Mudik 2014 – 2015 (13): Jogja – Purwokerto

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO SOBAT DI BALTYRA SEMUANYA YANG BERBAHAGIA . . .

Salam jumpa di hari Selasa dengan oret-oretan Dj. Kali ini sedikit cerita perjalanan kami dari Jogja ke Purwokerto….
Mudah-mudahan belum bosan ya……Tapi kalau bosan, ya dilewatkan saja….. Gampang kan…. ??? Hahahahaha….!!!

Ticket Kereta Api dari Jogja ke Purwokerto sudah siap, karena sudah kami pesan sejak kami ada di Surabaya. Tapi apa boleh buat, teman Dj. yang sudah seperti saudara sendiri, tidak memperkanankan kami naik Kereta Api.

Setelah selesai makan malam bersama keluarganya di Mr. BLANGKON, maka dia bertanya, besok ke Purwokerto,
apa mobil sewaan sudah siap, pak Dj. ….??? Dj. cerita, kami sudah siap dengan ticket Kereta Api….. dan dia sedikit kaget, naik K.A? Jangan pak Dj. saya antar saja dengan mobil….

Wadooooooh….!!! Jogja ke Purwokerto cukup jauh, tapi karena dia paksa, sehingga kami tidak bisa bikin apa-apa. Jadi ingat akan Ki Ageng yang 2 tahun yang lalu (2012) mengantar kami dari Jogja ke Semarang. Sama, saat itu Ki juga nanya, ke Semarang besok mau naik apa….??? Akhirnya diantar oleh Ki ke Semarang. Nasiiib…. Saudara satu ini juga ingin mengantar kami dari Jogja ke Purwokerto. mau bilang apa lagi….???

Pagi setelah kami selesai sarapan di Hotel, maka saudara satu ini, telepon Dj. bahwa dia sudah siap di bawah (di Lobi Hotel). Nah ya…. akhirnya, setelah semua siap kami turun ke bawah dan dia sudah menghampiri kami. Yang bikin kami kaget lagi, dia seorang diri, jadi tidak bersama istrinya dan persis sama dengan Ki Ageng dua tahun yang lalu. Bedanya saat itu Ki masih dengan sopir, tapi saudara satu ini setir sendiri.

Okay, setelah chek out, maka kami memulai perjalanan kami keluar Jogja dan menyusuri pantai selatan Jawa. Saat keluar Jogja, jalanan masih mulus dan assyiiik….. Pagi yang cerah dan tidak ada macet. Hanya beberapa kendaraan yang sedikit aneh dalam pandangan kami….

jogja-purwokerto01 jogja-purwokerto02 jogja-purwokerto03

Tapi setalah kami menyusuri pantai selatan Jawa, jalanan semakin kacau dan sangat rusak….Kami jadi kasihan dengan mobil sedan saudara satu ini, karena mobil yang masih sangat baru, baru beberapa bulan dia beli. Sudah dipakai di jalanan yang sangat rusak….Tapi sebelah kiri, kami juga menikmati pemandangan sawah dan lain sebagainya…

jogja-purwokerto04 jogja-purwokerto05 jogja-purwokerto06

Kadang beberapa Km jalan sedikit mulus, tapi kembali berlubang yang cukup parah, kami bagaikan naik onta yang sangat goyang…….Apalagi ini…. coba anda lihat orang yang duduk di atas rumput di atas mobil yang cukup tinggi. Hebat….!!!

jogja-purwokerto07

Sering kami melihat penjual semangka di pinggir jalan….

jogja-purwokerto08

Entah dimana kami akhirnya istirahat untuk makan siang….Mohon maaf, karena dengan HP kamera yang juga kelelahan, maka yang masih bisa dilihat hanya dua foto ini. Ikan goreng bumbu cabe marah dan ikan goreng bumbu cabe hijau…. hahahahahaha….. (ngarang sendiri)

jogja-purwokerto09 jogja-purwokerto10

Akhirnya kami sampai di Purwokerto dan Dj. segera telpon anak Dj. (Krist) dimana dia tinggal. Ya…. kami datang sudah cukup terlambat, sedang Krist bersama keluarga sebenarnya siang itu ingin mengajak kami ke Pantai Nusa Kambangan. Tapi apa boleh buat, kami sudah sampai Purwokerto, juga sudah sangat senang….

Okay, setelah dipandu lewat telpon oleh Krist, maka kamipun akhirnya sampai di rumah Krist sekeluarga. Walau sudah sampai di jalan yang benar, tapi kebablasan, harus balik lagi, balikpun kelewatan lagi….Hahahahahahahaha…..!!!

PUJI TUHAN . . . ! ! ! Dengan suasana yang gembira bercampur haru, akhirnya kami ketemu dengan Krist sekeluarga di rumah mereka.

jogja-purwokerto11 jogja-purwokerto12

Naya anak Krist yang perempuan masih malu-malu bertemu dengan kami, belum mau foto bersama….Setelah berpelukan dan cipika-cipiki…. dengan suasana riang gembira, kami duduk ngobrol. Waaaaaaw, di atas meja telah tersedia banyak macam makanan yang kami suka….

Ada singkong goreng, pisang goreng….

jogja-purwokerto13 jogja-purwokerto14

Pisang rebus… Kacang tanah yang juga direbus…

jogja-purwokerto15 jogja-purwokerto16

Yaaaaa… dan banyak lagi…. Seperti tempe Medoan dan juga ananas yang masih segar…

jogja-purwokerto17

Krist tetap sibuk di dapur dan kami ngobrol cukup rame, karena mertua Krist berdua dan ayah Krist juga turut menemui kami. Jadi suasana sungguh sangat menyenangkan….Belum lama kami ngobrol, maka Krist keluar dengan piring penuh dengan lontong dan opor, serta sambal goreng ati yang dibubuhi telur burung puyuh.

jogja-purwokerto18 jogja-purwokerto19

Waaaaaaaaaw….. sungguh sangat menyenangkan, karena semua makanan, adalah yang pernah kami bicarakan. Yaitu makanan yang menjadi favorit kami sekeluarga…. saat Krist tanya di telpon……Jadi kami tidak menunggu lama, kami sudah santap sebelum dipersilahkan….. hahahahahahahaha……!!! Kami makan sampai sangat kenyang, seperti orang kelaparan, karena enak sekali…..Setelah makan kenyang, kami masih ada kesempatan melihat-lihat di sekeliling rumah Krist, kebun yang sangat luas dan banyak tanaman.

Setelah semua puas, maka kamipun pamit untuk ke Hotel, untuk check in dan ….Puji TUHAN…. ! ! ! Semua berjalan lancar, walau setelah sampai kamar, ternyata kamar kami terasa sempit, walau sama Aston Hotel seperti di Jogja.
Ternyata dijelaskan, bahwa di Jogja, Grand Aston Hotel, sedang di Purwokerto hanya Aston Hotel, tanpa Grand…. hahahahaha….!!!

Kami minta pindah ke kamar yang lebih baik dan lebih luas, tapi Suite juga sudah penuh, apa boleh buat. Dan yang lebih kasihan lagi, saudara kami tidak mau nginap, tapi minta ijin mau langsung pulang ke Jogja. Wadoooooh, jadi malu, juga kasihan, mengingat jalanan yang rusak dan cukup jauh ke Jogja, mana sendirian lagi. Tapi saudara kami ini menolak, saat kami memaksanya untuk tinggal, karena besok dia sudah ada jenji dengan teman dosen untuk main tennis….

Nah ya, akhirnya kami sendirian di kamar hotel, tapi tidak lama, karena telpon segera berdering….Seorang teman dosen yang lain, yang di Purwokerto telah mengetahui kalau kami ada di Hotel. Jadi dia ingin bertemu dengan kami, jadi kami hanya sempat istirahat 1 jam saja dan dia pun datang. Untung tidak lama kemudian Krist sekeluarga juga datang bersama keluarga dan mertuanya. Jadi kami ajak mereka ke Restaurant di Hotel, walau kami tidak tahu, ada makanan apa di sana, karena tidak mungkin semua ngumpul di kamar.

Hahahahahahahahahaha….!!!

Akhirnya kami keluar kamar dan turun dan setelah sampai di Restaurant di tingkat satu, maka kami mulai memilah-milih….Setelah kami tanya, apa yang ingin dimakan malam itu…. semua setuju dengan makan Pizza….Puji TUHAN…. !!!  Minuman tidak perlu menunggu lama seperti pizzanya…Jadi kami sudah bisa minum, sambil menanti pizza yang kami pesan…Akhirnya, dua loyang pizza datang…

jogja-purwokerto20 jogja-purwokerto21

Jujur, perut kami masih sangat kenyang dengan opor dan lontong yang kami makan di rumah Krist. Hahahahahaha….!!!

jogja-purwokerto22

Susi sedikit canggung, karena biasanya, kalau di Mainz, satu loyang pizza dimakan satu orang….Dan ini kami 6 orang dewasa dan 2 anak-anak, hanya pesan 2 loyang pizza…..Jadi Susi berusaha menghidangkan di piring….

jogja-purwokerto23

Entah apakah Krist sekeluarga akan kenyang, karena kami tawarkan untuk pesan lebih banyak, tapi dijawab… cukup….Jelas untuk kami yang masih kenyang, ya cukup kecuali opor lagi…. Hahahahahahahaha…..!!!

jogja-purwokerto24

Nah ini bagian Dj. Kami banyak ngobrol kiri kanan, terutama Dj. dengan kawan Dosen muda ini, yang pernah kuliah di Mainz. Dan kami sudah lama tidak bertemu, jadi membikin suasana semakin hangat…. Tapi sial bagi Dj. , karena setelah semua ngantuk dan Krist juga ingin kembali ke rumah, kami oleh pelayannya tidak boleh bayar. Karena sudah dibayar oleh kawan dosen ini…..Lagi-lagi…. dibayari…. Malu kan….??? Nah ya…. apa boleh buat…….

Okay… akhirnya kamipun kembali ke kamar, tapi saat kami sambil makan, kamipun masih sempat ngobrol, kalau besok, Krist bersama keluarga akan membawa kami ke Baturraden…..Waaaaaw, sangat menyanangkan, karena selama ini, kami hanya mendengar cerita saja tentang Baturraden, jadi penasaran….

Malam itu kamipun tidur dengan nyenyak, karena memang benar-benar cukup capek, seharian dalam perjalanan. Terimakasih kepada TUHAN . . . yang telah memberikan kepada kami, sahabat-sahabat yang baik-baik. Sehingga, di manapun kami berada, mereka selalu ingin menyenangkan kami. Cerita di Baturraden, akan Dj. kirim untuk minggu depan.

Terimakasih kepada anda semuanya yang telah dan selalu membaca oret-oretan Dj. Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang yang selalu menayangkan oret-oretan yang sederhana ini….

Semoga Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kita semuanya….

Mohon maaf bila ada banyak kata-kata yang kurang / tidak berkenan.

 

Salam manis dari Mainz, untuk anda semuanya.
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.