J-Pop

Dewi Aichi – Brazil

 

J-Pop atau K-Pop? K-Pop atau J-Pop? He he he…ini tulisan iseng aja untuk hiburan. Suer saya sendiri ngga ngerti sama sekali ketika teman-teman di Indonesia sebut-sebut K-Pop, ohh ternyata Korea Pop ya? Ya ampunnnnn sampai ketinggalan berita, alias ngga gaul nih.

Saya ngga ngerti K-Pop tapi saya ngertilah dikit-dikit J-Pop. Cuma musik-musiknya ngga masuk dan ngga bisa dipaksa masuk ke telinga saya. Gedumbrang-gedumbreng ngga karuan suaranya. Pokoknya ngga masuklah untuk emak-emak seusia saya ini. Saya ngebahas sesuatu yang ngga saya sukai nih ternyata ya he he he…

J-Pop

Ini beberapa J-Pop yang ngga saya sukai:

 

1.AKB48

Yaitu grup cewek-cewek dari Akibahara 48, makanya disebut AKB48. Grup ini adalah kumpulan dari peserta Japan Idol, dan mereka membentuk grup AKB48 tahun 2005. Awalnya terdiri dari 21 cewek, tetapi saat ini ada 127 cewek dalam satu grup.Grup AKB48 punya markas lho di Akibahara, namanya Don Quijote.

 

2.Perfume (パフューム)

Perfume (パフューム) adalah grup j-Pop, bergenre electropop. Grup ini berasal dari Hiroshima. Terdiri dari 3 personil Ayano Ōmoto (Nochhi), Yuka Kashino (Kashiyuka) dan Ayaka Nishiwaki (A-chan). Berdiri tahun 2001.

 

3.Arashi (嵐)

Ini adalah boy bandnya Jepang. Mereka dipertemukan dalam agen(bukan ajang lho ya)pencari bakat yaitu Johnny’s Entertainment, terdiri dari lima cowok yaitu Satoshi Ohno, Jun Matsumoto, Kazunari Ninomiya, Sho Sakurai dan Masaki Aiba.Tau ngga? Grup ini dibentuk dan memulai kariernya di Honolulu pada tahun 1999.

https://youtu.be/kSNo5CZ1Q-A?list=PLTgL5Pp4jPCgOWWOa6fADmTQoGDdydzTQ

(not available due to copyright claim)

 

4.E-Girls

Adalah sekelompok cewek-cewek yang beranggotakan 20 orang, yang dilabeli oleh Rhythm Zone. Grup ini dibentuk melalui ajang kompetisi tv pada tahun 2011 yang menyebut dirinya sebagai saudaranya boy band Exile.

 

5. Scandal

Ini salah satu grup J-Rock sekaligus J-Pop. Grup ini sengaja memproklamirkan sebagai grup paling kuat sebagai pop rock feminim di Jepang. Grup ini beranggotakan 4 pelajar dari Osaka, yaitu Haruna Ono, Tomomi Ogawa, Mami Sasazaki dan Rina Suzuki.

 

6. Attack All Around (AAA)

Dikenal juga dengan sebutan AAA atau Triple A. Mereka mengeluarkan album perdananya tahun 2005 melalui perusahaan rekaman Avex Trax, sama seperti E-Girls.

Grup Attack All Around terdiri dari lima cowok dan dua cewek, mereka sudah terbiasa tampil di tv sebagai pemain drama, atau penari latar di berbagai pentas musik nasional.

 

7. Babymetal (ベビーメタル)

Gayanya yang babymetal, adalah grup musik J-Pop/kawaii metal, mereka konsisten menamakan dirinya dengan Sumetal (Suzuka Nakamoto), Yuimetal (Yui Mizuno) dan Moametal (Moa Kikuchi). (Moa Kikuchi), Yuimetal e Moametal,masuk melalui agen pencari bakat Amuse.Grup ini dibentuk tahun 2010,dan mencapai puncak ketenaran pada tahun 2014.

