Bonsai

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA YANG BERBAHAGIA . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa yang indah ini…Suasana Sommer sudah terasa hangat, matahari sudah sering bersinar dan bakan kadang sangat meyengat dengan galaknya…Tahu sendiri kalau matahari sudah menyengat, maka manusia berteduh di bayang-bayang pohon dan gedung….. Hahahahahahahaha…..!!! Tapi tanpa matahari, Dj. yakin juga tidak ada kehidupan (sepi), kita semua memerlukan matahari, benar…???

Okay, cerita mudik 2014 – 2015 sudah selesai dan kenyataan harus dihadapi kembali dengan kehidupan sehari-hari….

Okay….Perkenankan Dj. sedikit cerita tentang hobby Dj. yang banyak ini, tapi Dj. akan kembali ke hobby Dj. yang sudah sangat lama Dj. jalani. Agar anda bisa mengikuti cerita Dj. ini, bagi anda yang “mungkin” belum lama baca oret-oretan Dj. , maka Dj. sarankan untuk membaca oret-oretan Dj. yang lalu, yang Dj. kirim ke Baltyra dan tayang pada tanggal 19 November 2013.

http://baltyra.com/2013/11/19/kehidupan-3/

Benar sekali, itu oret-oretan cerita tentang hobby Dj. tentang bonsai, dimana Dj. berusaha untuk menanam pohon asam sejak dari biji. Jelas, kalau ada kehidupan ke 3, pasti ada juga kehiduan 1 dan 2.

http://baltyra.com/2013/09/10/kehidupan-1/

http://baltyra.com/2013/09/17/kehidupan-2/

Baiklah, bila anda masih ingat akan oret-oretan tersebut, maka perkenankan Dj. untuk memamerkan apa yang telah terjadi dengan kehidupan tsb. Tidak semua berjalan seperti yang kita kehendaki, kadang bisa berjalan dengan mulus, tapi juga kadang ada halangan yang tidak kita harapkan. Namun demikian, kita harus menghadapinya dengan sabar, karena Dj. pun yakin, bila kita tekun, maka akan ada jalan keluar yang baik.

Okay, bila anda telah melihat dalam oret-oretan kehidupan ke 3, maka anda telah melihat bagaimana biji asam yang Dj. tanam telah bertumbuh. Dan sebahagian Dj. telah tanam bersama-sama di dalam 1 pot bonsai yang kami hobby bonsai, menamakan/menyebutkannya dengan “bentuk hutan”. Semoga anda masih ingat foto yang di bawah ini, baru awal perencanaan, berapa pohon yang akan Dj. tanam dalam 1 pot dan biasanya dalam jumlah ganjil.

bonsai01 bonsai02

Ya…. benar, kelihatan masih sangat kurus-kurus, karena cuaca di Eropa yang tidak seperti di Indonesia, selalu hangat dan banyak matahari. Maka pertumbuhan tanaman juga tidak secepat di Indonesai, mungkin bisa dibilang setengahnya. Tapi untuk itu semua, Dj. juga tidak boleh kekurangan akal, agar kelihatan rimbun, maka Dj. kembali menanam biji asam yang langsung di pot tsb.

bonsai03

Setelah yang tahap ke 2 ini mencungul seperti yang anda lihat di atas dan di bawah ini, maka Dj. kembali tanam tahab yang ke 3. Yaitu di bahagian sebelahnya atau bahagian belakang. Bila kita rombongan manusia berfoto bersama, maka yang paling kecil diminta agar berdiri di depan. Tapi sebaliknya dengan bonsai kelompok, yang kecil malah harus di belakang, agar panoramanya memperlihatkan seolah jauh. Begitu yang ke 2 sudah sedikit tumbuh, maka di tengah sudah kelihatan lebih rimbun bukan…??? Dan yang tahap ke 3 pun mulai mencungul…Awal dari satu kehidupan….

bonsai04 bonsai05 bonsai06

Dan foto di bawah ini, juga sudah kelihatan sedikit lain, jelas semua memerlukan waktu, jadi ya harus sabar.
Dan yang pertama tumbuh, atau yang sudah sedikit besar dan batangnya sudah berkayu, mulai Dj. bentuk dengan kawat. Tapi tidak terlalu kuat, agara mereka juga masih bisa bergerak.

bonsai07 bonsai08 bonsai09 bonsai10 bonsai11

Apalagi asam di Indonesia dengan sangat mudah untuk mendapatkannya dan cuaca di Indonesia juga sangat menunjang. Jadi tidak ada alasan untuk berkata … SULIT…!!! Hahahahahaha….!!! Sedang Dj. untuk mendapatkan biji asam, harus membeli satu kotak buah asam dan itupun di Asia toko, tidak selalu ada. Tapi,karena keinginan untuk memelihara bonsai, maka untuk Dj. tidaklah jadi persoalan, apapun halangannya….

Okay…..Bagaimana keadaan bonsai itu saat ini…??? Sudah besarkah…??? Jelas belum, karena belum juga 2 tahun, sedang untuk penggemar (Hobby) bonsai, bonsai akan dikatakan bonsai kalau sudah lewat 16 tahun umurnya.
Jadi bonsai ini masih akan banyak mengalami beberapa musim lagi, namun tidak menjadi masalah, karena kalau kita rajin merawat, maka merekapun akan tumbuh dengan baik dan mereka akan menjadi sangat berharga.

Ini foto hari ini…. dilihat dari depan, pohon yang terakhir Dj. tanam, sudah semakin besar….Maka batang pohon yang sudah lebih besar yang ada didepan akan kelihatan dan akan lebih bagus untuk dilihat. Seolah seperti hutan kecil…. Hahahahahaha….!!!

bonsai12

Dibanding kalau dari belakang, maka pohon yang lebih kecil, dedaunannya akan menutupi batang pohon yang lebih besar.

bonsai13

Beda kan….??? Ya…. sebagai bonsai, masih akan sering dipotong bahagian dahan yang berlebihan, juga setiap 2 tahun, maka akarnyapun harus dipotong 1/3, agar mereka tidak terlalu cepat bertumbuh. Saat memotong akar, juga sarana (tanahnya), harus diganti sebahagian, karena tanah yang sudah tahan 2 tahun, akan menjadi kosong, tidak ada sarinya lagi.

Untuk cerita bonsai berbentuk hutan, akan Dj. sambung minggu depan dengan pohon yang lain dan bukan hanya pohon asam saja. Sangat banyak pohon yang bisa dibikin bonsai, baik satuan maupun kelompok (hutan). Juga seperti pohon delima yang berkelompok di bawah ini…

bonsai14

Juga pohon karet (Ficus Benyamina Retusa)

bonsai15

Tapi apa yang ingin Dj. ceritakan minggu depan, bukan tentang bonsai Delima atau Ficus benyamina, tapi bonsai kelompok yang lain. Yaitu bonsai kelompok dari bohon cemara (Cipress), seperti di bawah ini. Bagaimana menanam bonsai secara kelompok (hutan), bersama Dj.

bonsai16

Dimanapun anda berada, mari kita mulai menanam, agar lingkungan kita semakin hijau. Jangan ada alasan tidak ada tempat, atau waktu, karena dengan tempat yang sangat minimpun, bonnsai bisa ditanam. Walau kemungkinan kita sendiri tidak bisa menikmati, akan pertumbuhannya nanti, tapi anak-cucu kita akan sangat berterimakasih.

Tidak perlu 30 pot bonsai, kalau memang tidak ada tempat, tapi paling tidak 1 pot kecil, bisa membikin kebahagian dalam keluarga anda. Anda tidak percaya…??? Anda bisa lihat bonsai-bonsai mini di bawah ini…Dj. selalu menikmati keindahannya dan anda juga tentu bisa, mengapa tidak….???

bonsai17 bonsai18

Yaaaaa….. Bonsai ini tidak lebih besar dari tangan kita, tapi mereka hidup dengan megahnya dan akan membikin pemiliknya, satu kebahagian yang sangat besar. Tapi mini bonsai, mungkin untuk pemula, bisa dibilang lebih rumit, kita bisa memulai dengan yang mudah saja. Yang biasa-biasa yang mana pohon yang asli ada di sekitar kehidupan kita, sepert pohon asam, jeruk, manga, jambu atau yang lainnya. Yang tidak mungkin kita tanam di kebun, tapi bisa dikecilkan (dibikin bonsai)

Okay….Banyak sudah yang Dj. pamerkan, dengan harapan mudah-mudahan anda mau menghijaukan lingkungan dimana kita hidup dengan memulai menanam satu pohon. Siapa tahu anda akan menyukai dan satu saat akan lebih banyak lagi menanam pohon, apakah itu berbentuk bonsai atau tanaman di halaman rumah anda.

Mohon maaf bila banyak kata-kata yang tidak berkenan. Terimakasih kepada anda semua yang sudah memberi perhatian akan oret-oretan yang sederhanya ini. Terimakasih kepada pangesuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita selamanya.

 

Salam manis dari Mainz.
Dj. 813

bonsai19

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *