Satu Pagi di Mainz (2)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa yang indah ini….Okay, melanjutkan cerita jalan pagi di sekitar hutan kecil, perkebunan, taman dan semak-semak di dekat rumah di Mainz. Seperti inilah kalau Dj. jalan sendiri atau bersama tetangga apartment…

pagi-di-mainz01

Nah, itulah kegiatan Dj. saat ini dan mungkin di waktu-waktu yang akan datang…

Okay, selain melewati perkebunan seperti di oret-oretan yang lalu, sering juga melewati jalan tanah seperti ini. Jadi masih sangat natur dan jauh dari polusi, bisa menghirup udara segar….

pagi-di-mainz02

Dan juga tidak selalu datar, kadang naik dan kadang turun…

pagi-di-mainz03 pagi-di-mainz04

Ya… bahkan kadang lewat jalan setapak…. Dan.. kalau Dj. cerita di telpon BBM dengan seseorang dan Dj. kirim ini foto, seperti yang tidak percaya. Bahwa di Mainz masih ada jalan setapak….Masih sangat natur…Karena di kota-kota besar pun kecil di Indonesia, sudah banyak dibangun macam-macam bangunan…

pagi-di-mainz05

Kalau capek, juga bisa istirahat, di taman ada tersedia bangku juga.

pagi-di-mainz06

Hanya jangan dibandingkan dengan yu Lani yang jalan kaki atau jogging di pinggir pantai….Maklum Mainz tida ada laut, hanya sungai Rhein, itupun harus jalan 1 jam lebih dari rumah…Hahahahahahahaha…Olehnya, Dj sangat bersyukur masih boleh menikmati umur panjang dan menikmati udara segar di Mainz.

Yang saat ini menjadi kebahagiaan Dj. adalah saat Dj. cerita kepada anak cucu, saat sarapan bersama dengan keluarga, di satu akhir pekan. Berapa lama Dj. jalan kaki, kadang 1 jam, kadang 2 jam, tergantung jalur yang Dj. akan ambil… Kalau normal biasanya hanya 1 jam sampai 1 jam 20 menit (rute kecil). Dan kalau rute sedikit besar, bisa sampai 2 jam atau lebih sedikit, tapi ini hanya hari Selasa dan hari Sabtu saja.

Nah, saat Dj. cerita, maka Dewi memberitahu Dj. kalau dengan HP Samsung S4 bisa dilihat berapa langkah Dj. sudah jalan dan juga berepa Km. dan berapa kalori sudah terbakar. Tapi bukan hal itu yang membikin Dj. bahagia, melainkan saat David cerita, bahwa dengan mainannya Nintendo 3 DS XL, dia juga bisa melihat, berapa langkah dia jalan setiap hari. Dan kalau dia jalan 1000 langkah bisa mendapat satu bonus permainan.

Dj. bilang…. mana mungkin….??? Lalu dia bilang… Boleh atau tidak saya ikut jalan bersama opa, nanti saya kasih lihat…Hari Jumat berikutnya Dj. masih bertanya, apa kamu benar-benar mau ikut jalan…??? Dia bilang, i ya…. maka besoknya Dj. jemput dia di rumahnya, tapi sebelumnya Dj. sudah telpon, apakah dia sudah bangun. Dia langsung menjawab, sudah siap opa…

Maka hari itu Dj. jalan bersama David. Tapi agar dia tidak bosan, maka Dj. ambil rute pendek saja dan jalan datar, walau kadang sedikit turun dan naik. Dia senang, tapi ngoceh terus… Lucu dan menyenangkan, dia cerita tentang sekolah dan teman-temannya. Ada yang baik, ada yang dalam pelajaran, ribut atau ngacau…. Hahahahahaha….

Dj. jalan bersama David lewat perkebunan…

pagi-di-mainz07 pagi-di-mainz08

Dan.. kadang lewat perumahan, dimana juga ada bunga yang Dj. jepret dan dia tertawa, serta bertanya….Opa senang sekali ambil foto, untuk apa opa…???

pagi-di-mainz09

Dan ada juga melihat bunga di pinggir jalan…

pagi-di-mainz10 pagi-di-mainz11

Dan kadang lewat hutan kecil…Dia kelihatan senang dan kadang dia lari kiri kanan…

pagi-di-mainz12 pagi-di-mainz13

Kadang dia minta opanya untuk ikut lari… Hahahahahaha….

pagi-di-mainz14

Tapi hari Sabtu berikutnya, Dj. sengaja lewat di taman yang ada mainan…

pagi-di-mainz15 pagi-di-mainz16 pagi-di-mainz17 pagi-di-mainz18 pagi-di-mainz19 pagi-di-mainz20 pagi-di-mainz21

Dan saat istirahat, dia langsung ambil Nintendonya dan ingin tahu berapa langkah yang dia sudah jalankan.

pagi-di-mainz22 pagi-di-mainz23

Dan kemudian jalan lagi….Dia selalu gembira, bila melihat tupai atau burung betet liar yang saat ini mulai banyak di daerah Mainz dan Wiesbaden. Entah darimana aslanya, bisa jadi burung yang lepas dan beradaptasi dengan cuaca di Eropa.

pagi-di-mainz24

Inilah satu kebahagiaan seorang opa, dimana cucunya mau ikut jalan bersama…Bisa saling tukar cerita, kadang dia ingatkan opanya, akan cerita yang pernah Dj. ceritakan, berapa tahun yang lalu dan dia bisa kembali tertawa….Seperti Dj. pernah ceritakan dongeng si kancil anak nakal dan kecerdasannya…

Okay, banyak sudah yang Dj. ceritakan, semoga tidak manjadi bosan. Terimakasih untuk perhatian anda semua dan mohon maaf bila ada banyak kata-kata yaang tidak berkenan. Terimakasih kepada pengasuh Baltyra, yang selalu bersabar.

Selamat berkarya, semoga Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menyertai kita semua.

 

Salam manis dari Mainz…
Dj. 813

pagi-di-mainz25

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *