As-nya Rusak

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

Gambar ini tak penting. Cuma ada sosok perempuan yang bisa bertahan eksis di dunia politik dan sosial selama setengah abad lebih. Namanya Ethel Kennedy, istri Bob, adik Presiden Kennedy.

as-rusak

Ethel mewakili trah Kennedy, keluarga terpandang yang selalu hadir dalam keramaian dunia di AS lebih dari 70 tahun. Artinya, dunia hanya dikuasai oleh orang “itu-itu juga”. Ada keluarga Getty, keluarga Rockefeller yang tanahnya dijadikan markas PBB, ada Keluarga Bush. Di dunia ada keluarga Rothschild, keluarga Windsor, keturunan Nabi Muhammad yang berkuasa di banyak negeri selama ratusan tahun, ada keluarga Romanov yang hartanya tak habis walau dibakar setiap hari.

Di Indonesia ada keluarga Soekarno, keturunan Mataram yang berabad-abad kuasai Indonesia, keluarga Soeharto, keluarga Gus Dur. Keluarga Djojihadikusumo yang 60 tahun lebih hadir di percaturan Indonesia. Sekarang sedang tumbuh keluarga Habibie, keluarga Yudhoyono. Belum lagi di bidang ekonomi hanya berputar dari marga Tionghoa “itu-itu aja”.

Untung masih ada orang dari pinggir kali di Solo jadi presiden. Ini ajaib!

Terus kami orang kecil, terus-terusan jadi kacung, walau secara finansial baik. Tetap kacung, karena keluarga “itu-itu juga” selalu menguasai Indonesia dan dunia.

Hidup ibarat roda, kadang di atas kadang di bawah. Tapi as nya sudah rusak. Berdoa juga percuma… “dia lagi, dia lagi”

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.