Attenti la Cane

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

INILAH rumah paling terkenal se Indonesia selama lebih seperempat abad. Letaknya di Jalan Cendana, kawasan elite Menteng. Penghuninya presiden RI kedua. Bentuknya sederhana tidak mentereng dan jor-joran seperti rumah OKB. Tapi…

…hampir semua tokoh dunia dan orang terkenal pernah ke rumah sederhana ini. Mulai Presiden AS Richard Nixon sampai pentolan gerilyawan Mujahidin Afghanistan, dari disainer Pierre Cardin sampai The New Kids on the Block pernah bertamu ke rumah ini. Pagarnya sederhana.

Di Jakarta, bentuk pagar bisa menandakan usia rumah (umur pagar juga) serta selera pemiliknya. Pagar model Jalan Cendana no. 8 ini tipe pagar tahun 1970an. Bahkan ada yang masih dengan pagar kawat di kawasan Menteng lainnya yang memagari rumah tua tak terurus lengkap dengan peringatan “Attenti la Cane” (Awas Anjing Galak) dalam bahasa Latin. Rupanya tidak pernah diganti pagarnya selama 50 tahun!

cendana

Tidak seperti di kota-kota besar lain, rumah-rumah mentereng di Jakarta, jarang dihuni penghuninya. Sebaliknya jadi rumah tinggal asistennya (PRT). Si pemilik lebih banyak menghabiskan waktu di kantornya di Jakarta atau Singapura dan juga di dalam mobilnya. Rumah pun jadi dormitory (numpang tidur doang).

Mengapa tak sewa Blue Bird saja yang sudah menyediakan caravan,lengkap dengan paralatan rumah dan kantor yang mobile? Sementara jutaan orang di ibukota empet-empetan berada di rumah petakan kontrakan yang terasnya penuh jemuran basah celana dalam.

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.