Usaha

Phie – Midstate

 

Kalau baca-baca status teman di FB sering saya perhatikan ada yang hobinya melolong tiada berkesudahan. Hidup memang penuh perjuangan tapi bukan artinya harus diratapi terus menerus kan ya? Seolah-olah dirinya yang paling malang sedunia. Masa iya tidak pernah merasa senang padahal menurut saya dan beberapa teman yang sehati dan sepandangan bahagia itu dimulai dari mengucap syukur atas segala hal.

Saya percaya semua hal yang terjadi sampai detik ini saya sedang menulis adalah keajaiban Tuhan yang tidak akan habis dibuat daftarnya. Jangan dikira saya tidak pernah merasa susah dan terpuruk, sering malah kalau sedang down di titik rendah hanya bisa menangis sesenggukan tapi pelukan sahabat kecil saya bilang, “Don’t worry Mama, it’s gonna be alright…please don’t cry.”

Hidup di negeri orang yang berbeda kultur dan kebiasaan menempa saya jadi pribadi yang tangguh. Semua dikerjakan sendiri, sebisa mungkin tidak minta tolong orang lain kecuali beneran terdesak baru nanya apakah yang dimintakan tolong ada waktu dan bisa membantu. Setiap pilihan ada resikonya, termasuk ketika saya memilih untuk pindah ke negara lain yang jauhnya setengah keliling dunia.

life struggle

Tapi kisah perjalanan hidup saya sampai saat ini adalah bukan yang dulu pernah melintas di benak dan angan-angan saya. Bukan berarti melemahkan semangat dan tujuan saya, TIDAK sama sekali! Justru saya banyak belajar dan selalu punya mimpi yang diusahakan supaya terwujud. Kalaupun melenceng dari bayangan semula paling tidak saya jadi lebih tahu dan nambah pengetahuan lain.

Saya percaya kalau kita punya mimpi dan berusaha mewujudkannya dengan sepenuh hati dan segala daya upaya maka di tengah prosesnya selalu menemukan hal-hal melegakan yang membuat langkah lebih ringan. Buat saya slogan Honda bertahun-tahun lalu itu sungguh mengena: “The Power of Dreams”. Karena mimpilah saya berani berusaha mewujudkan itu satu per satu menjadi kenyataan.

Saya mengakui saya adalah tipe orang yang gampang sekali down dan patah semangat tapi saya bersyukur sekali dikelilingi perempuan-perempuan tangguh dan perkasa yang tidak pernah lelah menyemangati. Kadang kata-kata mereka terlalu keras dan tajam tapi semua berdasarkan fakta yang justru memicu saya lebih keras berusaha bukan gula-gula manis sesaat untuk menutupi kenyataan pahit.

Banyak hal yang terjadi sejak saya punya anak. Sahabat kecil saya ini bikin saya berani dan bisa melakukan hal-hal yang dulu tidak pernah terpikirkan sama sekali. Saya jadi bisa masak ini-itu, karena saya ingin memberi gizi yang terbaik di masa pertumbuhannya. Saya berani ke sana-sini sendiri, karena saya ingin dia belajar banyak hal di luar rumah. Saya mulai kuliah lagi di saat dia mulai sekolah juga, dengan tujuan menanamkan konsep bahwa pendidikan itu investasi terbaik untuk masa depan siapa saja dan belajar itu tidak terbatas umur. Saya bekerja kantoran full time lagi supaya dia melihat bahwa ibunya bukan orang malas.

success

Apa semua itu terjadi dalam semalam saja? Tentu saja tidak! Semua butuh proses yang kadang sebentar tapi lebih sering lama. Justru di situ kita bisa menghargai hasilnya karena usaha yang kita lakukan sekuat tenaga bukan suatu hal yang mudah. Iyaaaa…gampang diucapkan, prakteknya jelas jungkir balik! Motivasi setiap individu jelas berbeda, pilihan hidup pun tidak ada yang sama tetapi saya percaya semua orang jika berusaha maka akan ada hasilnya.

Termasuk usaha saya untuk tetap sehat, bangun pagi-pagi untuk melakukan treadmill, cycling, pilates atau berenang yang diimbangi dengan balanced meal. Soal jadi kurus atau langsing itu bukan tujuan saya lagi, saya anggap itu bonus/side effect saja. Saya sudah kenyang dan sebal dibilang “kok sekarang tambah gendut?” Padahal menjadi gendut/kurus bukan masalah orang lain yang tidak memberi saya makan ya?! Yang penting buat saya saat ini adalah hidup sehat dan bahagia serta dikelilingi orang-orang yang mencintai saya dengan tulus. Itu saja sudah cukup…

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.