Peeping Tom

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

KARENA terlalu banyak bertugas di kawasan Timur Tengah, wartawan foto legendaris National Geographic, Tom Abercrombie, akhirnya kesampaian masuk ke Mekkah. Ke dalam Masjidil Haram. Tom sangat disayang oleh NG dan komunitas NG Society. Ketika dia wafat 2006 dibuat tulisan khusus beberapa halaman di edisi Agustus 2006 National Geographic sebagai obituari. Edisi bahasa Indonesia, malah foto Kabah karya Tom 1965 dijadikan gambar sampul depan, agar laku dibeli karena sentimen agama di Indonesia.

peeping tom kabah

Orang non-Muslim tak boleh masuk Mekkah menurut hukum Saudi. Sutradara Spike Lee ngotot ingin mengambil gambar film yang dibuatnya di Kaabah, ‘Malcolm X’, tapi ditolak otoritas sana. Kurang paham apakah orientalis Hindia Belanda Snock Horgronje bisa masuk Mekkah karena pura-pura jadi Muslim atau memang Muslim sungguhan. Tahun 1510 ada penjelajah Italia, Ludovico di Varthema, yang dicatat sebagai non-Muslim pertama yang masuk Mekkah. Kurang paham apakah ada cerita menarik soal ini atau tidak.

Muslim Indonesia ‘nyaris senasib’ dengan non-Muslim yang ingin ke Mekkah, khususnya menunaikan ibadah haji. Sulit untuk melaksanakan ritual haji dengan cepat, kecuali ada ‘extraordinary’ dari penguasa Saudi. Kalau ingin ke Masjidil Haram, ya umrah saja. Bebas kapan saja. Tapi untuk haji…nanti dulu.

Butuh 10-15 tahun calon jemaah haji untuk bisa pergi tunaikan haji, bahkan jemaah Sulsel butuh 18 tahun! Artinya antusias haji tinggi, jadi dijatah. Seharusnya pemerintah melobi penguasa Saudi dan OKI (organisasi negara-negara Islam), agar Indonesia diberi jatah lebih mengingat negeri berpenduduk Muslim terbesar dan ada kaitan historis antara RI dan Saudi. Masak Indonesia disamakan dengan kuota negara OKI spt Suriname, Albania, Mosambik, Guyana atau Burkina Faso, yang Muslim ya se-emprit.

Jika tidak pergi haji seperti menanti kematian. Jangan-jangan mati lebih cepat.

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *