[Explore Shanghai] Xin Tian Di – New Heaven & Earth

Hennie Triana Oberst

 

Jalan-jalanlah kami menikmati akhir minggu yang cerah ini. Musim semi sudah dimulai, udara mulai hangat dan sudah dipastikan makin banyak orang yang menghabiskan waktunya di luar rumah menikmati hangatnya matahari. Walaupun di Asia sudah biasa terlihat  wanita berjalan membawa payung di hari yang cerah.

Xintiandi, tempat tujuan kami, kawasan pejalan kaki yang sangat menarik dengan bangunan rumah tinggal, restoran, cafe dan toko-toko. Terdapat juga shopping mall. Untuk belanja, aku lebih menyukai toko-toko yang berada di zona pejalan kaki, seperti umumnya yang berada di Eropa.

xintiandi-shanghai (1) xintiandi-shanghai (2)

Xintiandi (新天地), yang terjemahannya adalah ‘New Heaven and Earth’ ini terlihat indah dan unik dengan arsitektur bangunan gaya Shikumen (stone gate), yang mulai dikenal sekitar tahun 1800. Gedung-gedung lama ini kemudian dipugar pada tahun 1997 dengan memadukan gaya kuno dan modern. Dinding, ubin dan eksteriornya tetap dipertahankan. Kabarnya daerah ini merupakan tempat hidup termahal di Cina, melebihi Tokyo, New York dan London.

xintiandi-shanghai (3) xintiandi-shanghai (4)

Gedung Kongres Pertama Partai Komunis Cina terdapat di sini, sekarang dijadikan sebagai Museum.

xintiandi-shanghai (5)

Kami juga menyusuri sisi lainnya dari daerah ini, melewati lorong-lorong kecil di antara bangunan. Di sini adalah hunian umum masyarakat lokal. Cukup kontras dibandingkan sisi satunya.

xintiandi-shanghai (6) xintiandi-shanghai (7) xintiandi-shanghai (8)

Kali ini kami hanya mampir makan siang di restoran Jerman yang ada di sana. Karena ketika datang sudah lapar, dan restoran ini yang langsung terlihat dan ramai pengunjung (biasanya yang ramai pengunjung itu makanannya enak).

xintiandi-shanghai (9) xintiandi-shanghai (10)

Jika datang ke Shanghai, sempatkan untuk mampir ke sini. Sangat menyenangkan menghabiskan waktu di sekitar tempat ini. Selain bisa jalan-jalan menikmati keindahan areanya, juga banyak terdapat berbagai jenis kuliner berbagai bangsa di restoran dan cafe yang tersebar di sini. Apalagi dengan cerahnya hari, kita bisa menikmatinya di luar ruangan. Benar-benar akhir minggu yang nyaman.

xintiandi-shanghai (11)

 

Salam Musim Semi

Shanghai, 20150418

*Life in China*

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *