Bukan Muslim, Ahok Tiap Bulan Zakat

Prabu – Jakarta

 

Situs pribadi Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama   www.ahok.org, tidak hanya pamer berita asal rakyat senang macam kesuksesan pembangunan DKI, namun juga memuat “struk” gajinya. Meskipun  Wagub yang akrab dipanggil Ahok ini bukan muslim, tenyata gajinya tiap bulan dipotong untuk zakat, infaq, sodakoh (ZIS):

Sepanjang sejarah internet masuk republik ini, bisa dikata Ahok merupakan pejabat bernyali  besar  dan open. Ia berani upload kegiatan rapat – yang dianggap sakral — bersama jajaran dinasnya  ke situs video Youtube. Tanpa tedeng aling-aling, kalau kadisnya salah, saat itu juga kena semprot. Jika tak terima, silakan ke pengadilan.

Ketika dibilang tidak jantan oleh lawan politiknya karena keluar dari partai Gerindra, Ahok menjawab enteng, “Jantan itu ukurannya bukan berani atau tidak berani mundur sebagai wagub. Tapi berani ga harta lu kamu laporin KPK?”

Sejatinya soal gaji ini sensitif. Jangankan pejabat negara mau terus terang soal gajinya. Antar teman saja main clingusan jika ditanya gajimu berapa?

gajiahok gajiahok2

Nah, Ahok justru mendobrak pakem dan budaya pejabat negeri ini yang seneng foto main golfnya mejeng di koran, namun tidak suka jika ada wartawan nanya gajinya.

Seperti diberitakan media, sejumlah politisi Partai Demokrat pimpinan SBY terlibat korupsi. Terakhir mantan menteri Jero Wacik yang kena cokok KPK berdalih, ia memeras karena gaji sebagai  menteri ESDM kecil.

Mendengar dalih demikian, mantan presiden SBY menyatakan, “Saya berharap saudara-saudara untuk tidak memvonis dan menganggap menteri itu hidup boros dan bermewah-mewah,” kata SBY usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (11/9/2014 – sebulan sebelum habis masa jabatannya). Menurutnya, tanggung jawab dan tugas sebagai menteri jauh lebih besar dibandingkan penghasilannya. Bahkan, kata dia, gaji presiden lebih kecil dibandingkan gaji pejabat BUMN.

“Terus terang dari tanggung jawab dan status sosial, gaji menteri itu pas-pasan. Dan terus terang, gaji menteri termasuk presiden, wapres, gubernur, dan wali kota itu jauh lebih kecil dibanding pejabat negara lain seperti BUMN dan swasta,” ungkapnya seperti dilansir okezone.com (11/9/2014).

Pejabat korupsi dibelain, sementara Ahok yang berjuang demi tegaknya konstitusi, dicuekin bahkan sekarang didemo oleh barisan preman yang menolak Ahok jadi Gubernur DKI.

 

 

About Prabu

Sosok misterius yang sejak kemunculannya tidak banyak orang yang mengenalnya. Walaupun misterius, sosok satu ini sekaligus ramah dan sangat terbuka pertemanannya. Sang Prabu dan Permaisuri sering blusukan menyapa kawula BALTYRA.com dan menggebrak dunia, kebanyakan dengan coretan karikaturnya sekaligus artikel-artikelnya yang bernas, tajam dan berani.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.