Festival Lampion Suzhou di Solo

Handoko Widagdo dan Hagai Deo Siddhanta

 

Salah satu bukti bahwa poros Beijing-Singapore-Solo (http://baltyra.com/2010/04/08/poros-beijing-singapore-solo/) yang dirintis oleh Pak Jokowi telah membumi adalah hadirnya Festival Lampion Suzhou di Solo. Festival yang mengambil tempat di Alun-alun Utara Keraton Surakarta itu berlangsung dari tanggal 29 Agustus – 21 September 2014.

Kami sekeluarga sengaja mengambil waktu malam minggu untuk menyaksikan keindahan lampion-lampion ini. Pilihan kami datang malam minggu adalah karena ada pesta kembang api, sebagai salah satu atraksi festival. Benar saja, saat kami tiba di alun-alun, pesta kembang api sedang dimulai. Hamburan sinar warna-warni menerangi langit di atas Taj Mahal.

Selanjutnya kami masuk Gerbang Suzhou untuk menyaksikan berbagai bentuk lampion. Berbagai lampion berbentuk bangunan-bangunan terkenal, patung-patung Budha, binatang penanda shio dan berbagai bentuk bunga tampil gemerlap membuat alun-alun menjadi indah remang.

Selain dari lampion, ada juga berbagai wahana hiburan, seperti trampolin untuk anak-anak dan dewasa, tong setan, sulap dan tentu saja kuliner khas Solo yang siap memberi kenikmatan bagi perut-perut yang kelaparan karena udara cukup dingin.

Selamat menikmati foto-foto hasil jepretan Hagai Deo Siddhanta.

suzhou lampion (1) suzhou lampion (2) suzhou lampion (3) suzhou lampion (4) suzhou lampion (5) suzhou lampion (6) suzhou lampion (7) suzhou lampion (8) suzhou lampion (9) suzhou lampion (10) suzhou lampion (11) suzhou lampion (12) suzhou lampion (13) suzhou lampion (14) suzhou lampion (15) suzhou lampion (16)

 

 

About Handoko Widagdo

Berasal dari Purwodadi, melanglang buana ke berpuluh negara. Dengan passion di bidang pendidikan, sekarang berkarya di lembaga yang sangat memerhatikan pendidikan Indonesia. Berkeluarga dan tinggal di Solo, kebahagiaannya beserta istri bertambah lengkap dengan 3 anak yang semuanya sudah menjelang dewasa.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *