From Seoul to Jakarta Raih Golden Palm Award

Ratman Aspari

 

(Jakarta, 26 Mei) Film kerjasama Indonesia dan Korea Selatan, From Seoul To Jakarta baru-baru ini meraih penghargaan bergengsi Golden Palm Award atau Piala Palem Emas dari Mexico International Film Festival. Film ini dipilih karena dianggap terbaik dalam kategori Film Cerita, sehingga berhasil mengalahkan ratusan film dari 30 negara peserta. Di samping itu, film garapan sutradara Indonesia, Damien Dematra, ini dihargai oleh festival yang sudah berlangsung selama 9 tahun ini karena keberhasilannya menyajikan film dengan teknik tertinggi dalam sebuah film cerita panjang.

acara_FSTJ

Minggu yang lalu, film From Seoul To Jakarta juga meraih 6 (enam) nominasi dari St. Tropez International Film Festival di Perancis untuk kategori peran pembantu wanita terbaik (Erna Santoso),  peran utama wanita terbaik (Natasha Dematra),  peran utama pria terbaik (Roman D Man), penulis skenario terbaik (Damien Dematra dan Ilchi Lee), sutradara terbaik (Damien Dematra), dan film terbaik (Damien Dematra, Ilchi Lee dan Irene Christina). Dari festival yang berlangsung berbarengan dengan Cannes Film Festival di wilayah Perancis Selatan yang terkenal dengan sebutan French Riviera ini, From Seoul To Jakarta berhasil meraih 1 penghargaan tertinggi untuk artis Erna Santoso dalam kategori Pemeran Pembantu Wanita Terbaik.

Sebelumnya, From Seoul To Jakarta telah meraih 3 (tiga) penghargaan dari Amerika Serikat, yaitu dua dari Accolade Global Film Competition dan satu dari San Francisco Film Awards. Accolade Global Film Competition, California, memberi penghargaan Award of Merit dalam kategori Artis Terbaik (untuk Natasha Dematra) dan Sinematografi (untuk Damien Dematra); dan San Francisco Film Awards di San Francisco menganugerahkan Award of Merit dalam kategori film cerita panjang (feature film).

Sutradara Damien Dematra merasa terharu dengan penghargaan Golden Palm Award ini, karena sejak tahun 2011, dia telah memasang target bahwa suatu hari dapat memperoleh penghargaan bergengsi tersebut, namun akhirnya baru tercapai 4 tahun kemudian.

Mengomentari kemenangan ini, artis Indonesia, Natasha Dematra, yang juga bintang utama di film ini mengatakan, sungguh tidak menyangka kerja keras dan tantangan yang begitu besar di film ini berhasil membuahkan hasil yang mengharumkan Indonesia. Natasha sendiri diwajibkan menjadi antagonis sekaligus protagonis, yang harus mampu bernyanyi dan menari ala K-Pop.

From Seoul To Jakarta adalah sebuah film drama inspirasional bagi remaja dan dewasa yang berkisah tentang Haneul Han, penyanyi remaja kelahiran Korea, di Indonesia yang keluarganya jatuh miskin. Haneul yang bersuara emas, dan teman-teman Koreanya berjuang untuk memenangkan kompetisi K-Pop yang diselenggarakan di Jakarta. Lenny, saingannya dari Indonesia, merasa sangat iri dengan kemajuan mereka. Tambahan lagi, ayah Lenny yang adalah dokter kenamaan selalu merasa putrinya adalah ‘produk gagal’. Lenny memilih jalan pintas. Ia berhasil meracuni Haneul dan melukai suaranya. Setelah Haneul kehilangan segala-galanya, ia tidak memiliki pilihan lain, selain berbuat nekat. (ratman/rls)

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.