HUT Robert Wolter Mongisidi ke 90. Puisi Buya HAMKA untuk Mongisidi

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

TANGGAL 14 Februari, Robert Wolter Mongisidi, jika masih hidup, berusia 90 tahun. Bote, nama panggilan akrab, dihukum mati karena kepahlawanannya saat usianya masih belia 24 tahun pada 5 September 1949. Sebelum dia dihukum mati di Tello, di luar kota Makassar oleh Belanda, telah terjadi pembantaian ribuan warga sipil tak bersalah oleh tentara militer Belanda.

Buya HAMKA seorang tokoh besar, sastrawan dan ulama Islam ternama, menuliskan perasaannya dalam puisi mengenang kebiadaban itu dan juga bagi seorang pemberani, Mongisidi, yang di peti matinya ada Bible sebagai bantal untuk dia beristirahat dengan tenang di alam sana. Puisi ini tersimpan lama oleh keluarga Mongisidi dan diberikan kepada adik saya, Wahyuni Kamah, yang mengunjugi rumah keluarga Mongisidi sejak orang tua kami bersahabat dengan Mongisidi lebih 65 tahun silam.

Inilah tulisan Buya HAMKA yang kami tuliskan kembali di Baltyra untuk mengenang hari ulang tahun Robert Wolter Mongisidi ke 90 tahun pada Hari Kasih Sayang 2015.

Love Still Life Wide Desktop Background Love Still Life Wide Desktop Background Love Still Life Wide Desktop Background Love Still Life Wide Desktop Background

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.