Diamond

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

soetami

INI Ibu Raden Ayu Soetarni, istri Nyoto, tokoh dan sahabat Soekarno sebelum geger 1965. Kemarin Ibu RA Soetarni wafat mengakhiri perjuangan hidupnya yang keras dan bermandi fitnah. Hari ini dimakamkan di Solo, tempat leluhurnya.

Ibu Soetarni berasal dari kaum ningrat Puro Mangkunegaran. Ayahnya Raden Mas Sumo Sutargio. Kalau sebut nama Sumo Sutargio inget Bapak RMT Tarwo Sumo Sutargio, pemimpin Langenpraja Mangkunegaran.

Waktu Soetarni menikah dengan Njoto tahun 1955, yang menjadi pendamping adalah ayah dan ibu dari Ibu Tien Soeharto (kerabat Mangkunegaran), RM Sumoharjomo dan Raden Ayu Hatmanti. Mereka sedulur walau kelak jadi berseberangan. Karena suami Ibu Tien Soeharto mencari-cari suami Soetarni setelah geger 1965. Entah untuk diapakan…pasti dipenjara tanpa pengadilan. Gaya Orde Baru.

Njoto, tokoh eksentrik dan melankolik dari partai besar saat itu, PKI. Jago main saxophone. Teman main musiknya, Jack Lesmana. Setelah Njoyo entah kemana, Ibu Soetarno menghidupi anak-anaknya dengan tangguh dan ketakutan. Anak bungsungnya diasuh dalam penjara. (Soetarni mendekam dipenjara 11 tahun berpindah-pindah tanpa diadili, hingga Presiden AS Jimmy Carter mendesak Soeharto untuk membebaskan semua tahanan politik dan dituruti pada 1979, tahun Soetarni bebas).

Perempuan Indonesia paling tangguh hidup susah dan melewati cobaan berat. Banyak perempuan dan ibu-ibu Indonesia nasibnya seperti Ibu Soetarni.

Makin keras tekanan, makin ulet dan bertahan. Kalau kata McGyver, arang dan intan berasal dari unsur yang sama: karbon.

“Arang yang ditempa dengan tekanan tinggi terus menerus dalam waktu lama akan menjadi intan”, kata McGyver.

Benar. Saksikan, McGyver, Jumat malam, 2 rakaat. Hanya di RCTI.

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.