 

8. Ikimono-gakari (いきものがかり)

Salah satu band pop rock di Jepang yang kompositor sekaligus vokalisnya Yoshioka Kiyoe. Mendirikan grup musik aliran pop rock bersama kedua temannya yaitu Yamashita Hotaka dan Mizuno Yoshiki.

 

9. Capsule (カプセル)

Duet cewek Jepang dengan musik elektronik. Vokalisnya adalah Toshiko Koshijima, dan produsernya Yasutaka Nakata. Grup ini berdiri di tahun 1997. Gaya musik yang ditampilkan grup ini lumayan bagus, mereka menggambarkan nuansa Shibuya pada tahun 1990. Konten musik terdiri dari bossa nova,lounge, breakbeat,dan electro house.

 

10. Exile (エグザイル)

Band Jepang yang terdiri dari 19 orang, salah satunya telah berhasil menerbitkan single album “Scream”, dengan band sangat terkenal yaitu Glay.

 

11. Momoiro Clover Z (ももいろクローバーZ)

Salah satu grup yang jadi idola remaja Jepang. Terdiri dari 5 cewek yang terkenal sangat energik, karena mereka profesional dalam ballet, danca,atlet, dan juga artis film action.

 

12. °C-ute (キュート)

Grup cewek J-Pop, yang dibentuk tahun 2005 melalui agen pencari bakat Hello PProject. Terdiri dari lima cewek yaitu Maimi Yajima sebagai lidernya, Saki Nakajima, Airi Suzuki, Chisato Okai e Mai Hagiwara. Sudah 10 tahun berkarier dan masih tetap menjadi salah satu idola di Jepang.

Anda mengenal salah satunya? Apakah anda menyukai salah satu musiknya? Saya tidak ada sama sekali he he he…saya sudah punya J-Pop yang paling saya sukai karena orang-orangnya, musiknya sih ngga begitu, yaitu SMAP.

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

8 Comments to "J-Pop"

  1. J C  16 December, 2015 at 08:44

    Hiks…aku tidak ada yang ngerti…asli wis ketinggalan jaman…

  2. Geovanie  15 December, 2015 at 20:59

    What’s wrong with ikimonogkari?? (baca: what’s wrong with u? :p jk)

    Saya cuma tau satu lagunya ikimonogakari, yang dijadiin theme songnya pas olympic di jepang. bagus kog.

    https://www.youtube.com/watch?v=7cIKxP9q0eg

    btw, saya prefer musik jepang dibanding indo (*ga nasionalis). untuk grup yang saya suka ‘sekai no owari’. kalo yang solo, ada ‘salyu’, ‘hata motohiro’ (yang nyanyiin lagu doraemon), ‘suga shikao’, ‘masayoshi yamazaki’, sama ‘katahira rina’.

  3. Lani  14 December, 2015 at 13:53

    DA : jd group band Arashi dibentuk di Honolulu? Wah aku malah ndak pernah tau apakah sampai skrng msh ada belum bubar?

  4. Lani  14 December, 2015 at 13:39

    JAMES: tossssssssss! aku punya pendpt yg sama dgn kamu, musik zaman skrng bikin kuping sakit/pusing 7 keliling hahaha……….apalagi rap wah pokok-e oraaaaaaaaaaaa……….bikin gila

    Kenthir yg ini udah nongol……..suka musik oldies aja

  5. Mutiara Hitam  14 December, 2015 at 02:55

    yang ini gak ada yg kenal … diindo ngetrend j-pop & j-rock sekitar tahun 2003-an . lebih suka denger utada hikaru ,ayumi hamasaki,do as infinity, laruku atau x-japan masih bisa didenger kuping
    salam kenal ya mba DA

  6. Sumonggo  13 December, 2015 at 05:19

    Saya suka J(awa)-Pop …… he he …..

  7. djasMerahputih  12 December, 2015 at 07:54

    hadir bang James…
    Lebih suka K-Pop (Keroncong Pop)

  8. James  12 December, 2015 at 04:16

    1…….musik Generasi jman sekarang membuat puyeng kepala doang gembrang benbreng gak keruan termasuk dansanya

    hayo Para K-POP (Kenthirs Pop) siap-siap muncul yah

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.