Belum Dilantik Jadi Presiden, Jokowi Dah “Belagu”!

Prabu – Jakarta

 

Bagi kalian yang jadi relawan Jokowi, pendukung atau sekedar penggembira dan bahkan saat pilpres kemarin nyoblos Jokowi, silaken ambil bata atau kayu. Peralatan ini penting buat “ngepruki” ndasku sebagai penulis ngawur yang menjelek-njelekan Presidenmu. (Padahal gak usah dijelek-jelekin, faktanya sudah jelek).

Jokowi ini pancen “belagu”! Belum dilantik, kok berani-beraninya ngrecokin Presiden SBY. Dengan tim transisi sebagai kaki tangannya yang di pimpin si Hasto Kristiyanto, mereka blusukan ke kementrian pemerintahan SBY.

Padahal selama ini si Jokohok (Jokowi dan Ahok), beraninya cuma blusukan ke pasar becek dan kampung kumuh. Lalu ngobrol sama rakyat miskin. Ah, cuma pencitraan.

Lah, kini mentang-mentang jadi pemenang pilpres yang di putus MK, Jokowi cs berani blusukan ke kantor-kantor kementrian yang gedungnya mentereng. Penghuninya wangi beraroma Chanel 5. Halamannya bertaman luas dengan belasan mobil mewah terparkir rapi.

sby-jokowi

Ini namanya kurang ajar! Kalau dengan bahasa SBY, Ini namanya ngrecokin gue.

Sekali blusukan, tetap blusukan. Rupanya slogan yang dipegang teguh tim transisi. Dan inilah secuil temuanya: RAPBN 2015 yang disusun pemerintahan SBY mengganggarkan rapat kementerian Rp. 18 triliun.

Mendapat temuan demikian, konon Jokowi  kaget nyaris semaput. Untung sang permaisuri pintar merayu agar sang suami jaim dikit, semaputnya ditunda ntar malam aja. Angka Rp. 18 triliun untuk anggaran rapat kementerian terlalu tinggi, begitu gumam Jokowi.

“Hal seperti itu memang harus diefisiensikan, apalagi cash flow kita ini dalam kondisi berat. Harus detail sehingga penggunaannya logis atau tidak, nalar atau tidak,” ujar Jokowi seperti dikutip dari kompas.com (12/9/2014).

Dan hasil blusukan selanjutnya, tim transisi menemukan: Dalam pagu APBN-P 2014, ada lelang mobil dinas senilai Rp. 104,4 miliar. Penggantian mobil dinas dilakukan setiap lima tahun sekali. Jika SBY dua periode memimpin, dua kali pula lelang mobil dinas digelar. Nilainya melonjak setiap kali lelang dilakukan.

Apa reaksi Jokowi dengan temuan ini?

“Itu sangat jelas ketika Pak Jokowi ditanya kebijakan pengadaan mobil baru tersebut. Pak Jokowi memberi jawaban yang sangat tegas, bahwa dalam situasi yang seperti sekarang ini, memang mobil itu belum diperlukan,” kata Hasto Kristiyanto sebagai komandan tim transisi.

Mendengar khabar penolakan Jokowi, Mensesneg Sudi Silalahi sebagai representasi pemerintahan SBY menegaskan, bahwa pemesanan mobil baru tersebut adalah kewajiban kementeriannya yang sudah harus dilaksanakan.

“Menolak, ya silakan ini kan kewajiban kita karena anggarannya itu sudah bersama DPR dibahas. Kemudian itu kita ya jelas semuanya, ada dipanya ada anggarannya, tentu kita berkewajiban untuk menggunakan anggaran itu,” ujar Sudi di Jakarta, Selasa (9/9).

Seperti dilansir jppn.com, Sudi mengusulkan agar mobil dinas menteri dan pejabat setingkat menteri yang lama dilelang. Sebab mobil Kepresidenan dan menteri yang baru sudah telanjur dipesan. Pengadaan itu, tegasnya, tidak bisa dibatalkan.

Merasa gatal mendengar khabar silang sengkarut demikian, Presiden SBY pun segera menjawab dengan mengeluarkan sejumlah instruksi. Antara lain memberi kebebasan Jokowi sebagai presiden baru untuk memakai pejabat-pejabat lama terutama eselon satu, jajaran TNI/Polri. Bahkan SBY berani membatalkan kontrak Mercedes Benz yang telah diteken Sudi, agar menterinya Jokowi bisa tetap pakai Mercy bekasnya. Dan kalau perlu, peralatan makan minum istana yang konon telah terlanjur masuk bursa lelang 5 tahunan, dibatalkan karena Presiden baru Jokowi menolak semua fasilitas anyar yang disediakan SBY.

Episode selanjutnya, dikabarkan pihak Abraham Samad cs bakal merapat ke Jokowi. Selain buat menyelamatkan anggaran triliunan, sekaligus mensukseskan program pro rakyat presiden baru. Edan! Belum dilantik berani ngrecokin.

(sengaja endingnya begitu, demi nylametin ndasku agar lolos dari keprukan relawan, hehehe…)

 

 

About Prabu

Sosok misterius yang sejak kemunculannya tidak banyak orang yang mengenalnya. Walaupun misterius, sosok satu ini sekaligus ramah dan sangat terbuka pertemanannya. Sang Prabu dan Permaisuri sering blusukan menyapa kawula BALTYRA.com dan menggebrak dunia, kebanyakan dengan coretan karikaturnya sekaligus artikel-artikelnya yang bernas, tajam dan berani.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.