The Fourth of July

Dian Nugraheni

 

“Bayi Ibu belum menempati posisi yang seharusnya, kalau dilihat dari usia kandungan Ibu. Tapi bayinya kok ya kecil sekali, apa benar Ibu nggak salah hitung, kapan mens terakhir waktu itu..bla..bla..bla..” Aku cuma mikir, gimana bayiku kecil wong aku aja naik berat badan 24 kg…

Sungsang, itu kata orang Jawa ketika menyebut bayi yang harusnya sudah mapan dengan kepala di bawah, tapi ternyata kepala bayi masih di bawah dada.

“Ngepel, nungging, kalau sembayang sujudnya yang lama, biar bayinya muter, dan nggak perlu operasi (sesar)…,” kata salah satu tetua di sekitarku. Aku lakukan juga, tapi setiap habis nungging lama, bayiku malah nggak gerak, dan itu sangat membuatku khawatir, tentu saja.

Akhirnya aku putuskan, bahwa aku nggak akan nungging-nungging lagi, sudah, sesar aja..

Malam itu, belum jadwalnya aku operasi sesar, hanya akan general check up, lalu besok, atau besoknya baru akan operasi, tapi ternyata malam itu detak jantung bayiku sudah melebihi batas normal, dan dokter bilang, “saya geser semua pasien yang akan operasi malam ini, Ibu duluan, harus..”

Bla..bla..bla.., serba geradak-geruduk, dan akhirnya memang malam itu aku dioperasi sesar. Entah kenapa juga, sebelum jatahnya “bangun’ aku sudah teriak-teriak, alias siuman terlalu cepat.

4 Juli malam itu, Alma kecil, yang emang sangat kecil, cuma 2.65 kg dikeluarkan dari perutku dengan sayatan indah vertikal di bawah udel. Ternyata dia, plus plasentanya kejiret-jiret alias ketali-tali dalam perutku, pantesan dia nggak bisa muter.

ultah01 ultah02 ultah03

Dan, si bayi kecil itu sekarang sudah tak kecil lagi. Dia happy karena ulang tahunnya di Amrik selalu diperingati seluruh negeri, dengan kembang api besar setiap tahunnya sebagai The Independence Day-nya negeri Paman Sam.

Okaylah Almasita, selamat ulang tahun ya Nak. Sehat selalu, panjang usia, menjadi anak yang beruntung dan selalu diberi perlindungan oleh Allah Swt, Tuhanmu. Mamah, termakasih banyak ya, selama ini kamu selalu memperlakukan Mamah dengan sangat sabar dan manis budi, Mamah hampir tak percaya, ada anak sesabar kamu..

Foto : Tiup lilinnya nunggu buka, jam 8.38 menit, wajahnya sudah pada lemes yaa..he..he….Yuuk, terusin buka dulu yaa…

 

 

8 Comments to "The Fourth of July"

  1. J C  15 July, 2015 at 05:28

    Dian, tolong sampaikan ucapan selamat ulangtahun untuk Alma ya… aku selalu suka baca tulisan-tulisanmu di perantauan seperti ini. Sangat banyak pelajaran kehidupan dan keberagaman untuk kita semua…

  2. Dj. 813  10 July, 2015 at 23:39

    Almasita, selamat ulang tahun ya Nak. Sehat selalu, panjang usia, menjadi anak yang beruntung dan selalu diberi perlindungan oleh
    Many happy return on your Birthday and may GOD bless you….!!!
    Salam,

  3. Handoko Widagdo  10 July, 2015 at 20:17

    Selamat ulang tahun Alma. Cepat besar dan pulang ke Indonesia. Jadilah Ketua KPK anakku.

  4. Lani  10 July, 2015 at 16:03

    Happy B-day Alma yg ke 14………and Happy B-day America, negeriku ke dua

  5. Lani  10 July, 2015 at 16:01

    JAMES : mahalo absenannya udah diborong semuanya ya? aku telat lagi neh

  6. donald  10 July, 2015 at 15:38

    ‘Met Ultah ya adik Alma…. Jadi pengen nasi kuningnya…. Hehee…..

  7. djasMerahputih  10 July, 2015 at 12:20

    Doea: Happy birthday Alma… and Uncle SAM…
    Wish you all the best…!!

    Salam dari tanah air dan Aunt PERTIWI…

  8. james  10 July, 2015 at 10:41

    1…….tiup lilin para Kenthirs…..nomor satunya diborong semua hari ini

    happy Birthday Almasita happy birthday USA

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *