Pangeran Diponegoro dan Pangeran Hendrik

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

Pangeran Diponegoro Dalam Perspektif Belanda Dari 1800 Hingga Kini

SUMBER-SUMBER Pangeran Diponegoro lebih banyak tersimpan di Belanda daripada di negeri leluhurnya Sang Pangeran. Kali Goethe Institut dan Erasmus Huis menggelar pameran kecil tentang ‘Pangeran Diponegoro Dalam Perspektif Belanda Dari 1800 Hingga Kini” selama 12 Februari-11 Maret 2015 di Erasmus Huis. Pameran ini hanya pendukung dari pameran besar ‘Aku Diponegoro’ yang digelar di Galeri Nasional selama sebulan bersamaan.

Dr. Peter Carey, Dr. Sadiah Boonstra, Dr. Caroline Drieenhuizen juga Dr. Wim Manuhutu menjadi penyumbang riset dan dalam pamran ini. Hanya satu yang kita dapat pameran ini bahwa Belanda memandang Sang Pangeran sebagai ‘pemberontak’ dan ‘kriminal’, walau cara pandang itu banyak ditentang oleh banyak pihak, termasuk oleh Pangeran Hendriik, putra Raja Willem II.

Pangeran Diponegoro dan Pangeran Hendrik1 Pangeran Diponegoro dan Pangeran Hendrik2 Pangeran Diponegoro dan Pangeran Hendrik3 Pangeran Diponegoro dan Pangeran Hendrik4 Pangeran Diponegoro dan Pangeran Hendrik5 Pangeran Diponegoro dan Pangeran Hendrik6 Pangeran Diponegoro dan Pangeran Hendrik7

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.