Andai Saya Jadi Menteri Pendidikan

Wesiati Setyaningsih

 

(Daripada ngomel enggak karuan, mendingan berandai-andai saja kalo saya jadi Menteri Pendidikan)

 

Saya sebagai Menteri Pendidikan Republik Indonesia, telah membuat rancangan sebagai berikut dan akan segera dilaksanakan begitu saya dilantik.

  1. Kurikulum

Saya akan tetap pakai KTSP sebagai kurikulum. KTSP adalah singkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Maksudnya tingkat satuan pendidikan adalah tingkat sekolah. Jadi sebenarnya kurikulum ini sudah sangat bagus di mana tiap sekolah diperbolehkan untuk membuat kurikulumnya sendiri. Yang sudah-sudah, di SMA tempat saya mengajar saja murid diberikan Bahasa Jepang dan TIK serta bahasa Jawa sebagai bahasa daerah. Meski awalnya saya pesimis apakah anak-anak itu bisa mengikuti bahasa Jepang, tapi nyatanya sedikit-sedikit mereka mulai bisa belajar huruf yang berupa garis centang perenang itu. Karena kami di kota, tidak ada lahan untuk bercocok tanam dan banyak pekerjaan yang menuntut kemampuan TIK, maka mapel penguasaan komputer ini diberikan. Apalagi dengan kemampuan sekolah untuk mendapatkan jaringan internet, teknologi informasi makin lancar jaya.

Akan ada garis besar kurikulumnya, tapi sekolah wajib mengembangkan sendiri sesuai kebutuhan daerah masing-masing. Bagi sekolah di daerah bisa memasukkan potensi daerahnya seperti pertanian, perikanan atau kerajinan tangan. Jadi tidak semua harus menguasai komputer kalau memang daerahnya tidak bisa menjangkau internet apalagi mengadakan komputer.

Setiap tahun sekolah diminta menyusun kurikulum sendiri dan diserahkan pada pihak yang berwenang (bisa pemerintah atau swasta, yang penting kompeten) untuk dilihat apakah kurikulum mereka sudah konsisten atau belum. Jangan sampai ada materi yang diberikan secara loncat-loncat, misalnya saja materi Matematika diberikan pembagian padahal perkalian belum diberikan. Hal-hal seperti inilah yang diawasi oleh pihak berwenang.

Guru membuat materi sendiri. Tidak ada buku yang harus dibeli. Sekolah harus mengadakan buku di perpustakaan yang jumlahnya bisa dipinjam oleh semua anak, kalau memang membutuhkan buku sebagai acuan.

Disarankan untuk menyelesaikan materi pada hari mengajar dan tidak memberikan PR berupa latihan soal, namun disarankan memberikan tugas berupa proyek. Contoh proyek diberikan dalam buku panduan guru yang bisa didapatkan secara cuma-cuma dari pemerintah. Lengkap di dalamnya dengan cara penilaian proyek tersebut.

Jam sekolah, untuk SMP dan SMA, dimulai dari jam 7.30 sampai jam 15.00 dari hari Senin hingga Jumat. Hari Sabtu tetap masuk namun dipergunakan untuk kegiatan ekstra kurikuler dan semua siswa wajib mengikuti ekstra minimal dua jenis. Untuk SD, jam sekolah diserahkan pada Dinas Pendidikan Kota atau Kabupaten masing-masing.

 

  1. Guru

Guru disertifikasi tiap tahun, dan yang boleh mengajar hanya mereka yang lulus. Guru yang lulus uji sertifikasi akan mendapat tunjangan profesi dan mereka yang tidak memenuhi persyaratan sertifikasi tidak diperkenankan mengajar serta tidak menerima tunjangan sertifikasi. Mereka akan mendapatkan pembinaan hingga lulus uji sertifikasi tahun berikutnya.

Setiap tahun pada hari libur semester gasal sekolah guru mendapat penyegaran berupa workshop. Workshop terbagi menjadi dua bagian : materi dan non materi.

Dalam workshop materi guru diajarkan untuk membuat metode pembelajaran yang menarik dan menggugah motivasi siswa sekaligus membangun rasa ingin tahu. Diisi oleh guru-guru kreatif dan inovatif baik dari sekolah lain maupun dari sekolah itu sendiri.

Dalam workshop non materi didatangkan orang-orang yang menginspirasi seperti Yohanes Surya, Adi W Gunawan atau siapapun yang berkecimpung di dunia pendidikan dan sudah membuktikan bahwa mendidik anak dengan melihat pada potensinya akan menghasilkan anak-anak yang sukses. Selain itu guru juga dimotivasi agar bisa mencintai pekerjaannya dan tidak menganggap pekerjaan sebagai guru adalah beban. Pekerjaan sebagai guru adalah amanah yang sangat menyenangkan.

 

  1. Evaluasi

Setiap tahun diadakan evaluasi oleh Pemerintah bukan sebagai syarat kelulusan namun untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa sesuai ukuran tingkat kemampuan siswa yang dipakai di tingkat Internasional. Bagaimanapun kita ingin tingkat pendidikan kita bisa masuk sepuluh besar, kan? Tidak ada ujian nasional lagi, yang ada hanya ujian sekolah dan kelulusan ditentukan sendiri oleh sekolah. Tidak ada lagi KKM karena untuk masuk sekolah semua siswa harus diterima di tingkat yang lebih tinggi yang ada di lingkungan yang sama. Siswa harus mendaftar ke sekolah yang paling dekat dengan rumah.

 

  1. Penerimaan siswa

Sistem penerimaan siswa adalah dengan sistem rayonisasi. Semua SD harus menerima siswa yang tinggal di suatu daerah tanpa kecuali. Demikian juga semua SMP di satu kecamatan harus mau menerima semua siswa SD di lingkungan kecamatan masing-masing. Tidak ada lintas rayon dan semua sekolah diminta untuk meningkatkan mutu sekolah mas-masing agar setara sehingga tidak ada sekolah unggulan lagi.

Penerimaan mahasiswa menggunakan sistem SBMPTN, dievaluasi tiap tahun prestasi belajarnya untuk menentukan penerimaan selanjutnya. Prestasi belajar mahasiswa akan menentukan penerimaan mahasiswa baru dari sekolah asal mereka.

Demikian rancangan ini saya buat dengan bantuan konsultan saya, Prof. Ngatimin. Rancangan ini saya publikasikan guna mendapat saran dan pertimbangan dari masyarakat.

 

Semarang, 28 Pebruari 2024

Menteri Pendidikan Republik Indonesia

Wesiati Setyaningsih

 

 

About Wesiati Setyaningsih

Seorang guru yang tinggal di Semarang. Awalnya tidak ada niat untuk menjadi guru, tapi kemudian "kesasar" menjadi guru. Mencoba mendobrak "pakem baku" proses pengajaran, juga mendobrak ketidaklogisan pencekokan agama membabibuta di sekolah dan keseharian murid-muridnya. Sering dianggap "off-track" bahkan tidak jarang mendapat cap sesat karena sikapnya yang tidak seperti kebanyakan mainstream.

My Facebook Arsip Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.