[Bukan Hoax] Serba Terong

Dewi Aichi – Brazil

 

Kalau dulu resep saya serba pisang, kini giliran terong menjadi bahan utama. Tekstur terong yang seperti daging ini salah satu jenis sayuran yang sangat aku sukai selain jamur. Terong bisa dibikin macam-macam, seperti balado, keripik, dan disayur lodeh atau apa saja sesuai selera.

Aku bikin lasagna berbahan terong. Caranya sangat mudah.

Bahan:

  • 8 buah terong iris memanjang dengan ketebalan 0,5 cm.
  • 8 buah tomat iris kecil
  • 2 buah bawang bombay cincang
  • keju mussarela 500 gr.
  • keju parmesan 50 gram untuk taburan
  • oregano untuk taburan
  • olive oil

Cara membuat:

Tomat dan bawang bombay yang sudah diiris, ditumis dengan bumbu terserah anda, bisa dengan garam, lada, kaldu daging, dan bawang putih, aduk hingga matang dan menjadi saus.

Terong yang sudah diiris tipis ditaruh ke dalam loyang yang sudah diolesi olive oil. Lalu tuangi lagi olive oil di atas permukaan terong, dan taburi oregano. Oven selama 30 menit. Jangan ditumpuk, sekali panggang hanya satu lembar terong.

Setelah terong di oven semua, mulai dengan menyusun ke loyang, lapisan pertama yaitu saus tomat, kemudian terong, keju mussarella, begitu seterusnya sampai bahan habis, terakhir taburi oregano olive oil dan keju pasmesan. Oven sampai keju meleleh. Siap dihidangkan, lesat, Pizza lewattttttt.

serba-terong (1) serba-terong (2)

 

Resep kedua namanya Antepaste, yaitu semacam pasta, yang bisa dihidangkan untuk pengganti mentega, bisa dimakan dengan biskuit crackers, untuk roti, atau salad.

Bahan:

  • 2 buah terong dikupas kulitnya.
  • 2 buah tomat iris kecil
  • 2 buah paprika
  • 2 buah bawang bombay
  • 5 siung bawang putih digeprok
  • 150 ml. olive oil
  • 150 ml. white vinegar

Cara membuat:

Iris kecil terong, taburi garam secukupnya, rendam selama 30 menit. Sementara terong direndam, iris semua bahan lainnya, dan susun ke dalam loyang, dengan lapisan pertama adalah bawang bombay, kemudian paprika, tomat, taburi bawang putih, oregano, lada, kaldu dalam bentuk bubuk atau block , terakhir adalah terong yang terlebih dahulu dibuang airnya dan dicuci. Sebelum dipanggang, tuangi olive oil dan white vinegar. Panggang selama 1 jam dalam suhu sedang.

Setelah matang, dinginkan dan simpan ke dalam kulkas, nikmati dalam keadaan dingin. biasanya aku menikmati antepaste setelah aku dinginkan 24 jam.

serba-terong (3) serba-terong (4)

 

Selamat mencoba.

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

One Response to "[Bukan Hoax] Serba Terong"

  1. Puji  27 December, 2016 at 02:19

    Mba Dewi makasih tuk resepnya pengen coba oi

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.