Arowana

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO SOBAT SEMUA DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA . . .

Salam jumpa dengan oret-oreten Dj. di hari Selasa yang indah ini….Saat Dj. nulis , ini masih hari Minggu, bagaimana Dj. bisa bilang hari Selasa yang indah….??? Nah, itulah iman, walau kita tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang, tapi kita yakini, maka Dj. sebut itulah iman…

Dj. yakin anda semua juga memiliki iman yang kuat, mungkin lebih kuat imannya daripada Dj. Tidak percaya….??? Bila anda tidak percaya….??? Dj. bisa buktikan…

1 . Anda bisa berkata kepada teman: Sampai besok ya….
Nah ini sudah satu iman, bahwa anda percaya, kalau besok masih bisa bertemu, kecuali kalau anda hanya basa-basi saja… Hahahahaha….

2 . Sering sekali, bila anda akan tidur, maka anda telah setel weker, benar…???
Padahal anda tidak tahu, apakah anda besok bisa bangun ….???

Tapi anda percaya, bahwa anda besok pasti bangun…. Itulah iman….!!!

Okay, sebagai pembukaan, cukup, karena, bukan itu yang ingin Dj. ceritakan hari ini….

Puji TUHAN….. !!!

Dj. minggu lalu telah mencapai umur 62 tahun, (tidak ada yang nanya…. hahaha…) ini bukan karena Dj. bisa, tapi hanya Anugerah TUHAN semata…..Jelas Dj. sangat bersyukur karenanya, apalagi bukan hanya sekedar kesehatan yang TUHAN beri kepada Dj. dan anda semuanya. Adalah satu kebahagiaan bersama istri dan anak-anak dan cucu-cucu, yang setiap minggu sekali ngumpul di rumah. Bisa bernyanyi, sarapan, makan siang hingga tea time bersama….. HALELUYA . . . ! ! ! Terpujilah nama TUHAN . . . ! ! !

Jujur, Dj. sudah sangat lama menginginkan satu piaraan…..Pacar….??? Hahahahahaha…. itu mah kalau puber kedua, kali ya….??? Yang Dj. maksud ada hubungannya dengan hobby Dj. sejak kecil, dimana suka sekali cari ikan di kali….Entah bagaimana, kalau dengan atau lihat air, Dj. merasa tenang, apalagi bisa menikmati keindahan alam ciptaan TUHAN.

Okay….
Dj. sangat bersyukur, dikaruniai seorang istri yang sangat sabar dan baik hati. Dia seolah tahu apa yang selalu menjadi pikiran Dj. juga dia sangat sabar dan tidak ada orang lain yang Dj. kenal seperti dia….

Nah…. satu saat, kami ke toko ikan, karena harus beli makanan ikan yang sudah hampir habis dan kami lihat ada ikan arowana. Sangat jarang Dj. lihat di toko ikan yang menjual ikan arowana yang dari Asia.

arowana01

Dj. berdiri di depan ikan itu, mungkin hampir 30 menit an….Susi lihat binatang yang lain, seperti kelinci dan tikus putih yang mungil….Pulang dari toko ikan, pikiran Dj. masih ada di ikan arowana tersebut….. Untuk Dj. satu ikan yang sungguh indah. Malam, tidak ada hujan dan tidak ada petir, istri berkata: “Kalau kamu mau, ya beli saja”….

Haaaaah….??? Beli apa….??? (Dj. sok blo´on, padahal memang blo´on) hahahahahahaha…..!!!

Lalu Susi berkata : “Saya tidak akan berkata 3X, kalau kamu mau, ya beli…”.
Dj.: Kamu lihat tadi, berapa harganya…??? Di atas € 2000,- / ekor, untuk beli ikan bandeng bisa dapat dengan yang jualnya…. Hahahahahahaha….. Kami tertawa berdua, di tempat tidur….

Tapi entah mengapa, kok jadi ingin sering ke sana….??? Jangan-jangan kena guna-guna ikan arowana….???? Hahahaha….. (Jokes)

Dan Dj.juga mikir, aquarium harus diubah, tidak mungkin aquarium yang sekarang didiami arowana….??? Kebanyakan tanaman dan mungkin akan sangat mengganggu….

arowana02

Nah… akhirnya aquarium Dj. rombak sedikit, tanaman yang Dj. anggap tidak perlu, makaa Dj. buang…Dj. bersihkan dan terutama filternya Dj. ganti isinya, agar air semakin baik….Okay… akhirnya Dj. rasa, dia akan bisa hidup di sini….. Dj. rasa cukup tempat untuk dia berenang-renang….

arowana03

Satu hari kami ke sana lagi, beli sesuatu, kasirnya nanya, apa sudah punya kartu dari kami….??? Dj. tanya, kartu apa….??? Dan apa untungnya….Lalu dia menjelaskan, kalau sudah jadi member di sini, setiap pembayaran, akan dapat point, sehingga, satu saat bisa dapat discount. Juga, kalau hari Ulang Tahun, sampai 1 Minggu kemudian, bisa dapat discount 20%. Waaaaaaaw… ini yang menarik, karena saat itu Dj. akan ulang tahun, jadi otak mulai mikir…..

Kalau harga ikan € 2000,- dan dapat discount 20% jadi sedikit murahan…. Anda ada yang tahu….??? Benar sekali…. !!! Nah, akhirnya kami sepakat untuk beli, kami ke sana…..

Sialan, yang punya tidak ada di tempat, jadi pegawainya tidak bisa kasih discount dan jelas Dj. pun masih ingin nawar, walau di Jerman tidak lazim. Kami harus nunggu hari Sabtu, karena boss nya hari Sabtu akan datang, ya sudahlah, pikir Dj. sabar….

Hari Sabtunya, dengan hati berdebar, Dj. dan Susi ke toko ikan lagi daaaaaan…..

arowana04

Puji TUHAN . . . boss nya ada, tapi yang bikin Dj. gemetar…. Susi bertanya, itu yang kamu lihat, Gold Arowana, ini ada yang super red….Yang ini lebih bagus….. kita beli saja yang ini….Wadoooooh….. itu mah memang bagus, tapi juga lebih mahal mein schatz…..Akhirnya Dj. ngobrol sama boss (yang punya) toko ikan tersebut….

Dia nanya, yang mana yang diinginkan….??? Dj. belum jawab, tapi balik bertanya, kasih harga yang pasnya berapa….??? Kalau Dj. beli yang, ini berapa, kalau yang itu, berapa….??? Dia juga kelihatan bingung, belum pernah ada orang beli ikan pakai nawar….. Hahahahahahahaha….
Akhirnya dia berkata, okay, special untuk anda, saya akan tulis harga pas, tapi tidak boleh nawar lagi, mau segitu, kalau tidak, ya tidak apa-apa.

Okay, karena dia sudah kasih lebih murah, maka Dj. menunjuk ikan yang Dj. maksud….Tapi mendadak Susi ikut campur dan berkata…. NEIN . . . ! ! ! (tidak), bukan yang itu, tapi yang super red….!!! Gubraaaaak…..!!! Kaget kesenengan….. Hahahahahahahaha…..!!!

Akhirnya, mulailah si boss dibentu oleh asisstentnya untuk menangkap ikan Ariwana tersebut…..Dj. tahu benar, ikan ini bisa meloncat, kalau orang yang mau menangkap, tidak ada pengalaman…Harus sangat tenang… saat itu banyak yang nonton, tapi oleh yang punya toko tidak boleh mendekat…

arowana05 arowana06 arowana07 arowana08 arowana09

Karena di badan ikan Arowana tersebut sudah ada chip nya, di sini si Boss, sedang mendeteksi, untuk dia tulis di surat.

arowana10

Dan saat semua sudah okay…Maka si boss sendiri yang menangani di kasir, karena dengan “deal” yang kami berdua telah sepakati…Dia juga berpesan, karena ini ikan baru berumur 6 bulan, maka makanannya belum bisa sembarangan, harus jangkrik yang kecil. Jadi Dj. sekalian beli anak-anak jangkrik, tapi kok rasanya tidak tega juga….

Okay, kemudian setelah semua beres dan surat-surat untuk kejawatan yang mana Dj. harus lapor sudah beres, maka dia sendiri yang
angkat sampai ke mobil kami…

arowana11

Jelas, kami tidak kemana-mana lagi, tapi langsung pulang ke rumah….Sebenarnya bukan hal yang sulit, karena Dj. pernah 2X punya, hanya arowana perak yang dari Amazona, yang lebih murah punya. Tapi juga tidak kalah cantiknya, apa lagi kalau dikasih lampu berwarna, sungguh cantik sekali. Ini saat kami beli, masih sangat kecil, hanya sekitar 15 Cm.

arowana12

Ini setelah besar…. sekitar 70 Cm. dan warna biru bukan warna aslinya, tapi salah atur di kamera saat itu. Entah mengapa, warnanya mendadak jadi biru, tapi jadi kelihatan semakin indah…. Hahahahahaha….

arowana13 arowana14 arowana15

Dan ini kami ambil dengan video, dan Dj. putar degung, dia seperti yang menari.

Okay… sesampai di rumah, maka mulai in action…..Jelas dibantu oleh Daniel dan Susi….Sungguh Dj. heran, Ternyata dia sangat tenang dan tidak bikin ulah sedikitpun….Setelah kantong plastik yang berisi ikan, Dj. masukan ke dalam aquarium tidak terjadi apa-apa…

Juga setelah 30 menit, dan suhu di kantung plastik dan di aquarium sudah sama, maka dari dalam kantung plastik, perlahan bercampur dengan air di dalam aquarium….Tidak lama kemudian, maka dengan sendirinya dia keluar dari kantung plastik.

Waaaaaw…. betepa gembiranya hati Dj. karena tidak ada kesulitan sama sekali….Padahal, kalau dia bikin ulah, Dj. perkirakan bisa banyak air dari aquarium yang akan muncrat keluar…

arowana16

Puji TUHAN . . . ! ! !

Semua berjalan dengan lancar, tanpa ada gangguan dan dia langsung berenang ke kiri dan ke kanan…..Seolah dia sangat cocok dengan tempat yang baru, hal ini membikin hati Dj. semakin senang dan tenang…

arowana17 arowana18

Ya…. untuk beberapa hari tutup aquarium, harus Dj. beri beban batu, agar kalau dia kaget dan berusaha meloncat, tidak bisa keluar dari aquarium…

arowana19

Entah berapa jam Dj. duduk di depan aquarium, menikmati pemandangan yang dulu, hanya bisa Dj. impikan dan sekarang menjadi kenyataan….

arowana20

Minggu pagi jelas Dj. bangun langsung ke ruang tamu untuk melihat arowana….Waaaaaaw… ternyata dia sangat sehat dan berenang ke kiri dan ke kanan…. sungguh mennyenangkan.

arowana21 arowana22 arowana23

Nah, itulah oret-oretan Dj. kali ini tentang Arowana dan mohon maaf bila banyak kata-kata yang tidak berkenan…Namanya juga pamer, maaf kalau kedengarannya sepertti pamer…. Hahahahahahaha….

Okay….Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Terimakasih Dj. juga untuk anda semuanya yang selalu bersabar menanti hari Selasa dan yang rajin membubuhkan tanda tangannya…. Hahahahahahahaha….. Uuuups…!!! Maksud Dj. komentarnya….

Semoga bisa bertemu lagi di hari Selasa yang akan detang….Bila Dj. tidak nongol, bukan berarti Dj. malas, tapi kemungkinan ada kesibukan yang lain…

Bila ada dari anda semua yang telah berpengalaman dengan ikan arowana, jangan segan-segan untuk memberi info kepada Dj. dan sebelumnya Dj. ucapkan banyak terimakasih…

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya…

 

Salam manis dari Mainz.
Dj. 813

arowana24

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *