Pak Jokowi, Anda Presiden atau Rakyat? Eh…atau Alien?

Asrida Ulinnuha

 

Teramat sering saya menghindari diri menulis hal terkait politik, ras, agama –yang entah mengapa mudah sekali menyulut perseteruan bagi orang lain yang tak setuju. Kadang-kadang saya tidak dapat menahan diri juga sih. There’s something in my head waiting to pop out. Yang membuat tak tahan kali ini adalah seseorang bernama Joko Widodo dan keluarganya.

jokowi

Saya menyangka mereka adalah keluarga alien yang sengaja datang ke bumi untuk melakukan perebutan kekuasaan dan konspirasi secara tersistem dan masiv, setelah melihat potensi negara ini, juga menonton aksi para pemimpinnya. Yah, itu semua terbukti dengan dirinya terlalu cepat menjadi presiden, tindakannya memilih menteri kesayangan macam Ibu Susi yang dari segi kepangkatan dan akademis sangat melenceng dari keadaan yang sudah berlangsung berpuluh tahun. Bahkan anak-anaknya mendadak tenar macam artis, dibicarakan mulai dari medsos, koran, majalah gosip, infotainment apalah, sampai simbok-simbok di pasar –it’s true, ga bohong.

Betapa kecurigaan tersebut patut dikatakan benar manakala melihat kenyataan yang ada. Mana pernah mister presiden yang satu ini marah waktu dihina-hina, diintimidasi, diplekotho, dijungkir balik? Oh ya, Gus Dur tidak. Malah hanya tertawa ngakak-ngakak. Akan tetapi track recordnya jelas sebagai orang cendekia dan dihormati karena keturunan tokoh terhormat.

Pak Habibie yang rocket scientist juga tidak marah, paling ngelus dada (dadanya sendiri lho) lalu mundur dari jabatan. Pak Beye juga tidak, kecuali dia bilang, “…saya prihatin” (ah…ini presiden paling romantis dan ngartis, aku padamu deh). Pak Joko ga kirim pasukan untuk membumi hanguskan orang yang menghina dan menyerang dia, sungguh tak biasa. Naik pesawat kelas ekonomi…huh, masa sama kaya saya.

jokowi-iriana

Presiden itu harusnya naik pesawat jet bling-bling termahal macam Tante Syahrini. Atau paling tidak seperti ketua DPR RI dong, komisinya wauw bujug buneng gede minta ampun. Pak Jokowi apa pekerjaan dia sebelumnya? Tukang mebel ya? Kata orang ngga intelek, ngga scientific, bukan keturunan tokoh terkenal, Boss perusahaan multi apa saja, mafioso yang punya anak buah bergudang-gudang, juga bukan orang yang dikenal kaya se Asia Tenggara (minimal se Indonesia lah). Jadi pasti pekerjaannya itu adalah kamuflase sementara di planetnya sendiri dia adalah pemimpin yang memerintah dalam dua galaksi. Tolong anda cermati…jangan tertipu. Lihat telinganya panjang mana sama Jedi.

Cobalah lihat anak-anak Pakdhe Jokowi. Masa ngobrol di medsos gayanya sembarangan, ga pake jaim. Kalo saya yang melakukan itu sih ga pengaruh, tapi kalo mereka kan konon berhak dapat perlindungan intelegen untuk melacak siapa saja yang membully di internet…sembarangan!

Mereka kena skak orang malah slow, ga nyerang balik, persis bapaknya. Mereka makan apa sih? Batu kryptonite kali ya. Atau pernah liat kan, baru-baru ini beredar di internet foto dua anak Jokowi yang datang ke sebuah acara kampung dan ga dapat tempat duduk. Kemana para bodikuat…eh bodyguard? Coba jawab, kemana? Nanti kalo ada yang nembak anak presiden gimana? Keselamatan mereka nomor satu, kalo perlu tendangin tuh orang-orang yang ga mau nyingkir. Cobalah belajar dari Mas Tommy yang perlente dan kaya raya, yang selalu mendapat penjagaan dari segala penjuru.

Oh ya, sebagaimana sudah banyak ditulis orang, saya rasa memang salah juga ini keturunan Jokowi. Masa ngga mengambil pengalaman dari Mas Bambang dan Mas Tommy sih. Kalau mau usaha jangan ngutang, memalukan. Harusnya main proyek dululah, nah…komisinya baru buat bikin usaha.

Jangan-jangan Pakdhe Jokowi masih rakyat sebenernya ya? Presiden hanya sebagai label biar keren? Gayanya ngga kaya pejabat sebagaimana yang ada selama ini, sungguh aneh. Masa makan sembarangan bukannya di restoran termahal, terlalu sering juga ngumpul sama rakyat jelata. Bukan hanya itu, omongannya juga sederhana tas-tes…nggak ngawu-awu, pidato Inggris kok ke-Jawa-an.

Kok nggak latihan pidato yang isinya tebar janji dan manis-manis? ke’pejabat’an anda diragukan. Sekali lagi…DIRAGUKAN! Kesederhanaan itu rakyat, Pakdhe. Kalau pejabat itu yang agak sombong dikitlah, anaknya dikasih mobil kuda jingkrak dan perusahaan. Bukannya dibolehin merintis usaha sendiri. Lalu istri, Bu Iriana yang manis itu, kok nggak difasilitasi koleksi tas macam ibu pejabat. Belikan dong tas Burberry, Prada, Coach, dan barang branded lainnya. Baju dong, harusnya sekelas First Lady dijahitkan desainer macam Anne Avantie, bukannya ke penjahit deket rumah (itu mah saya).

Pakdhe, sekarang saya pengen banget nangis rasanya. Saya ngerasa kaya negara ini ngga punya presiden, alih-alih saya malah ngerasa kaya punya halte tempat saya bisa nunggu angkutan untuk pulang. Bertugaslah sebaik-baiknya, yang kuat. Kalau ada yang nakal jangan ngambek ya, soalnya saya cuma bisa menghibur dengan cara..puk…puk…puk, gitu. Memang planet tempat saya tinggal sudah lama dikuasai oleh Negara Api. Tolonglah, jangan buru-buru pulang ke planet Bapak entah itu dimana.

 

 

8 Comments to "Pak Jokowi, Anda Presiden atau Rakyat? Eh…atau Alien?"

  1. J C  18 January, 2016 at 15:32

    Ulin…memang bener kabeh yang dikau tulis…

  2. Alvina VB  15 January, 2016 at 00:56

    RIP – Jakarta attacks #kamitidaktakut

  3. Dj. 813  14 January, 2016 at 15:29

    Terimakasih mbak Asri . . .
    Semoga banyak pimpinan yang mencontohnya .
    Salammanis dari Mainz.

  4. Lani  13 January, 2016 at 23:28

    Pres. Jokowi dari rakyat untuk rakyat……….tdk mengambil kesempatan/mumpungke, tdk spt penguasa orde baru……….waaaah………tp tentu saja banyak yg tdk suka kepada Pres. Jokowi, yang tdk suka karena apa????? Semua sdh tahu sendiri………semoga selalu diberi kesehatan, keselamatan utk memimpin Indonesia………dan berada dalam lindungan Nya!

  5. Lani  13 January, 2016 at 23:25

    Al: mahalo……….kali ini sdh senggang makanya bisa menyalip kenthirs lainnya…………kkk

  6. tammy  13 January, 2016 at 20:25

    Semoga Jokowi bisa memimpin Indonesia 2 periode. Wong artis saja bisa 2 periode kok.
    Keluarga Jokowi keluarga yg sederhana tp bersahaja. Semoga sehat selalu dan diberi umur panjang.

  7. james  13 January, 2016 at 16:25

    Al, tang kyu diabsenin….

    Pak Jokowi itu campuran ya presiden ya rakyat ya alien juga

  8. Alvina VB  13 January, 2016 at 15:22

    Pak Jokowi: dari rakyat utk rakyat…ya istri dan anak2nya sami mawon lah…
    Absenin trio musketeers di KAM!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *