Voca Erudita (akan) Mewakili Indonesia di Austria

Hany Vydiasatti Widagdo

 

Voca Erudita merupakan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah berdiri sejak tanggal 17 Desember 1987. Nama Voca Erudita berasal dari bahasa latin yaitu Voca yang berarti suara dan Erudita yang berarti orang berpendidikan, jadi Voca Erudita berarti suara dari orang-orang yang berpendidikan.

Voca Erudita telah mendapatkan berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional. Tentu saja penghargaan ini tidak dicapai dengan mudah. Melalui berbagai proses dan kerja keras, Voca Erudita dapat membanggakan UNS, Solo, dan bahkan Indonesia. Selain itu, Voca Erudita juga telah ikut melaksanakan misi budaya dengan membawa Budaya Indonesia ke kancah internasional, sehingga orang-orang di luar sana tahu keberagaman Budaya Indonesia.

Pada tahun 2010, Voca Erudita telah meraih Grand Champion of Mix Chamber Choir Category, Gold Medal for Folklore with Choreography Category dalam 6th World Choir Games di Shaoxing, China. Tahun berikutnya, Voca Erudita kembali diberi kesempatan untuk mengikuti 4th Grand Prix Pattaya di Thailand dan meraih Gold Medal Champion of Gospel Spiritual Jazz Category, Gold Medal Champion of Foklore Category, Gold Medal for Chamber Choir Category. Tahun 2012, dalam Bali International Choir Festival, dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya, Voca Erudita kembali meraih penghargaan Grand champion dalam kategori Mixed Choir, Folklore, dan Pop Jazz. Selain itu, Voca Erudita menjadi Champion of Champion pada kompetisi di Bali tersebut.

Nama Voca Erudita kembali berkumandang di kancah international dalam Hong Kong International Youth & Children Choir Festival pada tahun 2013 lalu. Dan baru saja, tahun 2014, meraih penghargaan sebagai best presentation dalam 10th Busan Choral Festival & Competition di Korea Selatan.

Pada bulan Juli ini, Voca Erudita kembali dipercayai untuk menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia untuk berkompetisi dengan paduan suara tingkat dunia yaitu Internationaler Chorwettbewerb Spittal an der Drau, yang akan diselenggarakan di Spittal, Austria, Eropa. Kompetisi ini tidak seperti kompetisi yang sebelumnya. Dengan waktu yang sangat singkat, target yang cukup tinggi, dan biaya yang sangat besar, Voca Erudita tetap berusaha untuk membawa nama harum Bangsa Indonesia ke tanah Eropa.

Dengan tetap mengandalkan Tuhan, kami terus berlatih vocal tanpa lelah. Selain itu, anggota tim juga memiliki tanggung jawab untuk mencari dana, baik pribadi maupun dana untuk keperluan tim dengan cara berjualan di car free day saat hari Minggu, mencari sponsor dan donatur, menerima job, dan mengamen baik dalam format paduan suara, vocal group, maupun akustik. Namun ternyata setelah sekian banyak usaha dan tenaga yang dikerahkan untuk mencari dana, biaya yang didapatkan belum bisa menutupi keperluan yang ada. Dengan segala kerendahan hati, kami, Voca Erudita, memohon bantuan dari Bapak, Ibu, dan Saudara sekalian untuk turut berpartisipasi dalam proses keberangkatan kami demi mengharumkan nama Indonesia di Tanah Eropa.

Info lebih lanjut:

Humas Voca Erudita : 085726126262

No. Rekening (Bank Mandiri) 1380012522111 a.n. Emira Darin

 

Kegiatan Galang Dana di Balai Soejatmoko dalam acara Parkiran Jazz

Kegiatan Galang Dana di Balai Soejatmoko dalam acara Parkiran Jazz

Kegiatan latihan rutin

Kegiatan latihan rutin

Kegiatan latihan rutin

Kegiatan latihan rutin

Setiap kegiatan kami awali dengan doa

Setiap kegiatan kami awali dengan doa

Kegiatan galang dana di Pasar Ngarsopuro

Kegiatan galang dana di Pasar Ngarsopuro

Bentuk partisipasi langsung

Bentuk partisipasi langsung

 

Note Redaksi:

Hany Vydiasatti Widagdo, selamat datang dan selamat bergabung di BALTYRA dengan artikel pertama ini dan semoga ada artikel-artikel berikutnya, terutama nanti setelah pulang dari Austria… :-)

Terima kasih untuk pak Handoko Widagdo yang mengajak ananda ikut menulis di BALTYRA…

 

 

3 Comments to "Voca Erudita (akan) Mewakili Indonesia di Austria"

  1. J C  15 July, 2015 at 05:24

    Pak Hand, tolong sampaikan ucapan selamat dari kami sekeluarga untuk Voca Erudita! Semua ikut bangga! Lebih bangga lagi karena di rumah kita ini cerita seperti ini disampaikan…

  2. Handoko Widagdo  14 July, 2015 at 08:31

    Selamat untuk Voca Erudita atas pencapaian sebagai Group Terfavorit dalam penampilannya di Spittel!

  3. Handoko Widagdo  10 July, 2015 at 16:22

    Selamat berlomba anak-anakku. Kumandangkan Indonesia Raya dan kibarkan Sang Saka Merah Putih di Spittel – Austria.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.