Bermain Dakon

Ariffani

 

Di suatu sore hari, saat aku baru saja pulang kerja, aku melihat beberapa anak kecil bermain dakon di depan kosanku. Setelah memarkir motor, aku menuju mereka untuk ikut melihat, dua di antara mereka memang sudah sedikit besar, baru masuk SMP tahun ini tapi mereka ini masih kolokan, hehehehe…

dakon (1)

Salah seorang di aantara mereka menawariku untuk bermain. Hm.. siapa yang tak mau?! Aku jelas saja mengiyakan.

dakon (2)

Maka kami mulai menyusun anak dakon ke dalam lobangnya, tiap lobang berisi 7 biji, sebelum main kami melakukan suit terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang main pertama, dan untungnya aku pemenangnya. Maka akulah yang melangkah untuk pertama kalinya.

ini kemenangan pertama

ini kemenangan pertama

Sebenarnya aku sendiri sudah agak lupa cara bermain permainan ini. Karena seingatku aku main ini terkahir kali saat aku SD/SMP, lumayan lama. Tetapi dengan PD-nya aku masih memutari tiap lobang.

Permainan yang kami lakukan sangat seru, selain harus bermain strategi, kami juga berpikir bagaimana caranya agar tidak kalah langkah. bahkan mereka juga sedikit curang, hehehehe…

dakon (4)

Dan akhirnya 6 ronde kami lewati. 2 seri, 2 kalah untukku, dan 2 menang. Enam ronde ini kami lewati dalam waktu 30 menit. Wow!!! Bermain seperti ini selalu membuat lupa waktu.

aku kalah langkah

aku kalah langkah

Jujur saja, aku selalu merindukan permainan tradisional macam begini, bahkan aku juga ribut ingin ikut main bola bekel jika mereka sedang bermain, tentu saja aku tak akan ikut jika mereka sudah bermain benteng-bentengan, heheheheh…

Rasanya jadi anak kecil lagi, dan terkadang biasanya aku mengundang para anak kecil untuk main ke kosan aku, selain mengusir bosan, tentu saja bermain dengan permainan tradisional yang dapat menjadikan aku untuk selalu ingat permainan-permainan tradisional yang mulai pudar. Siapa tahu besok-besok bisa jadi cerita buat anak-anakku kelak.

Dan aku masih berharap sampai kapanpun permainan tradisional akan tetap dimainkan walaupun diserbu oleh permainan modern macam online game dan handphone.

 

*ariffani, 4 sept 2014

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.