Tentang Negeri Samba (6): Panettone

Dewi Aichi – Brazil

 

Panettone adalah semacam kue khas yang berasal Milan, Italia, yang biasa disediakan dan disantap pada Natal, dan merupakan salah satu lambang kota Milan. Ia mempunyai bentuk kubah dan tingginya biasanya sekitar 30 cm tapi sekarang dibuat dengan berbagai ukuran, beratnyapun bermacam-macam. Panettone dibuat dari adonan yang lembut dan setengah matang yang berisi buah-buah kering dan/atau kismis. Panettone umumnya dipotong dan dihidangkan bersama minuman panas yang manis atau anggur yang manis seperti spumante atau moscato.

panettone (1)

Pada bulan Oktober, panettone sudah mulai mejeng di berbagai tempat pusat perbelanjaan, mall dan toko-toko kue. Iklan-iklan di tv juga sudah mulai beredar. Panettone sangat populer di Brasil. Seperti halnya kue khas di saat hari besar di Indonesia. Misalnya Lebaran atau Natal, khasnya adalah ketupat, opor, kue-kue seperti nastar, kastengel, dan kue putri salju.

Puncaknya adalah bulan Desember. Panettone bisa menggunung di mana-mana terutama di supermarket. Dari berbagai merk, berbagai isi maupun topping. Kini panettone tidak lagi seperti pada awal dibuat yang sederhana. sudah dibuat sesuai selera pasar. Isinya ada yang coklat, ada buah-buah kering, ada lemon, susu, dan lain-lain. Beratnya ada 300 gr. 500 gr, 1 kg, 2kg, hingga ada yang sampai 3 kg. Harganya wow…mahal.

? ? ? ?

Panettone hanya ada di setiap akhir tahun, antara bulan Oktober hingga bulan Januari. Setelah tahun baru biasanya panettone turun harga. Murah, bisa separo harga dari harga semula.

Tapi ya itu, kandungan kalorinya sangat tinggi, bagi yang tidak mau berat badannya bertambah, hati-hati makan panettone ini hehe, 338 kcal per 100 gr. Besar kan? Rasanya memang lezat. Biasanya anak-anak suka dengan panettone chocolate, yang jika dibelah, coklatnya bisa meleleh seperti susu kental manis yang dituang.

Saya paling suka dengan kemasan panettone yang indah, unik, sangat menarik. Panettone sangat pas sebagai bingkisan kepada teman dan kerabat. Biasanya setiap perusahaan memberikan bingkisan berupa panettone. Parcel dengan isi utamanya adalah panettone, champagne, dan red wine. Juga biskuit, saus tomat untuk spagetti, spagetti, tepung, kopi, dan berbagai jenis camilan ringan.

panettone (6) panettone (7)

Bagaimana dengan cerita teman-teman dari berbagai wilayah belahan dunia, dalam rangka Natal atau Tahun Baru, apa yang menjadi khas negara tempat tinggal anda?

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.