[Happy Tuesday] Naga

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

N A G A…

Satu kata yang duluuuu…saat Dj kecil, paling Dj. takuti. Kalau semua saudara ingin lihat Lhiyong (begitu kami anak-anak di Semarang menyebut Lhiong, atau barongsai), kalau ada pesta Tahun Baru China di kota Semarang.

Sampai sekarang Dj. masih kurang mengerti, apakah yang dimaksud dengan Lhiyong itu Liong atau Lion (singa).
Mungkin dimas Josh Chen yang juga orang Semarang, lebih mengerti, mengapa disebut Lhiyong. Karena saat pesta Barongsai, ada Naga yang panjang dan ada juga Singa atau macan nya, tapi Dj. tidak akan membahas hal itu.

Tapi dengan berjalannya waktu, Dj. jadi penasaran juga dan ingin tahu dan lihat. Karena satu keluarga China yang mengontrak sebahagian dari rumah kami, sangat lah baik hati. Dj. bermain dengan anaknya yang sebaya dengan Dj. namanya Gui Ngo Sun, Dj. panggil dia, Sun ne. Saat kami kecil, kemana saja kami selalu bersama dan saat ada sembayangan di Bong (kuburan China) yang mereka namakan Cing Bai atau apa lah… Dj. selalu diajak.

Kembali ke kata “NAGA” yang selalu dimainkan saat Tahun Baru China di kota Semarang, maka Dj. sudah tidak begitu takut lagi. Bahkan satu saat mengagumi, mereka yang bermain dengan lincah dan canggihnya, berdiri di atas bola yang cukup besar…

Mereka adalah para artis yang sangat kuat, karena selain mereka bawa beban yang cukup berat, masih juga jalan dan kadang lari kiri-kanan. Dan sejak saat itu Dj. juga suka melukis naga, walaupun hanya sekedar oret-oretan saja.

Satu saat Dj. ditanya oleh Bah Hok (Gui Djoe Hok), kapan Dj. lahir, maksudnya tahun berapa? Dj. jawab tahun 1952 dan setelah beberapa menit kemudian…mereka semua sedikit kelihatan heran, Dj. jadi penasaran, mengapa mereka heran dengan tahun kelahiran Dj.? Mereka tidak ada yang menjelaskan ke Dj. dan karena penasaran, maka Dj. bertanya ke Nyah Tjita (istri Bah Hok). Dan Nyah Tjita menjelaskan, bahwa tahun itu, adalah “TAHUN NAGA“, dalam hitungan kalender China.

Dj. masih penasaran, apa anehnya tahun naga, kok mereka mereka kelihatan keheranan, lalu nyah Tjita menjeaskan dan Dj. jadi mengerti. Orang yang lahir di tahun naga, ada yang baik sekali dan disegani dan tahun 1952 adalah tahun yang sangat bagus (katanya). Tapi ada yang berkarakter jelek, nah itu yang selalu mengganggu orang lain.

Dj. menjadi orang yang bahagia, setelah dijelaskan oleh nyah Tjita. Bangga jadi NAGA tapi tidak bangga jadi lhiyong…HA HA HA…!!! Dalam kehidupan Dj….Entah mengapa kok Dj. jadi senang dengan figur Naga…Dulu kalau ke Bali, selalu mencari ukir-ukiran yang berbentuk NAGA , walau sering juga sebagai hadiah untuk teman-teman orang Jerman di tempat kerjaan,

Dj. juga pernah memelihara ikan NAGA…(Ikan Arowana) karena dulu ada yang bilang, ikan Arowana adalah ikan NAGA. Bukan berarti Dj. mau mendewakan NAGA, tapi Dj. senang dengan bantuk naga yang berliuk, saat bergerak dan di mata Dj. kelihatan sangatlah indah. Anda bisa saksikan ikan Arowana yang pertama Dj. rawat, walau hanya berwarna Silver, tapi dari figurnya sangat gagah dan indah.

Warna biru, hanya karena cahaya lampu saja.

naga01 naga02

Okay…Dan ini videonya.

