SYIAH

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

YANG pikirannya diracunin intoleransi dari Timur Tengah, seperti walikota Bogor, pasti tak suka dengan ini. The Aga Khan Award for Architecture. Hadiah Nobel-nya untuk karya arsitektur di dunia. Aga Khan adalah imam Syiah Ismailiah yang jumlah 15 jutaan tersebar di puluhan negara. Imam yang sekarang, Aga Khan IV, adalah imam ke-49. Yang pertama ya, Saydina Ali bin Abi Thalib, terus turun menurun sampai imam yang sekarang. Karena tinggalnya di Prancis, pasti ‘bule banget’ budayanya tanpa menghilangkan ciri Islamnya. Karena Aga Khan IV kayak sekali (turunan) dan pinter bisnis (paspornya ada 6-9 negara), dia menciptakan anugerah arsitektur dunia tiap 3 tahunan. Dan hasilnya bagus-bagus bangunannya. Membumi. Bukan seperti rumah-rumah mewah di sini yang tak membumi. Aspek ‘bioclimatic adaptations’ yang jadi penilaiannya.

agakhan01 agakhan02

Andai Kampung Nelayan Muara Angke jadi (sebentar lagi ground breaking_pasti akan menjadi kampung nelayan paling keren se dunia. Digagas gubernur kapir dari Solo dan diteruskan penggantinya kapir dari Belitung. Yang dipercaya mendisain proyak Kampung Nelayan ini adalah biro arsitektur SHAU Arichitecure and Urbanism. SHAU itu kependekan dari (Daliana) SURYAWINATA, (Florian) HEINZELMANN, ARCHITECTUR and URBANISM disingkat SHAU. Daliana arsitektur Indonesia dan partnernya Florian Heinzelmann

Andai jadi, Kampung Nelayan Muara Angke sangat besar kemungkinannya dapat anugerah Aga Khan Award for Architecure yang sangat bergengsi itu. Kampung Kali Code karya Romo Mangun pernah dapat anugerah ini dan beberapa arsitektur membumi di Indonesia meraih award ini.

agakhan03

Yang jadi pertanyaannya, mengapa kalau makan di resto seafood harganya selangit, seolah negara kita negara tak punya laut dan seafood harus impor. Sementara kehidupan nelayan, di manapun dan kapanpun selalu miskin di perkampungan miskin dan kumuh?

 

 

7 Comments to "SYIAH"

  1. J C  24 November, 2015 at 17:11

    Seiring dengan komentar nomer 2, ini pentulisnya pasti kapir…

  2. Alvina VB  17 November, 2015 at 13:07

    Bung Iwan, Kl Kampoeng Muara Angke bisa tampil beda, keren dah…dah kebayang aja bau pesing akan hilang ya?
    Aga Khan IV adl honorary citizen di sini dan orgnya nyante aja tuch, gak kaya kebanyakan spt org kaya di dunia ini, yg bah…ngeselin pokoknya. Pemikirannya cukup maju dan dia bukan muslim yg fanatik kayanya; kata kenalan saya yg muslim Arab, dia kaya kafir kl dibandingin dgn muslim dari Saudi sana, he..he….iya lah…

    Museum Aga Khan di Toronto baru dibuka thn lalu dan museum ini mengetengahkan kebudayaan islam dari abad ke 8 -19. Aga Khan aktif ngurusin arsitektur dan kebudayaan islam dan modern. Aga Khan juga ngurusin dunia pendidikan, dia punya Universitas sendiri dan kl gak salah kasih scholarships buat murid2 yg gak mampu. Aga Khan Foundation networkingnya ada di 24 negara, termasuk di sini; foundation ini non-sectarian dan ngurusin penetasan kemiskinan melalui pendidikan dan pelatihan di banyak negara Asia & Afrika.

    Thanks James yg lagi rajin ngabsenin euy…

  3. Lani  17 November, 2015 at 03:46

    James, mahalo………

    ISK : alinea plg bawah bikin ngakak lagi obat stress…………..

  4. djasMerahputih  16 November, 2015 at 19:17

    Hadir bang James..
    Artikel ini harusnya berjudul Aga Khan.. he he he….
    Sayang Syiah lebih menonjolkan diri sebagai Dinasti daripada Islam itu sendiri… Mudah ditunggangi kekuasaan.

  5. donald  16 November, 2015 at 17:21

    Bahkan Ibnu Sina dan kawan2 Syiah yang bermazhab Aristotelian pun terkena, padahal mereka membawa kebaruan luar biasa, amat disayangkan ‘jualan’ mereka yang berorientasi sains terabaikan….

  6. Nuchan  16 November, 2015 at 16:04

    Hahaha ngakak bacanya hahaha ada ada aja ini Mas Iwan…

    Gubernur kapir dari Solo itu Mas Joko dong
    Penerusnya Gubernur Kapir dari Belitung itu BTP/ Ahok..

    Hadeh…gimana nie si Ahok kayaknya kurang dukungan untuk maju di 2017 hehehe…Kasihan meskipun bagus tapi kapis sih jd minim dukungan hehehe…

    Artikel nyeleneh tapi asyik buat renungan hehehe
    Trims Mas Iwan…

  7. James  16 November, 2015 at 15:04

    1…….absenin Kenthirs lainnya

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.