Berharap Kecubung Dinyatakan Sebagai Tanaman Psikotropika Berbahaya

Meitasari S

 

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti seminar CARE FOR ME, yang diselenggarakan oleh SOS Desa Taruna. Gerakan Care For Me, adalah sebuah gerakan kepedulian terhadap pendidikan dan pengasuhan anak.

Care For Me peduli terhadap kekerasan pada anak, tidak hanya di dalam keluarga, tapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat. Untuk itulah Care For Me akan membentuk suatu jaringan dari berbagai komponen masyarakat untuk dapat melindungi anak-anak dari berbagai tindakan kekerasan dan pengaruh negatif media maupun masyarakat di sekelilingnya.

Dalam diskusi saat itu muncul cerita dari seorang guru, yang prihatin terhadap tindakan muridnya yang mengarah pada hal yang berbahaya. Tindakan tersebut adalah merokok menggunakan tambahan daun/bunga kecubung.

Saya memang  pernah mendengar ledekan teman-teman ketika seseorang ngocol. Dia akan diolok sedang mabuk kecubung.Tapi saya tidak begitu ngeh, sedahsyat apakah pengaruh kecubung terhadap kesehatan maupun mental seseorang.

Setelah saya browsing tentang bahaya kecubung bagi kesehatan, saya cemas, betapa tanaman ini sangat berbahaya. Di kalangan masyarakat India dahulu, kecubung dipakai untuk membius korban persembahan bagi para dewa.

Mempertimbangkan efek yang begitu hebat (karena membaca beberapa tulisan dan pengalaman, bahwa kecubung lebih dahsyat efeknya daripada ganja) maka, pemerintah, dalam hal ini dinas kesehatan dan kepolisian harus berani menyatakan bahwa kecubung mengandung zat psikotropika berbahaya. Pemerintah harus mengeluarkan aturan yang mengatur penggunaan kecubung sebagai obat sekaligus zat berbahaya.

Saya juga ingin memberikan informasi pada para orang tua, bahwa pergaulan anak-anak harus diwaspadai. Selain nge-lem, mereka juga mulai mencoba hal-hal seperti yang diceritakan teman guru tersebut di atas. Orang tua perlu waspada dan berwawasan dalam memberi informasi yang tepat kepada putra-putrinya.

Berikut saya buat tabel kandungan tanaman kecubung berserta manfaat dan bahayanya.

 

Kandungan                          Manfaat                                Bahaya 

Iosin                                      Antintitusif (Batuk)                   Penghilang kesadaran

Co-oksalat                              Anti rematik                            Menyebabkan halusinasi

Atropin (hyosiamin)                 Anti asmatik                            Keracunan

Skopolamin                            Analgesik (Penghilang nyeri)

Alkaloid                                  Anastetik (Pemati rasa)

Afrodosiak (peningkat gairah)   Anti eksim

Saponin

 

Mabuk kecubung, sudah menyebabkan jatuh korban meninggal. Seseorang yang mabuk kecubung bisa berhari-hari berhalusinasi, dan bahkan tidak sadarkan diri. Mereka yang mabuk kecubung bisa hilang rasa malunya, bicara sendiri, hingga keliling tanpa busana tanpa rasa malu.

Jika anda menemui seseorang yang mabuk kecubung, segera beri ia minum kopi keras,dan hindari ia tertidur. Lalu tempatkan ia di tempat yang lapang. Kecubung hanya baik dipakai sebagai obat luar, itupun harus dengan takaran dan komposisiyang tepat.

Mengingat dahsyatnya dampak kecubung bagi kerusakan mental bangsa, maka saya sangat berharap, pemerintah mulai mengatur penggunaannya. Bukan cuma kecubung, tapi juga tanaman-tanaman berbahaya lainnya, juga zat adiktif berbahaya yang merusak otak segera ditambah-bakukan.

Waspadai pembudidayaan kecubung untuk tujuan yang sesat

Semoga, sebelum semuanya terlambat!

 

Semarang, 3 Februari 2015 

 

Daun kecubung

Daun kecubung

Buah kecubung dan bijinya yang sangat berbahaya

Buah kecubung dan bijinya yang sangat berbahaya

Bunga kecubung putih yang paling berbahaya

Bunga kecubung putih yang paling berbahaya

Bunga kecubung oranye

Bunga kecubung oranye

Bunga kecubung ungu

Bunga kecubung ungu

 

 

About Meitasari S

Seorang istri dan ibu pekerja yang karena pilihan kehidupan, menahkodai keluarganya paralel dengan suaminya yang satu di Jakarta dan satu lagi di Semarang. Jiwa sosialnya yang tinggi, membuatnya terlibat juga dalam kepengurusan salah satu sekolah asrama di Jawa Tengah dan juga dalam lembaga sosial Anak-anak Terang yang mendanai anak-anak kurang mampu untuk menempuh pendidikan yang lebih baik.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.