Digital Farm Membangun Indonesia dari Hulu di Sektor Pertanian

Mastok

 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari hari ke hari semakin meningkat dan terus berkembang luas mulai dari daerah perkotaan sampai ke pelosok daerah pedesaan. Dunia teknologi informasi dan komunikasi menawarkan dan memberikan banyak kemudahan dalam membantu memperlancar segala aktivitas manusia di segala bidang termasuk dalam bidang pertanian.

digital-farm01 digital-farm02

Petani dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengetahui berbagai informasi tentang dunia pertanian, cara budidaya tanaman yang baik, sampai kepada cara mengatasi dan menanggulangi berbagai jenis penyakit tanaman.

Selain petani, teknologi informasi dan komunikasi juga bisa dimanfaatkan oleh para penyuluh pertanian untuk berbagi informasi seputar pertanian tanpa harus turun langsung ke lapangan sehingga dapat meningkatkan keberdayaan petani melalui penyiapan informasi pertanian yang tepat waktu dan relevan kepada petani untuk mendukung proses pengambilan keputusan berusaha tani untuk meningkatkan produktivitvitasnya.

Aplikasi penyuluhan pertanian berbasis Android dalam memudahkan pertukaran informasi antara pakar pertanian dan petani berbasis handphone dengan memanfaatkan teknologi android yang sedang booming di tengah masyarakat Indonesia.

digital-farm03 digital-farm04

Aplikasi penyuluhah pertanian berbasis Android ini biasa disebut Petani Apps, akan memudahkan pakar menjawab secara langsung melalui smartphone kepada penanya.

Penanya bisa menanyakan disertai dengan foto kondisi tanaman saat itu secara detail dan mengirimkan kepada pakar melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi melalui aplikasi Petani akan lebih efektif dan efisien dan mudah didapatkan dan lebih cepat penerimaan informasi di manapun berada.

Gambaran umum petani di indonesia sudah mulai tidak menjadi lapangan pekerjaan yang menarik di antara kaum mudanya  dari 76 ribu desa di indonesia  aatau 480 an Kabupaten yang 20% menjadi lumbung padi nasional artinya 10-15 juta jiwa murni menjadi petani kalau diambil rata-rata 1 ha/musim  5-6 ton wah kita tidak perlu beras impor/beras sintetis :P…di sini dibutuhkan terknologi pertanian berbasis IT untuk sinergi percepatan pembangunan pangan  yang mandiri  dan teknologi tepat guna yang harus dikuasai oleh kaum mudanya…

digital-farm05

Usaha Kelompok tani membangun Digital Farm  bukan mustahil… tanpa meninggalkan kebiasaan lama dan tetap menjunjung tinggi kearifan lokal.

 

 

About Mastok

Penampakannya mengingatkan para sahabatnya akan Panji Tengkorak yang berkelana ke seluruh dunia persilatan. Mastok berkelana dengan menggembol buntelannya yang lusuh...eits...jangan salah, dalam buntelannya tersemat segala gadget canggih terakhir: iPad, laptop mutakhir, koneksi wireless, smartphone model terakhir. Bertelanjang kaki ke mana pun melangkah menunjukkan tekadnya yang membara untuk back to nature, kembali merengkuh Mother Earth.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *