NORWEGIAN WOOD by THE BEATLES

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

DUA-duanya perempuan tangguh. Yang satu aktivis dan senang di lapangan mirip Jokowi (seeing is believing). Yang satu rada mirip. Dua-duanya perempuan Norwegia.

Hilde Frafjord Johnson sekarang utusan khusus sekjen PBB untuk penanganan konflik di Sudan Selatan (males banget). Hilde pernah menjabat menteri pembangunan internasional Norwegia awal 2000an. Tahun 2002 Hilde ke Indonesia dan pergi pedalaman orang Rimba, jauh sebelum Butet Manurung melejit namanya. Butet terkenal dedikasinya mendidik Orang Rimba. Dia dijadikan talent iklan serial Kompas tahun 2003 yang dbuat oleh biro iklan tempat saya bekerja (saya ‘gak ikutan. Tanya sahabat saya Wira Hardiprakoso dan Stephen Husein yang bikin TVC Kompas dengan Butet Manurung sebagai talentnya). Sejak itu nama Butet melejit. Dijadikan TIME Magazine Heroes of Asia 2004 dan dedikasinya diabadikan oleh Riri Riza dalam film ‘Sokola Rimba (2013)’.

orangrimba2 orangrimba1

Perempuan satu lagi, Erna Solberg. PM Norwegia yang datang ke Indonesia menjadi tamu Jokowi bulan April lalu. Jokowi sendiri dituduh sebagai penipu visual dalam foto dengan orang Rimba di media sosial. Erna datang ke pedalaman Orang Rimba malam hari diantar Menhut Siti Nurbaya dan rombongan dengan 12 mobil, melalui jalan licin dan becek.

Tidak ada bisa disembunyikan dengan Orang Rimba. Apalagi mengatur untuk difoto. Toh, disana ada LSM yang menjaganya, melestarikan kehidupan Orang Rimba melawan “modernisasi”, pendatang. Tanya saja kepada Rudy Syaf, petinggi LSM Warsi, LSM yang mendampingi kehidupan Orang Rimba.

Intinya, kehidupan Orang Rimba terus terancam sejak puluhan tahun dan terjadi pembiaran, apalag dalam 10 tahun terakhir. Mereka tergusur oleh gergaji, traktor perusahaan2 kepala sawit. Tak ada yang protes dan membela di media sosial. Tanaman mereka hilang, ikan-ikan air tawar mereka lenyap..

Udah ah, capek bergaul dengan netizen Indonesia. Banyak bodohnya dari pada gilanya. Kalau gila ketahuan ada rumah sakitnya. (inget posting teman saya Muhamad Roji’in soal orang gila)

“I once had a girl…..”

 

 

5 Comments to "NORWEGIAN WOOD by THE BEATLES"

  1. J C  2 December, 2015 at 09:15

    Memang dahsyat dan unik mas Iwan ini…hahaha…

  2. djasMerahputih  29 November, 2015 at 12:11

    Orang Rimba bukan Tarzan, mereka manusia sungguhan yang juga butuh dimanusiakan.

    Thanks tambahan wawasannya kang ISK…

  3. Handoko Widagdo  27 November, 2015 at 10:49

    Punya foto Gusti Nurul sama Orang Rimba gak?

  4. Lani  27 November, 2015 at 04:08

    Kalau bukan artikel prof Sejarah Baltyra, aku mana tau dgn crita2 macam begini? Mahalo ya, baca sambil nambah ilmu

  5. Alvina VB  27 November, 2015 at 02:16

    Norwegian women emang hebring….
    Dunia sempit euy…OOT aja nich…sahabat deket bung Iwan- Wira Hardiprakoso menikah dengan Gianita K. ya? (duluuu dia istri kenalan saya di sini, ttp mereka sama2 sudah menikah lagi).

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.