[AMNESIA – The Future in History] Kemerdekaan

djas Merahputih

 

Artikel sebelumnya:

Di tepi sebuah danau (1)

Kedatangan Sang Presiden (2)

Pahlawan Sunyi (3)

 

KEMERDEKAAN

Air mata itu akhirnya tak terbendung juga, jatuh menetes dengan deras di wajah polos Maysha. Ayah adalah segalanya bagi Maysha. Ia adalah ayah, sahabat, kakak, guru, panutan dan entah berapa kata lagi yang harus diungkapkan untuk menggambarkan sosok Sang Ayah. Buku di atas pangkuan Maysha kini telah basah oleh air mata. Sang Pangeran tak menyadari kejadian sebenarnya. Wajah Maysha tertutup bayangan topi lebar bermotif kembang. Lagi pula Dreiden masih sibuk dengan kailnya yang hanyut ke tengah danau.

img01. Air mata kepedihan

img01. Air mata kepedihan

Hari demi hari berlalu dan kini Sang Pangeran dihinggapi perasaan sunyi. Sudah satu purnama wajah anggun itu tak nampak lagi di tengah danau. Pangeran Soka sama sekali tak menyadari peristiwa yang menimpa kawan barunya, Maysha. Beliau terkesan dan bangga dengan kepahlawan seseorang yang telah rela mengorbankan jiwanya untuk Sang Presiden. Namun hanya sebatas itu, tak ada dugaan sedikitpun tentang keterkaitan peristiwa tragis itu dengan Sang Gadis bertopi lebar. Ono dan Offo harus mengatasi rasa ibanya untuk tetap menjaga sebuah rahasia.

*****

Para penasehat dan beberapa petugas pemantau telah tiba di istana sesuai dengan permohonan Sang Pangeran. Pimpinan Biq Xu memperkenalkan mereka satu persatu. Setelah itu menyampaikan beberapa permintaan Sang Pangeran kepada sembilan orang utusan dari Negeri AMNESIA, sebuah negeri yang kelak akan diturunkan ke planet Ramnox jika seluruh persyaratan dan situasi ideal telah tercapai. Di depan Sang Pangeran, pimpinan Biq Xu hanya menyebutkan para utusan datang dari Langit Kelima tanpa menjelaskan asal negeri mereka.

Para utusan dari Negeri AMNESIA segera menyebar ke seantero Amorluxico yang terdiri dari 49 negara bagian dan kemudian mengumpulkan seluruh informasi penting dalam pemetaan masalah sehingga bisa dicarikan solusi dan obat mujarabnya kelak setelah kembali ke Negeri AMNESIA, negeri yang saat ini masih bersemayam di Langit Kelima. Demikian pula pada saat bersamaan di Ra Sirhonesia telah pula menyebar para utusan tersebut ke 29 provinsi yang dihuni paling tidak 300-an suku bangsa dengan adat-istiadat berbeda.

Gambaran kasar untuk menghubungkan kedua negeri warisan para Dewa itu adalah hubungan non formalnya dalam hal makan, berdoa dan cinta. Di Amorluxico (Negeri bangsa Amox) anda bisa memuaskan kegemaran anda dalam hal makan-memakan, kemudian berjalan dan berdoa di permukaan Ramnox lainnya, selanjutnya bertemu dengan cinta abadi anda di Negeri bangsa Rasyie – Ra Sirhonesia.

img02. Dari mulut turun ke hati

img02. Dari mulut turun ke hati

Pangeran Soka tertarik dengan sebuah negeri yang rupanya juga mendapat perhatian khusus para utusan dari Langit Kelima.

Setelah berbulan-bulan membaur dengan masyarakat di kota hingga desa dan pedalaman bangsa Amox, para utusan dari Negeri AMNESIA, melakukan pertemuan pertama mereka di istana darurat Sang Pangeran. Pertemuan ini berguna untuk menyatukan persepsi awal tentang hal ihwal apa sebenarnya yang sedang menggerogoti negara ini sehingga menjelma menjadi monster menakutkan bagi negara-negara lain di planet Ramnox.

Para utusan yang terdiri dari empat penasehat kerajaan dan lima orang pemantau mulai memaparkan permasalahannya dengan mengurai sejarah terbentuknya negara Amorluxico ini. Menurut sesepuh Negeri AMNESIA negeri ini didirikan oleh seorang Pangeran bernama Pangeran Maralu Xico (Maxi) yang tak lain adalah kakek Sang Pangeran sendiri. Maxi memiliki saudara kembar seorang ratu cantik bernama Maava Rhonesia. Ratu Maava kemudian juga membentuk sebuah negeri yang juga cantik pada sebuah titik di katulistiwa yang diberinya nama Ra Sirhonesia.

