari Makassar (lupa saya Bugis atau Makassar, pokoke dua suku itu paternalistik kolot).

Kedua suku itu jago dagang. Warung depan rumah saya punya orang Bugis (Circle-K pribadi), doyannya dagang, dagang, dagang dengan ikatan komnitas yang sangat kuat antar etnis. Sama dengan orang Minang.

Makanya, PBB merestui nama negara Afrika yang misah sendiri jajahan Prancis dengan nama MADAGASCAR (Madagaskar). Karena 2000 tahun lalu orang-orang dari Nusantara sudah berimigrasi ke sana, kebanyakan diduga orang Makassar, Kalau ada rel kereta apinya, pasti isinya orang Jawa. Sepppurrrr…

 

MAnusia DAGang ASal maKassAR (Madagaskar)

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *