Film Arab ‘Ailia Juarai Festival Perdamaian IFFPIE 2015

Ratman Aspari

 

Film Arab ‘Ailia Juarai Festival Perdamaian IFFPIE 2015 di Jakarta – Hari Perdamaian Sedunia

JAKARTA – Pada hari Perdamaian Sedunia yang jatuh pada, Senin (21/09), International Film For Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE) telah menjatuhkan pilihannya kepada film ‘Ailia’ sebagai pemenang secara keseluruhan (Overall Winner). Film ini disutradarai oleh Sameh Salem yang berasal dari Arab. Film berdurasi 19 menit ini bercerita tentang dua anak kecil. Satu anak berasal dari Palestina dan satunya dari Israel mereka dipertemukan saat memperebutkan lukisan tentang lahan mereka. Namun pertemanan mereka harus hancur saat mereka mulai memperebutkan lahan siapa milik siapa.

IFFPIE2015 (1)

Damien Dematra selaku founder serta director dari IFFPIE mengatakan terpilihnya Ailia sebagai pemenang utama karena film ini membawa orang lain masuk ke pikiran anak kecil yang hanya menginginkan perdamaian. Ditambah lagi sinematografi yang menakjubkan untuk film ini menjadi nilai plus dan acting dari kedua anak ini juga sangat menyentuh hati. Diharapkan film ini dapat menggerakan hati para pemimpin dunia untuk memperjuangkan perdamaian.

Di samping itu IFFPIE memberikan penghargaan Man of Isnpiration 2015 kepada Presiden ke 39 AS, Jimmy Carter. Selain itu IFFPIE juga menagnugerahkan penghargaan Man of Peace 2015 kepada mendiang Paus Yohanes II lewat film John Paul II in America: Uniting a Continent. Penghargaan ini diberikan karena meskipun sang mendiang Paus telah meninggal dunia namun hingga kini ia terus menginspirasi dunia dan khususnya tahun ini lewat film tentang beliau. IFFPIE juga memberikan penghargaan Special Jury Award kepada: Andy Garcia, Alice Krige, Guy Davidi, Robin Shou dan Leverne Ann McDonnel.

IFFPIE2015 (2)

Bersmaan dengan festival perdamaian tersebut dilaksanakan juga World Humanitarian Award (WHA) yang memberikan penghargaan Film Terbaik (Best Film) kepada film Adolfo Esquivel : Rivers of Hope.

Film ini merupakan film documenter tentang perjuangan peraih penghargaan Nobel Perdamaian : Adolfo Perez Esquivel dalam memepertahankan Hak Asasi Manusia (HAM). Film ini disutradarai oleh seorang aktivis wanita bernama Dawn Engie yang pernah dinominasikan sebanyak 15 kali untuk meraih Nobel Penghargaan Perdamaian.

Di samping Adolfo, WHA juga memberikan penghargaan kepada: Dennis Ridman, Leonardo DiCaprio, Group Musik Pearl Jam dan U2.

Kedua festival berskala internasional tersbeut juga bekerjasama dengan International Film Competition Festival (IFCOM) yang telah menjatuhkan pilihan film Terbaik (Best Film) kepada film Nathan East: For the Record yang disutradarai oleh Chris Gero seorang produser terkenal yang pernah mendapatkan nominasi Grammy. Film ini merupakan film documenter tentang perjuangan Nathan East, seorang pemain bass internasional saat sedang menyiapkan album perdananya yang saat rillis langsung mencapai posisi pertama selama 34 minggu dalam Billboard’s Contemporary Jazz Album chart.

IFFPIE2015 (3)

IFCOM juga menganugerahkan penghargaan kepada sederet selebritis internasional, Eric Clapton, Quincy Hones II, Phil Collins, Lionel Richie, Kenny Loggins, Vince Gill, David Foster, Don Was, Dave Koz, Richard Marx, Al Jarreau, lee Ritenour, Kennet ‘Babyface’ Edmonds, Sara Bareilles dan Patti Austin.

Di puncak acara hari Perdamaian ini diluncurkan Official Album World Peace and Humanitarian dengan judul ‘One Love’ yang dinyanyikan oleh Natasha Dematra. Natasha sendiri telah meraik lebih dari 40 penghargaan internasional dalam bidang tarik suara, penyutradaraan, acting dan aktivitas kemanusiaanya. Penghargaan-penghargaan itu diperoleh karena Natasha dianggap sebagai anak muda dengan prestasi yang sangat luar biasa untuk memperjuangkan perdamaian dengan cara-cara kreatif.

Acara yang dihelat di Planet Holywood XXI, Jakarta ini dihadiri oleh banyak nama dari dalam negeri maupun luar negeri. Ibu Lily Wahid, Sinuhun Tedjowulan, Ibu Niken Widiastuti (Dirut RRI), Ibu Dedeh Kurniasih (Sekjen DKR), Imam Suroso (DPR), Kang Jalaludin Rahmat (DPR), Arie Ramadhani (Ketua I-Hebat), Robin Shou (Akctor Holywood), Allice Krige (aktris Hollywood), Erna Santoso, Roro Fitria, Febry 9Ketua Umum KFT), Paduan Suara, Abah Ukam dan amsih banyak lagi selebritis dalam negeri dan sutradara-sutradara dari berbagai penjuru dunia.

Festival-festival ini didukung sepenuhnya oleh Dewan Kreatif Rakyat (DKR), Relawan Indonesia Hebat, Russian Culture Center, World Film Council,Film Festival Alliance, Cinema XXI, Kemenpora, Yayasan Peduli Anak Indonesia (PENA), Yayasan Solidaritas Artis Indonesia dan Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai media partner secara nasional maupun internasional/

 

(ratman)

 

 

3 Comments to "Film Arab ‘Ailia Juarai Festival Perdamaian IFFPIE 2015"

  1. J C  9 October, 2015 at 18:13

    Ikut menyimak… terima kasih info dan beritanya…

  2. Lani  1 October, 2015 at 00:34

    Komentarnya idem dito sama mas DJ, sama sekali tdk melek soal perfilm-an, tp terima kasih atas sharingnya

  3. Dj. 813  29 September, 2015 at 17:40

    Mas Ratman Aspari . . .
    Terimakasih untuk artikelnya .
    Kalau mengenai perfilman, Dj. nyerah, karena tidak peprnah lihat film.
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam Sejahtera dari Mainz .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.