Bonsai Kelompok (Cypress)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA YANG BERBAHAGIA . . . .

Seperti yang Dj. janjikan minggu lalu, kali ini Dj. ingin mengajak anda yang” mungkin” tertarik untuk menanam tanaman. Banyak macam tanaman yang bisa kita tanam, baik di kebun, maupun di pot, bila anda tidak memiliki kebun.

Okay, Dj. kali ini ingin mengajak anda menanam pohon mini yang terkenal dengan nama “Bonsai”. Bukan Dj. ingin menulis tentang bonsai, tapi sedikit memberi saran bila anda memerlukannya. Kata “Bonsai” berasal dari bahasa Jepang dan dalam bahasa Chinanya “Pun sai” yang artinya pohon di dalam pot. Jadi, bila anda memiliki tanaman (Pohon) di dalam pot, itulah bonsai….Bonsai sudah terkenal berasal dari China dan berkembang di Jepang.

Memelihara bonsai adalah satu seni tersendiri, walau tidak sedikit yang menentang, karena mereka melihat, bahwa tanaman tersebut seperti disiksa. Namun bila kita mengenal, bagaimana merawat bonsai, maka kita akan mengerti, bahwa pemilik bonsai, adalah orang yang paling banyak meluangkan waktu untuk hobby nya. Dan sangat menyayangi bonsainya, apalagi kalau bonsai tsb sudah puluhan tahun dipeliharanya.

Okay, di atas tadi hanya sekedar perkenalan dengan bonsai dan sekarang Dj. akan mengajak anda untuk mengenal bonsai dan bagaimana kita bisa memelihara dan merawat bonsai. Banyak teori yang ditulis di sekian banyak Literatur dan kita bisa banyak belajar dari teori-teori tersebut, namun guru yang baik adalah pengalaman sendiri. Karena teori yang ditulis di bukupun, ya dari pengalaman si penulis tersebut.

Ada macam-macam bonsai dan bermacam-macam bentuk dan semua itu tergantung selera kita masing-masing. Dulu Dj. sangat suka dengan bentuk Bunjingi yang menjulur seperti tiang dan hanya di sebahagian ujungnya saja yang berdaun, sedang batangnya panjang. Maaf Dj. tidak tahu bahasa Jepang, mungkin Cak Doel atau mbak DA yang ahlinya, bisa menjelaskan, mengapa demikian.

bonsai01 bonsai02

Kemudian Dj. juga senang dengan bantuk Kaskade (Cascade), bentuknya seperti air terjun. Dimana dia akan tumbuh sedikit ke atas, tapi kemudian dibentuk untuk tumbuh ke bawah, seperti bonsai hibiscus (bunga sepatu) ini.
Yang sudah Dj. rawat sejak dia kecil dan sudah puluhan tahun.

bonsai03

Bahkan pernah satu dahannya patah dan sungguh sangat menyedihkan. Tapi dengan sedikit kesabaran, Dj. rawat dan Dj. ikat dengan kawat, maka dia bisa kembali. Walau bekas luka patah, tetap kelihatan…. tapi dengan demikian, maka bonsai tersebut semakin indah, anda bisa saksikan batang yang sudah tua dan indah.

Kalau Dj. lepas kawatnya, diapun sudah kuat, tapi dengan kawat tersebut, mengingatkan Dj. bagaimana dia dulu patah dan bahkan lunglai. Antara harus dipatahkan atau mungkin bisa diselamatkan. Puji TUHAN . . . !!! Tangkai yang patahpun kembali segar dan bahkan mengeluarkan kuncup daun baru, ya… bahkan bunga, seperti yang anda lihat sendiri.

bonsai04 bonsai05

Di bawah ini juga satu bentuk Kaskade yang hidup di atas batu.

bonsai06

Bonsai-bonsai tersebut masih sampai saat ini dalam perawatan Dj. Namun, beberapa tahun ini Dj. mulai mendalami bonsai berkelompok (bentuk hutan). Jadi dalam 1 pot ada beberapa pohon dan biasanya dalan jumlah ganjil (3, 5, 7, 9, 11 dst.). Dan bonsai dalam bentuk hutan ini, sedikit berbeda dengan kalau kita foto bersama (rame-rame). Saat foto bersama, maka yang merasa dirinya kecil, aka berdiri di depan, agar tidak tertutup oleh yang tinggi besar. Tapi bonsai kelompok, adalah sebaliknya, pohon yang kecil, kita tempatkan di paling belakang, agar yang kecil di belakang terlihat jauh (Panorama).

Okay, kita masuk dalam praktek. Seperti minggu lalu, Dj. sudah perlihatkan bonsai kelompok dengan beberapa pohon asam. Sekarang Dj. akan ajak anda melihat bonsai yang telah Dj. tanam berkelompok yang lain di satu pot.
Pohon cemara atau dalam bahasa Jerman Zypresse (Cypress) dan bukan Cemara (Pinus Pentapholla).

Cypress dengan keadaan yang sebenarnya di natura.

bonsai07

Karena Cypress lebih kurus dibanding Pinus yang akan sangat rimbun, maka Cypress lebih baik kelompok. Dj. sediakan beberapa pohon kecil atau yang masih sangat muda.

bonsai08

Dj. sudah sediakan pot yang cukup besar (lebar), agar bisa menanam banyak Cypress. Maaf, ini pot sudah Dj. bubuhkan tanah, tapi lupa ambil foto, jadi tanahnya Dj. keluarkan lagi… Hahahahahaaha….!!!

bonsai09

Setelah pot bonsai diisi dengan sedikit tanah, maka kita mulai memikirkan pohon yang mana dan akan ditanam dimana.

bonsai10 bonsai11 bonsai12

Setelah yakin, maka bisa kita mulai melepas setiap tanaman kecil dari potnya yang terbuat dari plastik…Dan memotong sebahagian akarnya, agar di tempat yang baru, akan tumbuh juga akar yang baru yang akan membikin pohon tersebut semakin kuat. Tapi jangan lupa tanah dan akar pohon muda ini harus dibasahi, agar lebih cepat bertumbuh.

bonsai13

Setelah semua tertanam, maka kembali tanah harus disiram agar pohon muda tidak kekeringan dan mati.

bonsai14

Anda bisa mendekor dengan membubuhkan batu, agar kelihatan lebih natur lagi. Dan bisa terlihat dimana di tanah sudah tumbuh tanaman liar, dengan demikian kita melihat, bahwa usaha kita berhasil, karena Cypress hidup dan bertumbuh….

bonsai15

Jelas, Dj. dari waktu ke waktu juga harus merawat, membersihkan tumbuhan yang lain yang hanya akan mengganggu pemandangan.

bonsai16

Bahwa hal ini tidak berarti behenti, selain Dj. harus rajin menyiram dengan air, juga di musim panas setiap 2 minggu harus dipupuk dengan pupuk cair yang lebih mudah dan winter 6 minggu sekali. Karena Cypress, walau dia kuat melalui musim dingin, tapi dia tetap hidup dan daunnya tidak rontok, seperti saudara-saudaranya pohon yang lain di luar sana.

Di Jerman atau di Eropa pada umumnya, ada banyak macam Cypress dan ini salah satunya dan ada juga “Gold Cypress”. Juga sangat indah, bahkan lebih terlihat terang, karena daunnya sedikit lebih terang.

bonsai17

Di tengah, adalah Gold Cypress yang waktu itu masih belum lama Dj. tanam. Juga sebelah kiri terlihat bonsai pohon buah zaitun yang hanya batang dan sedikit daunnya di bahagian atas. Sekarang anda lihat perbedaan dengan foto di bawah ini.

bonsai18

Gold Cypress yang tadinya kurus, sekarang sudah tumbuh subur dan sebelah kiri, bonsai pohon zaitun pun sudah
mengeluarkan tangkai yang baru.

bonsai19 bonsai20 bonsai21 bonsai22

Dan di belakang Gold Cypress, anda lihat satu bonsai yang cukup besar yang umurnya sudah di atas 40 tahun. Yang terkenal dengan kulit batangnya yang memutih setelah tua dan kelihatan semakin indah.

Okay….

Dj. rasa banyak sudah yang Dj. ceritakan dan semoga minggu depan bisa menceritakan selanjutnya. Semoga apa yang Dj. tulis di atas, sedikit ada gunanya.

Mohon maaf, bila banyak kata-kata yang tidak berkenan dan Terimakasih untuk perhatian anda semuanya.
Terimakasih juga kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Semoga Kasih dan berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz.
Dj. 813

bonsai23

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

4 Comments to "Bonsai Kelompok (Cypress)"

  1. triyudani  29 June, 2015 at 14:22

    Salah ketik mas Dj.Maaaaf….sing jenenge ono kus e pancen uuayu ayu.Hibiscus , discus ( iwak discus),koncoku sing jenenge Kusmariyati yo uuuayu lo .Tak ke alne mau ta ,hehe guyon….

  2. triyudani  29 June, 2015 at 14:15

    Mas Dj aku salah ketik.La dicium bibi lak enak to.Opo meneh yen bibine jik nom tur semok hahaha.

  3. Dj. 813  28 June, 2015 at 23:23

    Puji TUHAN . . . ! ! !
    Akhirnya baltyra bisa kembali sehat….!!!
    Terimakasih dimas Josh Chen….!!!

    Terimakasih mbak Tree untuk komentarnya…
    Bukan bibikus mbak, tapi hibikus….
    Bibi itu tante dan kus itu dalam bhs Jerman = Cium
    Jadi, kalau bibikus, jadi ciuman bibi…. Hahahahahahaha…!!!
    Salam manis dari Mainz.

  4. triyudani  28 June, 2015 at 08:35

    Wuiiiiih.cantik- cantiknya bonsainya mas Dj…
    Paling suka yang bibiscus ,sungguh indah.Small but. Beautiful

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.