Tinjauan dari Aspek Hukum: Condotel sebagai Alternatif Investasi

Law Office Jun Cai & Partners

 

Pada zaman ini condotel tengah naik daun karena merupakan salah satu alternatif investasi paling menarik di pasar real estate. Oleh karenanya semakin banyak investor yang tergiur dan berpacu berinvestasi lewat sarana condotel. Melalui condotel ini Para Investor dapat memiliki unit/condominium seperti layaknya hotel bintang 5 sekaligus memperoleh income pasif dari penyewaan condotel tersebut. Oleh karenanya pembangunan dan penawaran condotel tengah melejit, beragam penawaran yang dilakukan oleh pihak properti, hal tersebut disesuaikan dengan strategis lokasi, fasilitas, terutama harga jual yang ditawarkan hal tersebut merupakan bentuk kreativitas Para Pengembang. Sebelum memutuskan berinvestasi properti condotel ada baiknya lebih dulu mengetahui apa yang dimaksud dengan condotel?

condotel3

Kerap kali orang menafsirkan konsep condotel sama dengan apartemen, namun konsep investasi condotel sangat berbeda dengan konsep investasi apartemen. Condotel (condominium hotel) merupakan produk investasi yang menawarkan model pemilikan unit condominium untuk dikelola seperti hotel, dimana investor tidak perlu repot memikirkan cara mengoperasikan bahkan mencari penyewa karena setiap unit yang telah dibeli akan dikelola oleh operator hotel.

Sedangkan konsep apartemen merupakan unit yang dihuni dan/atau disewakan sendiri oleh pemiliknya. Itulah mengapa sering muncul pertanyaan “MENGAPA PERLU MELIRIK BISNIS CONDOTEL?” Jawababnya adalah karena konsep investasi condotel berbeda dengan konsep investasi rumah tinggal (landed house), dimana investor condotel lebih mengedepankan keuntungan rutin dari nilai sewa perunit, sedangkan investor rumah tinggal (landed house) lebih mengedepankan keuntungan modal dari kenaikan harga jual rumah.

Oleh karena semakin berkembangnya dan semakin banyaknya investor condotel, maka perlu dihimbau kepada setiap Calon Investor untuk memperhatikan hal-hal yang penting sebagai bahan pertimbangan agar investasi condotel tersebut dapat menguntungkan, yakni: Lokasi (letak strategisnya codotel/pada pusat kota) dan/atau potensi daerah sekitar, Konsep/Design bangunan Condotel, Pengembang/Developer Condotel, Kelengkapan Fasilitas Yang Disediakan, Cara Pengelolaan Hotel dan Status Kepemilikan Atas Condotel. Beberapa hal-hal tersebut kerap kali menjadi bahwan pertimbangan Calon Investor sebelum membeli condotel.

condotel

Di samping itu Calon Investor wajib untuk memperhatikan Perjanjian Pengikatan Jual Beli dan Perjanjian Investasi, dimana dalam perjanjian wajib mencantumkan objek perjanjian (lengkap dengan unit dan luas), harga jual serta prosedur pembayarannya, jangka waktu penyelesaian pembangunan (karena kerap kali penawaran/pemasaran terjadi sewaktu condotel masih dalam proses pembangunan), proses serah terima secara fisik, penalty keterlambatan pembayaran serta keterlambatan penyelesaian pembangunan termasuk di dalamnya keterlambatan dalam serah terima fisik unit yang dibeli, kesepakatan dalam hal pembatalan perjanjian yang mungkin terjadi sewaktu-waktu, penanggulangan saat keadaan mendesak (force majeure) dan domisili hukum jika sewaktu-waktu terjadi perselisihan antara Investor dengan Pengembang/Developer.

Agar formula perjanjian lebih lengkap, perlu juga ditambahkan klausul mengenai Keuntungan Hasil Operational Condotel, dimana keuntungan wajib diperoleh Investor selaku pemilik dari condotel tersebut. Adapun pembagiannya tergantung dari kesepakatan antara Investor dengan Pengelola Hotel, namun pada umunya besarnya pembagian tersebut adalah sebesar 8% – 12% per tahun dari harga pembelian.

Hal-hal tersebut di atas, dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan bagi Calon Investor yang berminat untuk berinvestasi dengan condotel serta setiap klausul dari perjanjian harus disepakati dan tidak merugikan salah satu khususnya bagi Calon Investor yang baru terjun pada investasi condotel.

 

 

6 Comments to "Tinjauan dari Aspek Hukum: Condotel sebagai Alternatif Investasi"

  1. Evi Irons  28 September, 2015 at 08:11

    Setelah 5 tahun saya baru pulkam lagi, daerah Jakarta bertaburan Condotel/Apartemen, bakalan rumah kampung tergusur.

  2. Lani  21 September, 2015 at 23:09

    Hal baru disini, tp bukan baru lagi diluar sana, terutama didaerah tujuan wisata, banyak org memiliki condotel sbg investment.

    Jelas banget lurah Baltyra hrs cari info dlm bidang ini, krn sedang berkiprah dibidang property

  3. Dj. 813  21 September, 2015 at 21:54

    Selamat membeli condotel . . .

  4. James  21 September, 2015 at 16:23

    hadir doang sembari absenkan Para Kenthirs yang belum muncul

  5. donald  21 September, 2015 at 15:07

    Dalam situasi terkini, mungkin saja investor masih menunggu… Apalagi condotel.

  6. J C  21 September, 2015 at 13:43

    Kalau aku butuh advice untuk urusan begini, tak akan lupa dengan dirimu…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.