Deklarasi Internasional untuk Toleransi – Pray for Paris

Ratman Aspari

 

Sejumlah penggiat seni, sineas, artis dan produser film mengumandangkan tentang toleransi terkait penempakan di Paris Perancis, di Auditorium Utama RRI (Senin,16/11). Pernyataan sikap dibacakan oleh Lily Wahid yang merupkan Dewan Penasehat Dewan Kreatif Rakyat (DKR), di sela-sela Malam Penganugerahan dan Perayaan Hari Toleransi Sedunia yang jatuh pada hari ini, 16 Nopember 2015, di Auditorium Utama RRI.

pray for paris

Berikut isi Deklarasi Internasional Untuk Toleransi yang melanjutkan Pray For Paris dikumandangkan para korban intoleransi dan masyarakat internasional yang peduli toleransi, yang berbunyi :

  1. Toleransi merupakan landasan kehidupan bersama untuk menciptakan perdamaian, dan merupakan hal yang mutlak untuk menciptakan kerukunan dalam perbedaan.
  2. Peristiwa mengenaskan yang terjadi di Paris, Bangkok, Tolikara Papua, Singkil Aceh dan berbagai tempat di muka bumi ini merupakan peringatan berdarah bahwa intoleransi dapat terjadi di manapun.
  3. Setiap individu memiliki hak asasi untuk hidup tanpa penghakiman, sekalipun berbeda suku, ras, agama, kebudayaan, dan lain-lainya.
  4. Intoleransi merupakan pangkal berbagai kejadian memilukan berdarah dan musuh kita bersama. Toleransi merupakan sahabat yang mempersatukan segala bangsa.
  5. Bhinneka Tunggal Ika adalah budaya bangsa sejak jaman nenek moyang yang merupakan prinsip dasar toleransi. Mari kita saling menghargai sesama dan menjatidirikan kita sebagai bangsa yang beradab dan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda, namun tetap satu.
  6. Dunia tanpa toleransi merupakan dunia yang tertinggal. Dunia dengan toleransi menjanjikan masa depan cerah. Dengan ini kami menyerukan pada seluruh bangsa, bahwa sekalipun berbeda bangsa, suku, agama, ras, adat istiadat, budaya atau lainnya, toleransi adalah mutlak dan dasar untuk menciptakan dunia yang damai dan aman.
  7. Memohon pada semua pihak untuk menahan diri dari perbuatan intoleransi karena perbedaan merupakan anugerah Yang Maha Esa.

 

Para Pendukung Daklarasi Untuk Toleransi :

  • IFFSRV
  • Filmmakers oh The Year Film Festival (FOTY),
  • International Film Festival for Documentary,
  • Short and Comedy (IFFDSC)
  • International Performing Arts & Movie Award (IPAMA).
  • Dewan Kreatif Rakyat (DKR)
  • Radio Republik Indonesia (RRI)
  • iHebat International Volunteers,
  • Universitas Indonesia,
  • Yayasan Peduli Anak Indonesia (PENA)

 

(ratman aspari)

 

 

11 Comments to "Deklarasi Internasional untuk Toleransi – Pray for Paris"

  1. J C  24 November, 2015 at 17:18

    Pray for Paris, too…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *