East Texas Yamboree 1935-2014

East Texas Yamboree 2014

East Texas Yamboree 2014

East Texas Yamboree 2014

East Texas Yamboree 2014

East Texas Yamboree 2014

East Texas Yamboree 2014

Evi Irons

 

Sejarah berdirinya Yamboree, adalah hari pesta rakyat tertua yang dirayakan setiap tahun di Texas, tepatnya di kota kecil Gilmer yang diketuai John Brogoitti, beliau adalah Chamber of Commerce manager dan pekerja sosial dari Extension Service, Rotary Club dan Gilmer High School departemen agrikultur.

Karena kota ini  adalah daerah agrikultur maka John Brogoitti mengupayakan Festival yang memfokuskan pada agrikultur. Panen ubi merah East Texas merupakan pendapatan yang sangat tinggi pada awal tahun 1930-an.

DSC_0012

Acara tersebut berlangsung terus-menerus setiap tahunnya dan menjadi sangat terkenal, kecuali pada pada saat Perang Dunia II ditiadakan selama 3 tahun.

Sekitar 100.000,- orang mengunjungi acara ini yang diadakan selama 4 hari di bulan Oktober, sebelum acara Haloween.

East Texas Yamboree adalah organisasni non profit.  Semua acara disusun dan diputuskan oleh para voluntir penduduk setempat.  Penduduk lokal menghabiskan ribuan jam waktu sepanjang tahun dan dana yang lumayan besar agar festival ini berlangsung sukses.

Begitulah sejarahnya!  Tahun demi tahun berganti dan acaranya pasti ada Taman Ria mini; komedi putar, Bianglala, dan berbagai permainan uji nyali lainnya.  Dari segi penjual makanan ada paha ayam kalkun panggang yang rasanya hemmmm….lezat, harus pintar cari gerobak tokonya, pilihlah yang ada bacaan awardnya dijamin pasti lezat! Harganya $8 sebuah, besar lagi!  Ada berbagai gerobak toko makanan yang menjual makanan serupa, ada sosis, burger, boudan-semacam sosis yang berisi campuran nasi dan daging cincang dan cabe jalapeno, corn dog-semacam sosis dibalut tepung jagung.

DSC_0122

Hari Rabu malam acara pemberian mahkota bagi pemenang putri tercantik.  Para putri-putri yang cantik dan aduhai berbusanakan gaun malam yang mekar, kelap-kelip, anggun nan indah, berjalan mengitari dan memberi hormat pada penonton.  Ada juga putri dan putra cilik berjalan dan memberi hormat pada penonton, bayangkan saja usia 2 tahun bergaun bak Cinderella, berjalan dan memberikan hormat, penonton tertawa melihatnya, karena ada adegan salah dan ada adegan benar.  Acara tersebut diselingi tarian berbagai jenis music, ada R&B, musik jadul, dan terkini, menghibur banget!

Ada parade di hari Jum’at dan Sabtu pagi, iring-iringan Drum Band dari berbagai sekolah, Polisi dan Perusahaan Pemadam kebakaran,  Teruna Militer, Rumah Sakit, klub-klub, berbagai macam jenis mobil antik, mobil besar, kalau untuk Putri-putriannya selalu, menaiki mobil mewah keluaran terbaru terutama Mercedez.

Seperti biasa penontonnya berjubel tumplek menonton Parade ini, bisa ketemu saudara dan teman, sekalian reuni, bisa juga cuci mata cowok ganteng atau cewek cantik.  Udaranya segar, tidak terlalu dingin seperti tahun-tahun sebelumnya., fresh deh!

Berhubung tahun ini masih krisis dan harga-harga kebutuhan hidup semakin mahal, hiasan floatnya kurang begitu meriah dan sedikit yang menggunakan float-semacam trailer yang dihiasi pernak-pernik dan dekorasi indah dan menarik.  Yaaahhh…kita nikmati saja apa adanya, disesuaikan dengan keuangan yang ada.

 

Referensi: Buku East Texas Yambore 2014

Penulis:Evi Irons 

http://nenobaisevi.blogspot.com

 

 

About Evi Irons

Seorang wanita pemberani yang merantau ke Negeri Seberang meraih mimpi-mimpi masa kecilnya. Hidup berkeluarga di Tanah Impian - tanah yang banyak dibenci sekaligus dicintai oleh umat manusia di bumi ini. Artikel-artikelnya membuka wawasan pengunjung BALTYRA bahwa di sana layak jadi impian banyak orang.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.