Panas di Mainz

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUANYA YANG BERBAHAGIA . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa yang indah ini….Yuuuuup….!!!

Mainz, telah dilanda udara yang cukup panas…Dua minggu lalu udara masih cukup dingin, tahu-tahu hari Kamis minggu lalu suhu naik menjadi 24° C. (Kata meteorologi di TV). Waaaaaaw… sungguh menyenangkan dan jelas, kalau suhu begitu bagus, pasti kota Mainz, terutama di pinggir sungai Rhein akan sangat rame. Selain orang Mainznya sendiri, juga pasti akan banyak turis.

Walau tanggal 4 bulan Juni adalah hari libur di Jerman, yaitu hari besar umat Katholik, yang disebut Fronleichnam, entah apa dalam bahasa Indonesianya. Mungkin umat Katholik, lebih paham daripada Dj. Okay, hari itu adalah hari libur dan setelah makan siang, maka kami berencana untuk jalan-jalan ke dan di kota Mainz untuk sekedar menikmati suhu yang hangat dan juga makan es Grimm…. Hahahahahahaha….!!! (Makan es Grimm saja cerita….. biarin saja… Hahahahaha….).

Kami hanya berdua jalan kaki ke kota dan benar dugaan Dj. banyak sekali orang di luar rumah, walau hari itu hari besar dan tidak ada toko sama sekali yang buka, kecuali Restaurant dan Cafe.

Baiklah, kami pun sengaja berjalan kaki ke kota, karena dari tempat kami tinggal, kalau ke kota, jalannya hanya menurun, tapi ya cukup jauh juga, sekitar 4 – 5 Km. Tapi kami dihibur dengan suasana yang hangat dan pemandangan yang cukup indah…

Seperti bunga di taman kota….

panas-di-mainz01 panas-di-mainz02

Kami juga melalui Museum Gutenberg, yaitu Museum dimana Gutenberg mencetak Alkitab yang pertama kali yang diterjemahkan Martin Luther.

panas-di-mainz03 panas-di-mainz04

Ya… kadang kami melewati juga air mancur yang ada di tengah kota.

panas-di-mainz05 panas-di-mainz06

Sesampai kami di pinggir sungai Rhein, maka tenggorokan terasa haus sekali, karena suhu terasa sangat panas, mungkin juga karena kami jalan kaki, jadi semakin panas terasa di badan.

Melihat Allee yang begitu rindang, namun udara tetap terasa panas…

panas-di-mainz07

Ingin beli es Grimm dan makan sambil jalan kaki, tapi lihat yang antri banyak, sudah bikin malas duluan…

panas-di-mainz08

Udara terasa sangat panas dan kelihatan banyak yang berteduh di bawah naungan pepohonan sambil menikmati udara dari Rhein…

panas-di-mainz09

Melihat beberapa motorboat yang bersliweran ke kiri dan ke kanan….Betapa bahagianya mereka yang bisa menikmati udara panas dengan angin yang menyapu wajah…

panas-di-mainz10 panas-di-mainz11

Di seberang sana, terlihat ada pantai bikinan, agar tamu yang di Cefe bisa menikmati seolah di satu pantai beneran….Hahahahahahaha…… Kasihan ya, karena Mainz memang sangat jauh dari pantai, jadi dibikin pantai bikinan sendiri dan bukan asli. Yang penting, mereka bisa menikmati matahari dan berjemur di atas pasir… walau hanya beberapa minggu saja….. Hahahahaha….

panas-di-mainz12

Namun demikian, tetap saja di bawah pengawasan Polisi, karena di hari yang panas, kadang ada juga anak-anak muda yang nakal. Apalagi, karena haus dan mereka banyak minum bier, bisa jadi mereka bikin ulah yang bukan-bukan. Olehnya pak polisi juga selalu siap untuk menjaga, agar suasana tetap tenang dan nyaman.

panas-di-mainz13

Saat kami asyik mencari Cafe, karena memang tidak mudah, di hari yang panas seperti hari ini, hampir semua Cafe penuh..Kami lewat salah satu Apotheke dan kami cukup kaget, ternyata suhu sudah mencapai 27°C. Waaaaaw…. menyenangkan….!!!

panas-di-mainz14

Puji TUHAN . . . !!! Akhirnya kami bisa mendapatkan tempat di salah satu Cafe…Walau harus bersabar untuk memesannya, karena pelayan cukup sibuk dengan banyaknya tamu.

panas-di-mainz15

Akhirnya kami boleh memesan dan Susi memesan Es Grimm coklat dengan Strawberry dan sedikit Bailey…..

panas-di-mainz16

Dan Dj. yang kehausan, lebih memilih es Grimm coklat dengan susu saja…

panas-di-mainz17

Waaaaaw… tenggorokan terasa sangat sejuk saat es Grimm yang lewat di tenggorokan Dj. Halleluya . . . !!! Sambil menikmati es Grimm, kami berdua banyak ngobrol dan tertawa….Karena tanpa sadar, dari tempat kami duduk, kami melihat tempat di mana kami dulu (40 tahun yang lalu), bertemu….Lucu, kenangan lama muncul dan kami saling melihat dan tertawa….. Saling mengingatkan….Dj. berkata…. ingat dulu kamu bersama 1 teman wanita duduk di bangku situ, menunggu Discothek buka…. Hahahahahaha….!!! Perempuan muda berambut pirang dan panjang… Dj. hanya melongo dan berkata Waaaaaaw….!!! Tanpa macam-macam, sangat sederhana…. tapi cantiiiiik….!!!

panas-di-mainz18

Setelah puas dengan istirahat, makan es Grimm dan banyak cerita berduaan saja, maka kamipun pulang / kembali ke rumah.

Hari Jumat tanggal 5 Juni, ternyata suhu sempat naik sampai 32° C dan katanya, hari Sabtu akan naik sampai 36°C.
Sungguh menyenangkan, tapi tanggal 6 pagi sudah hujan dengan petir, olehnya siang sudah sangat lembab.

Dan itulah tadi sedikit berita dari Mainz, semoga berkenan….Mohon maaf bila oret-oretan tentang bonsai ditunda sampai minggu depan.

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya, juga terimakasih Baltyra yang sudah selalu menayangkan oret-oretan Dj. Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menyertai kita semuanya.

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

panas-di-mainz19

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *