[Kolom Bahasa Daerah] Asu Kabeh (Ra Ana Kucinge)

Anoew

 

Note Redaksi:

Hari ini, 16 Februari 2015 akan dicoba ada KOLOM BAHASA DAERAH. Kolom bahasa daerah di sini bukan hanya Bahasa Jawa, namun bisa bahasa daerah mana pun juga. Misalnya: Sunda, Batak, Makassar, Bali, dsb. Kemungkinan akan selang-seling sekitar satu atau dua minggu sekali, tergantung artikel yang masuk ke Redaksi.

Harapan utamanya adalah pelestarian bahasa daerah, bukan hanya sebagai bahasa tutur, tapi juga sebagai bahasa tulis. Untuk penulis, jika memungkinkan bisa dilampirkan terjemahannya, namun bukan satu kewajiban, hanya supaya lebih bisa dinikmati oleh pembaca yang lebih luas.

salam Nusantara

 

Sak wijining dina pas ati lagi pengen dolan-dolan, aku mlaku wira-wiri ngalor-ngidul ngenteni njedule srengengene sing arep murat seka sisih wetan. Tinimbang kesuwen, aku nyawang kancaku sing lagi nyetel alat-alate sinambi ngindik menyang kidul, sopo ruh entuk obyek apik. (*pict 1)

(Suatu hari ketika hati ingin dolan-dolan, aku jalan mondar-mandir nunggu munculnya mentari yang akan terbit dari ufuk timur. Daripada terlalu lama, aku mengamati temanku yang sedang nyetel alat-alatnya sambil mengintip ke arah selatan, siapa tahu dapat obyek bagus).

1

Bosen ngindik lor karo kidul, sidane mripatku nyawang sisih wetan. Sing tak enteni wiwit mecungul sithik-sithik… (*pict 2, 3)

(Bosan mengintip ke selatan, akhirnya mataku melihat arah timur. Yang ta’tunggu mulai muncul sedikit-sedikit)

2 3

Eman nek kelangan moment mula aku kudu konsentrasi menyang kana. Welaaa, pas lagi penak-penake nginceng, lha kok ujug-ujug ana asu liwat ning jejerku seka sisih kidul sing isih rada peteng. Mak jegagik mlayu banter ngebut marai njundil. Asu ireng, mbuh opo jenise pokoke gedi tur ireng. Sutenan! (*pict 4)

(Sayang kalau kehilangan momen makanya aku harus konsentrasi ke arah sana. Waduh, lagi enak-enaknya ngintip, tiba-tiba ada anjing lewat di sebelahku dari arah selatan yang masih rada gelap. Lari kencang sekali ngebut bikin kaget. Anjing hitam, entah jenisnya apa, pokoknya besar dan hitam)

4

Yowislah aku rapopo.

Mbasan asune wis liwat aku njur ngalih, mendingan pindah nggon tinimbang ra ana pemandangan liyan. Opo maneh rumangsaku yowis entuk sunrise ra ketang dilut. Mayanlah.

Nhaaaa rak tenan thoooo… tinimbang weruh asu ireng kae mau haiyo mending nganggo banget nyawang sing iki. Mak byar nyang mata langsung padang. (*pict 5, 6)

(Ya sudahlah, aku tidak apa-apa. Setelah anjingnya lewat, aku pindah, mendingan pindah ketimbang tidak ada pemandangan lain. Apalagi aku sudah merasa dapat matahari terbit walaupun sebentar saja. Lumayanlah. Naaahhh bener khan, ketimbang lihat anjing hitam, mendingan lihat yang ini. Mata langsung terang benderang)

5 6

Nanging sepisan maneh, lagi penak-penake nginceng mbak-mbak londo kae ujug-ujug mak wusss…., ana asu liyan sing mlayu banter banget liwat jejerku persis. Woalaaah… (*pict 7, 8)

(Namun sekali lagi, sedang enak-enaknya ngintip mbak-mbak bule tadi, tiba-tiba wuuuusss, ada anjing lain yang lari kencang sekali lewat sebelahku persis)

7 8

…Jebul asu kae lagi ngoyak-oyak bal tenis sing diuncalne pelatih menyang laut. (*pict 9)

(Ternyata, anjing tadi lagi kejar-kejar bole tenis yang dilempar pelatihnya ke laut)

9

Sik.. sik.. aku kiy jane meh fokus nyang asu kae tapiiiii… hakok kealang-alangan mbak londo sing lagi ngrungokne pelatih surf. Dadine si asu ora ketok merga ketutupan kaos abang kae. Jiaaan jan! (*pict 9a)

(Sebentar, sebentar, aku ini sebenarnya fokus ke anjing tadi, tapiiii…kok kehalang mbak bule yang sedang mendengarkan pelatihnya. Jadinya si anjing tidak kelihatan, karena tertutup kaos merah itu)

9a

Mbasananu telat, asune wis njegur. Lagi reti aku nek asu wae jebule pinter nglangi. Lha sak durunge gur weruh ning film-film, owg. (*pict 10, 11)

(Sudah gitu, terlambat, anjingnya sudah nyebur. Baru tahu aku kalau anjing ternyata pintar berenang. Selama ini hanya lihat di film-film)

10 11

Padahal yen tak sawang-sawang kanti tenanan, ombak banyune yo ora cilik… (*pict 11a)

(Padahal kalau ta’lihat-lihat, ombaknya juga tidak kecil)

11a

Mbuh ngimpi opo aku ndek bengi kok yo ndilalah, pas dina iki kok akeh men asu sing dolan ning pantai… (12, 13)

(Entah mimpi apa semalam, kok kebetulan hari ini banyak benar anjing bermain di pantai)

12 13

Malah ana sing lagi ngising. Si asu sing lagi setengah ndodok kae, Siberian Husky, sajak ketok wedi diseneni ninga kok semu-semu penak ngono. Nek jare basa gaule, wis PW. (*pict 14)

(Malah ada yang lagi berak. Si anjing lagi setengah jongkok tuh, Siberian Husky. Kayak takut dimarahi, tapi kok enak-enak gimana gitu. Bahasa gaulnya, PW – posisi wenak)

14

Nah ndilalahe maneh, pas asu sing nggantheng kae lagi penak-penake njengking, seka sisih lor mlaku klewa-klewo asu gedi lemu. Ireng meneh yoan. (*pict 15)

(Nah, kebetulan lagi, si anjing ganteng lagi enak-enak nungging, dari utara datang anjing besar gemuk. Hitam juga)

15

Tapi prejengane sumeh. Mungkin dekne “ngguyu” merga weruh kancane ngising sembarangan, ditambah ning pinggir pantai dekne weruh ana kanca-kancane sing lagi gegojekan. (*pict 16)

(Tapi tampangnya senyum-senyum. Mungkin dia tertawa karena lihat temannya berak sembarangan, ditambah di pinggir pantai lihat teman-temannya sedang bersenda-gurau)

16

Ning yen tak pikir-pikir, gek-gek dekne, si asu ireng kae malah lagi ngulati mbak londo sing nganggo kathok batik kae yo? (*pict 17)

(Kalau ta’pikir-pikir, jangan-jangan si anjing hitam itu sedang mengamati mbak bule yang pakai celana pendek batik itu ya)

17

Poyo tak pikir…, mbuh wis. Ancen asu kabeh, blas ra ana kucinge.

(Tidak aku pikir, entah lah. Memang anjing semua, tidak ada kucingnya)

***

 

PS:

Maaf bagi Baltyrans yang tidak berbahasa Jawa. Bukan bermaksud apa-apa namun kali ini, jika saya menceritakan dalam bahasa Indonesia sepertinya “kurang pas.” Semoga berkenan.

Salam

 

 

About Anoew

Sedari kemunculannya pertama kali beberapa tahun yang lalu, terlihat spesialisasinya memang yang “nganoew” dan “saroe”. Namun tidak semata yang “nganoew-nganoew” saja, artikel-artikelnya mewarnai perjalanan BALTYRA selama 6 tahun ini dengan beragam corak. Mulai dari pekerjaanya yang blusukan ke hutan (menurutnya mencari beras) hingga tentang cerita kehidupan sehari-hari.

Postingannya di Group Baltyra dan komentar-komentarnya baik di Group ataupun di Baltyra, punya ciri khas yang menggelitik, terkadang keras jika sudah menyenggol kebhinekaan dan ke-Indonesia-annya.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *