Menunggu Bajingan Lewat

Fire – Yogyakarta

 

Minggu pagi itu saya bermaksud ke Lapangan Sultan Agung di Bantul untuk menyaksikan sebuah event menarik. Tapi sebelumnya mampir dulu ke rumah seorang sahabat berdiam tak jauh dari situ.

Karena keasyikan mengobrol, akhirnya terlupa, dan saat kami beranjak karnaval sudah hampir berjalan. Kami pun tidak jadi menuju ke lapangan, karena jalan ke lapangan sudah ditutup untuk rute karnaval. Akhirnya kami menunggu di jalan yang menjadi bagian rute karnaval tersebut.

“Sudah lama, Pak, nunggunya …”
“Belum, Mas, baru sak-udutan …”

B1

Lewatlah sekarang, konvoi sapi-gede .. Kan sapi-nya memang gede-gede, kalo masih kecil namanya pedhet …

B2 B3

“Lho, mikirin apa, Bu?”
“Mikir negoro … Rego-rego mundhak. Tensi-ku melu mundhak …”
“Hati-hati, Dik, pegang pecutnya, mbesok gedhe mau jadi juragan sapi?”
“Emoh … Aku mbesok gedhe mau jadi tukang perahu, bayarane satus sewidak ewu …”
(rego=harga, melu=ikut, mundhak=naik)

B4

Welhadalah … kok sapi-nya malah salip-salip-an, kepriben jal? Apa sapinya lagi galau? Ingatlah, sesama bajingan dilarang saling mendahului …

B5

Nah, mbok kayak yang ini, jalan pelan-pelan, banyak anak-anak … Siapa tahu dapat tawaran casting buat syuting sinetron Tersandung episode 212. Tersandung opo? Tersandung tlethong sapi …

B6

“Pak, selesai karnaval jangan pergi dulu, ya, saya mau selpie …”
“Inggih, Bu, saya nggak kemana-mana kok …”

“Bukan sama njenengan, saya mau selpie sama sapinya ….”

B7

“Mboke, kapan kita nyampe Pakem …”
“Sabar, yo, Le … Doakan saja, Bulik Mugiyem enggal waras ….”

B8

Sabar ya … antri di belakang sapi … nggak tiap hari …

B9

Kecil-kecil sudah jadi bajingan …

B10

Gembira betul, pake dadah-dadah …

B11

“Gimana, Le, sudah di-upload ke instagram …”
“Belum, Eyang, masih lelet ….”
“Kok koyo sapiku, nganggo lelet barang …”

B12

Sapinya hitam-putih …

B13

Sapine Mbah Sukir tepos …. Tapi menurut Anoew van Dingklik sapinya seksi …

B14

Bresss … sapinya pipis … kalo ditampung bisa penuh satu galon akua kayaknya … Enaknya jadi sapi nggak perlu ngampet, langsung “to-the-point” …

B15

Lho, penumpangnya mana …?

B16

Tulisannya “gerobak family”, tapi penumpangnya kok cuman siji …”

B17

Wah, ini “korlap” karnaval kayaknya, meluruskan sapi yang mbalelo …

B18

Nah, kalo ini kayaknya bajingan “tembak”.

B19

Gerobagnya cilik, sapinya gedhe …

B20

Sapine lemu ginak-ginuk, githoke punuk, wetenge njembluk …

B21

“Pengen opo, Pak?”
“Pengen njenggung ndasmu …”

B22

Pecute mobat-mabit, anune yo mobat-mabit, maksude … buntute sapi sing mobat-mabit …

B23

Numpak sapi opo numpak sepur? Kok ngebul terus ….

B24

“Jangan sedih ya, Dik, minggu pagi ini nggak bisa nonton Sinchan n Doraemon … “
“Nggak, Mas, saya biasanya nonton Unyil sama Ria Jenaka …”
“Lah …. kuwi ngono jamanku ….”

B25

Ini ngantuk apa kelilipan entut sapi …?

B26

“Hati-hati Dik, nyengklak di belakang, nggak takut jatuh …?”
“Nggak, saya cuma ikut-ikutan Mbokdhe Elnino … tapi saya nggak ikutan nyolong tebu ..”

B27

“Kok pake kacamata item, Pak?”
“Biar nggak ketauan kalo ngelirik turis Kona yang pake kiwir-kiwir …”
“Wah, itu sapinya ngelirik .. Bahaya, turisnya bisa diambung nanti …”

B28

“Merdeka ….”
“Emohhh …”
“Merdeka ….”
“Emohhh …”
Wooo … sapinya belum merdeka … Kalo sapinya merdeka, bisa-bisa gerobaknya mblandhang …

B29

Senangnya naik gerobak sapi. Pada hari minggu kuturut ayah ke desa. Naik gerobak sapi, ku duduk di muka.

B30

Gerobag ini penuh asesori. Lho, itu tampahnya Yu Mberok kok katut …? Segera balikin, ntar Yu Mberok telat kulakan bakwan ke Demangan …

B31 B32

Ada “Makarti roso manunggal”, ada “Manunggal lestari”, ada “Guyub rukun Bantul”. Bermacam-macam tapi rukun semua, kayak Baltyra, cuma beda dikit. Kalo Baltyra bermacam-macam, tapi kenthir semua …

B33 B34 B35 B36

Usai konvoi berlalu, tiba saatnya laskar kebersihan beraksi …

B37 B38

Wehhh … lha jebulnya masih ada satu yang ketinggalan malah pringas-pringis… Sapinya ngambek yak … gagal move-on … Telat boleh tapi sapinya jangan boleh ngising ya … tadi jalannya sudah terlanjur digebyur …. Dan lewatlah bajingan terakhir …

B39

 

 

About Fire

Profile picture'nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi. Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

14 Comments to "Menunggu Bajingan Lewat"

  1. Nur Mberok  22 September, 2015 at 20:27

    Kang payer tlg terjemahkan ng***ng artinya apahhhh ? Je suis france….

  2. J C  21 September, 2015 at 13:42

    Huahahahaha…aku jiaaannn gulung koming baca istilah-istilah yang hampir punah: “jenggung”, “katut”, “mblandhang”, “nyengklak”…hahahaha…dan kok iso dapat wangsit foto-foto parade para bajingan gini…

  3. Dewi Aichi  21 September, 2015 at 08:53

    Kalau pas di Lapangan Denggung..diliput ya mas Fire…!

  4. Fire  21 September, 2015 at 04:08

    betul mbak alvina masak karnaval sapi di kona
    yu lani dilirik sapi
    bulik aichi mben tahun ada karnaval rutin
    ok om jas

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.