Pangeran Soka Purnama kembali terhenyak saat seorang penasehat menjelaskan tentang asal-usul negeri misterius di belahan Ramnox lainnya. Kini Sang Pangeran juga mengerti mengapa Beliau diutus ke Negeri ini yang ternyata adalah warisan Sang Kakek Maralu Xico.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di planet Ramnox ini Pangeran Maxi terdampar pada sebuah benua bernama Rupatinanco (Benua Rutina). Setelah rakyatnya bertambah banyak dan keinginan untuk mencari tantangan lain maka Pangeran Maxi melakukan pelayaran ke seberang benua di sebelah Barat guna memperoleh tempat menetap baru. Ketika berhasil menemukan daratan yang sekarang bernama Amorluxico, diputuskanlah oleh Pangeran Maxi untuk membentuk sebuah kekuasaan dan pemerintahan baru di tempat tersebut. Sejumlah 16 koloni dibentuk dengan daerah kekuasaan masing-masing. Mereka menyebar ke seantero benua.

Pangeran Maxi membentuk dan merawat negara ciptaannya ini dengan cinta dan kasih sayang sebagaimana cinta seorang ayah kepada anak-anaknya. Mereka tumbuh besar dan sehat. Kemudian setelah merasakan saat yang tepat, Pangeran Maxi memutuskan untuk kembali ke Ibu Kota Negeri AMNESIA di Langit Kelima dan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Amox agar mampu mengurus dan mengembangkan dirinya sendiri.

Alangkah bangga dan gembiranya bangsa Amox mendapatkan kepercayaan mengurus dan mengembangkan diri mereka sendiri. Keenambelas daerah koloni lalu bersepakat memilih pemimpin mereka walaupun dengan tetap meminta restu dan persetujuan dari Pangeran Maxi di Langit Kelima, dan kemudian membagikan 49 negara bagian kepada seluruh koloni yang ada.

img03. Negeri makmur dan sejahtera

img03. Negeri makmur dan sejahtera

Para penduduk negeri Amox hidup aman, tenteram dan sejahtera. Selain karena bekal yang cukup dan begitu besarnya luas wilayah, mereka juga sangat mensyukuri kemerdekaan hasil jerih payah dari Pangeran Maxi bagi bangsa mereka agar bisa mengurus diri sendiri. Karunia sumber minyak yang besar serta kandungan emas dalam tanah-tanah mereka, makin sempurna dengan dipancarkannya cahaya ilmu pengetahuan kepada para ilmuan dan kaum cerdik pandai di sana. Bangsa Amox juga dikaruniai watak ksatria serta menghargai keunggulan serta superioritas akal maupun fisik manusia. Kemiskinan dan kemelaratan sepertinya begitu jauh dari kehidupan mereka. Rakyatnya tidak pernah kelaparan atau merasa kekurangan. Kehidupan seperti ini berlangsung beratus-ratus tahun tanpa ada gangguan sama sekali. Sementara di sudut kehidupan Planet Ramnox lainnya, masih saja diwarnai dengan peperangan dan pertempuran satu sama lain untuk memperebutkan wilayah kekuasaan yang lebih luas.

Sang Pangeran duduk termangu di kursi kerajaannya. Aneh, penjelasan mengenai negeri misterius itu justru lebih menyita perhatian Beliau. Bayangan tentang Ratu Maava tiba-tiba melesatkan bayangan Maysha – gadis bertopi lebar – dalam benak Sang Pangeran.

Entah di mana Maysha kini berada. Ah.., seandainya saja…” Sang Pangeran membatin dan kembali mengusik perhatian Ono dan Offo yang juga berada di dalam ruangan.

Sang Pangeran meminta Pimpinan Biq Xu untuk menunda pemaparan selanjutnya. Pikiran Beliau terusik bayangan Maysha setiap pemaparan tentang bangsa Rasyie diungkapkan oleh para penasehat. Pertemuanpun akhirnya ditutup.

Mohon restu, paduka. Jika berkenan, para utusan akan segera kembali ke Langit Kelima. Waktu yang diberikan telah cukup banyak. Selanjutnya para penasehat akan bergantian mengunjungi paduka setiap purnama tiba untuk memaparkan semua hal yang mereka ketahui tentang Amorluxico.

Sang Pangeran setuju dengan usul Pimpinan Biq Xu. Para Biq Xu segera melakukan ritual khusus untuk melepas kepergian para utusan tersebut sambil tak lupa mengirimkan beberapa persembahan bagi Baginda Raja Miriko di Langit Kelima.

*****

 

Bersambung ke….

Pengaruh Dunia luar

 

eBook Link:

amnesia4 (4)

 

 

About djas Merahputih

Dari nama dan profile picture'nya, sudah jelas terlihat semangat ke-Indonesia-annya. Ditambah dengan artikel-artikelnya yang mengingatkan kita semua bahwa nasionalisme itu masih ada, harapan itu masih ada untuk Indonesia tercinta. Tinggal di Sulawesi, menebar semangat Merah Putih ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.