Saat di Jogya, kami sempat mengunjungi tempat membuat batik (Dj. pernah cerita dalam oret-oretan mudik 2014 – 2015). Juga di sana Dj. langsung melihat satu lukisan naga dari batik yang sangat indah. Walau pemandu menawarkan banyak macam batik, namun mata Dj. tidak lepas dari lukisan ini, sehingga Dj. kurang memperhatikan
apa yang si pemadu semua ceritakan. Dan serentak Dj. malah bertanya, berapa harga lukisan naga yang ukuran 2m x 1m itu…??? Dan Dj. jelas belaga bodo saja dan jawabannya pun kurang menyenangkan, karenna dia menjawab, kalau yang itu sangat mahal bapak. Karena pelukisnya sangat terkenal di Jogya.

Dj. jadi ingat tahun 2010 saat melihat pameran lukisan batik di Kuala Lumpur yang sangat mahal-mahal, banyak yang ribuan Euro. Si pemandu, agak kebingungan saat Dj. tanya, ya… okay… mahal itu berapa…??? Lalu dia buka suara, maaf saya akan tanyakan dulu, sebelum saya salah kasih harga. Yang Dj. dengar, saat dia bicara satu kalimat, orang Indonesia…. jadi mungkin dikasih harga lokal.

Setelah selesai telpon, maka dia kasih tahu Dj. harganya dan Dj. masih bertanya, kalau boleh separohnya, saya beli.
Susi sudah kaget dan berkata, mau dipasang dimana lagi…??? Hahahahaha…??? Lalu si pemandu batik, masih telpon lagi, sayang dia menggeleng, artinya harga separoh belum boleh.

Dj. naikkan 10% lagi dan dia telpon lagi…Hahahahahaha…!!! (bikin kerjaan orang saja). Dia menggelengkan kepalanya lagi dan kami sudah bermaksud untuk keluar, tahunya dia minta 10% lagi, tapi Dj. tidak kasih. Kami sudah di luar rumah atau galeri tersebut, eeeee…. dia panggil kami dan dia kasih itu harga…YAAAAAAAH…!!! IT IS MINE…!!!

naga03

Anda bisa lihat ada 1 lukisan naga yang Dj. beli di Jogya dan sampai sekarang belum mendapat bingkai yang cocok, ukiran dari kayu yang berbentuk naga dan di Aquarium ikan arowana (ikan naga). Itu foto Dj. ambil sekitar 9 bulan yang lalu…

naga04

Dan sekarang naga di aquarium semakin cantik, warnanya semakin indah. Sayang sedikit buram, padahal di HP kelihatan warnanya jauh lebih jelas (indah)….Tapi yang jelas si naga tidak cacat, tidak ada sisiknya yang lepas dan juga sirip depan kiri kanan yang tahun lalu tercabik, sekarang sudah kembali baik.

naga05

Puji TUHAN…!!!
Sekarang Dj. bukan sekedar naga saja, tapi malah punya naga dari kayu dan naga di dalam air…Hahahahahaha…!!!

Okay…okay…Sebelum anda semua menjadi bosan, Dj. akhiri oret-oretan ini, jadi anda tidak perlu takut bila melihat naga…Apalagi nagasari, itu malah enak dimakan saat tea time…Hahahahahaha…!!!

Okay…Terimakasih untuk perhatian anda semuanya…Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN selalu menaungi kita semuanya.

Salam manis dari Mainz.
Dj. 813

naga06

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

32 Comments to "[Happy Tuesday] Naga"

  1. Dj. 813  21 October, 2015 at 01:23

    Hallo yu Lani . . .
    Untung Dj.lihat, tapi memang belum berani buka yu. Takutnya virus dari Hawaii galak . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !
    Mudah-mudahan virusnya seramah yu Lani, jadi Avira Dj. masih kuat . . .
    Okay yu, terimakasih untuk kiriman virusnya . . . Hahahahahaha . . ! ! !

    Salammanis dari Mainz.

  2. Lani  20 October, 2015 at 05:00

    MAS DJ : lah tenan to? plg masuk spam, malah dikasih tau “awas virus” krn tdk dikenal email addressnya………..untung belum didelete

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *