KLUB 27

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

DUA anak saya tak kenal siapa sosok Soe Hok Gie yang wafat 17 Desember 1969 lalu. Mereka nurut difoto di pusara Soe Hok Gie. “Nanti kamu tahu siapa dia”. Klik!

Setelah dari pusara Gie ke toko buku di Semanggi. “Lho, ini orang yang tadi ya?”, kata anak saya sambil melihat hamparan buku-buku tentang Soe Hok Gie.

Beruntung belajar di UI saya ketemu dengan sahabat-sahabat Gie dan mendengar kisah mereka tentang Gie. Ada Bang Aristides Katoppo yang juga dosen media massa saya. Ada Rudil Badil yang kadang hadir di acara-acara di kampus juga Om Don Hasman, teman ngobrol yang asyik. Mereka sahabat dekat Gie. Ada lagi teman Gie, lebih tepat juniornya, Prabowo Subianto. Yang ini dewa. Saya ‘gak berani ngaku-ngaku dan sok kenal. Apa kata Gie tentang Prabowo? Pasti kaget…

“Dia (Prabowo) mudah menangkap persoalan-persoalan besar. Tapi dia naïve”, kesan Gie kepada capres 2014 itu. Nah!

Entah mengapa Gie tewas tepat di usia 27 tahun bergabung dengan anak-anak muda terkenal yang mati di usia 27. Ada lusinan musisi terkenal mati di umur 27 (angka bagus kalau main judi domino). Sebut saja Brian Jones, Jimi Hendrix, Jim Morrison, Kurt Cobain, Janis Joplin atau Amy Winehouse.

soe hok gie soehokgie

Di usia 50 tahun (kalau Gie hidup), juniornya pendaki gunung, Norman Edwin, juga tewas di Aconcagua, Andes, Argentina. Kematian Gie dan Norman sama-sama menyita perhatian publik nasional. PM Australia yang indonesianis Paul Keating sampai bertanya kepada tuan rumah. “Itu siapa yang mati, kok heboh banget?”. Pemakaman Norman Edwin bersamaan dengan kedatangan PM Keating di Jakarta April 1992. Kalah pamor Keating.

Gue wafat juga mengundang perhatian tokoh-tokoh nasional, akademisi. Ben Anderson, indonesianis yang minggu lalu menyusul Gie, menulis khusus tentang Gie.

Mati di gunung itu mulia. Di gunung-gunung itu dewa-dewa bersemayam…

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

13 Comments to "KLUB 27"

  1. J C  18 January, 2016 at 15:01

    Mas Iwan, DAHSYAT!! Sepakat dan setuju dengan komentar Nuchan!

  2. djasMerahputih  9 January, 2016 at 15:56

    Untuk cowok bagusnya forever forty..

  3. Lani  9 January, 2016 at 13:05

    AL: hehehe…………….nunggu respond kang Djas dan James, apakah mrk jg merasa forever 21???????

    captcha nya singkatan namaku……..apakah kebetulan ya?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *