Festival Onde Onde

Henky Honggo

 

Winter Solstice Festival atau 冬至 (dōng zhì) adalah festival yang dirayakan oleh seluruh orang Tionghoa di dunia termasuk di Indonesia. Festival ini dirayakan yang tahun ini jatuh pada tanggal 22 Desember 2014.

Pada zaman dinasti Han (206 SM – 220 M) sampai dinasti Qing, perayaan ini sama pentingnya dengan perayaan musim semi (春節 chūn jié). Konon pada perayaan ini orang-orang Tionghoa melakukan kunjungan ke keluarga terdekat, teman-teman dan handai taulan dengan tujuan untuk mempererat tali silahturahmi. Pada perayaan ini, setiap keluarga membuat onde-onde yang berbahan dasar ketan yang disebut 湯圓 (tāng yuán). Onde-onde ini adalah simbol dari keluarga yang bersatu dan harmonis.

ronde-onde

Ada legenda yang bercerita tentang seorang kaisar yang mau membangun istana. Semua tukang yang bisa membantu membangun istana misalnya tukang batu, kayu, serta tukang lainnya yang terbaik di kota tersebut dipanggil untuk membangun istana. Kaisar akan menobatkan mereka sebagai guru pandai 大師父 (dà shī fù), sebagai balasan jika membangun istana yang megah untuk kaisar. Berita ini sampai pada tukang masak, mereka ingin juga dinobatkan kaisar sebagai 大師父 (dà shī fù), tetapi tidak setujui oleh tukang lainnya, karena dianggap tidak pantas sehingga membuat tukang masak kecewa.

Pada saat itu adalah musim dingin, udara di luar sangat membuat badan menggigil, sehingga membuat tukang yang membangun istana kaisar kelaparan. Kemudian kaisar meminta tukang masak membuat makanan untuk tukang yang membangun istana, dengan perjanjian akan diberi penghargaan penobatan menjadi guru pandai. Pada saat mau memasak, tukang masak hanya menemukan beras ketan di dapur. Beras ketan tersebut akhirnya dihaluskan menjadi tepung dan diolah menjadi bulatan-bulatan kecil yang berwarna putih, merah dan hijau. Bulatan ketan tersebut direbus dan dibuat kuah manis dan diberi jahe, sehingga setelah makan, badan terasa hangat.

Akhirnya istana kaisar pun selesai dibangun untuk merayakan datangnya musim semi. Sejak saat itu, setiap musim dingin selalu dibuat bulatan ketan yang kini disebut onde-onde. (henky honggo)

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *