Nurhayati (1)

Yang Mulia Enief Adhara

 

“Nyak … Sebenernye aye cantik ape gimane sih?”, Ujar Nurhayati sembari memandangi wajahnya di air kobokan bekas makan siang. Enyak yang masih konsen grogotin ceker ayam cuma melirik. Sebenernye Enyak udeh puyeng ye, hampir seminggu enih si Nurhayati bahas soal cantik ame jelek. “Nyak!! Pigimane sih? Diajak ngomong diem aje? Giliran Nur nyang begonoh langsung dah diomelin”, Seru Nurhayati dengan gusar.

Enyak keselek, dia batuk-batuk dengan mata melotot, diteguknya teh manis lalu merepet, “Muke gile lo!? Udeh tau Enyak lagi makan elu nanya aje kaya tamu.”

Nur berdiri sembari ngemeng, “Lha Enyak udeh tau lagi makan kenape ngomong sih?”, Enyak jengkel mendengar omongan Nur, tapi sop ceker pedes level 9 kesukaannya masih menggoda, ia pun memilih lanjut makan.

Nurhayati ini kelas 11, hormon ABG baru bergolak bagai lahar panas. Tiap liat cowok jidatnya licin dikit aje, dia langsung blangsak. Segale cowok didemenin sampe si Cupid nakal manah hatinye Nurhayati di lapangan basket, onoh nyang bola dioper-oper terus diuncalin sampe pemainnya pade basket (basah ketek).

basket

Nah enih ada anak basket namanya Vanes, tapi semua mengenalnya sebagai Nenes. Panggilan nggak banget itu gara-gara Mami si Vanes yang merasa wajib membuat panggilan sayang buat anak bungsu kesayangannya. Kehadiran Vanes bagai guyuran air es di Gurun Sahara.

Kakak Vanes cewek semua, ada 3 orang. Bagi Papi anak laki harus ada demi meneruskan nama Tan. Mami dalam hati jadi was-was, lha kalok suaminya diem-diem kawin lagi bijimaneh? Dan dalam tiap doa di Samudra Galau si Mami berharap dirinya jadi satu-satunya bunga di hati Papi.

Dan setelah 6 tahun kelahiran Karin anak ketiganya, Mami tiba-tiba mual dan pusing 7 keliling. Apalagi tiap liat muke Papi, wuih rasanye pengen nonjok. “Mi … Kenape muke lu begitu amat liat Papi, laki pulang nutup toko bukannye dibikinin kupi malah dicemberutin”, Ujar Papi sembari ngelepas sepatu.

Mami gak jawab eh malah lari ke kamar mandi trus muntah-muntah. Papi otaknya jadi kotor, “Mami jadi beda, ape die jatoh cinte ma laki laen yak? Perasaan Papi masih ganteng kok”, Gumam Papi sembari nyeduh kopi.

*****

Akhirnya misteri terbongkar, Mami dinyatakan hamil 2 bulan. Papi dalam hati girang ternyata dia masih satu satunya kumbang di hati Mami dan Mami galau, “Duh kalo perempuan lagi si Papi bisa kawin lagi nih”. Dan akhirnya Mami tau janinnya ini lelaki, dan sejak itu Mami ngidamnya kagak normal bin ngelunjak. Minta pizza dengan toping yang bertaburan keju dan daging tapi pas jam 3 pagi, minta cincin berlian, minta kalung emas dan terakhir minta didaftarin program pelangsingan pasca melahirkan.

Hingga lahirlah Vanes Putra Tan. Papi nyengir sepanjang hari sementara Mami nyeri sepanjang hari. Papi akhirnya punya penerus marga. “Cakep kaya aku ya Mi”, dan dia mencium Vanes dan Mami dengan penuh cinta. Dan Mami pun memanggil Vanes dengan Nenes hingga Vanes dewasa.

17 tahun kemudian bayi tadi sudah ABG. Tubuh kekar dengan tinggi 178 cm membuatnya pas jadi cowok basket dan di masa itu dia harus sekelas dengan Nurhayati.

*****

Nurhayati ini punya kakak tapi jadi TKW di Hongkong, otomatis Nur jadi pusat perhatian Enyak yang asline demen ngomel. Nurhayati tumbuh sebagai gadis remaja yang centil nan lebay. Dia berusaha eksis dan berharap bisa punya cowok. Nur ini gak jelek, dia manis. Tapi gaya lebay yang melekat didirinya rada ganggu gitu deh.

“Ohh mai got Nyak!!! Minyak wangi aye abis, aduh mane mau ke Mall”, Pekik Nurhayati dengan berisik.

Enyak bukan perempuan gaul, asli Betawi lugu. “Siape kecebur got?”, Sahut Enyak sambil mengintip keluar jendela.

“Ihhhh Nyak kampungan deh ihhh, ini minyak wangi aye abis”, Ujar Nur berkaca kaca.

Enyak mencibir kesal, “Buju buneng ni bocah!!! Muke jauh luh. Baru juge minyak wangi nyang abis udeh recet, lha apekabar Enyak kalo minyak goreng nyang abis?”

“Nyaaakkk ini Devi ame Lala udeh mau jemput, aye gak cantik Nyak”, Nur bicara sambil terisak.

“Muke jauh ni bocah, udeh onoh pake minyak angin punya enyak, Babeh lu paling demen ame Nyak kalo malem pakek gituan”, Sahut Enyak dengan suara cempreng 5 oktaf.

Nurhayati jelas gak sudi pake minyak angin, dikate nenek-nenek!! Tapi kegalauannya sirna lantaran Devi membalas bbm dengan kabar baik, “Yaelah Nur, woles ngapah, ni gue bawa kok, Mamang gue pulang Umroh, gue dibagi minyak wangi dah”

****

Dan yang jadi topik utama, Nur jatuh cinta pada Vanes. Bersama Devi dan Lala dia selalu membahas Vanes. “Ihhh cakep gilak, ya ampun gw bisa pingsan nih”, Ujar Nur pas melihat Vanes di kantin.

“Booook itu otot lengannya gile!! Gede!! Gimane yak kalo dipeluk dia”, sahut Devi dengan penuh harap

“Masa sih dia gak liat cewek cewek cantik kaya kite?? Mana die cuek banged dah ma kite”, Sambung Lala sambil terus memandangi Vanes.

Saking keasyikan mandangin Vanes, ketiga cewek itu lupa nyambi makan nasi rames yang dipesen. Tau-tau suara bel klontongan kaye rombongan sapi ngacir kebulakan. Entu tiga cewek makan ampe mlotot-mlotot.

*****

“Nyak??!!! Aye cantik gak?”, lagi-lagi Nurhayati berisik. Mane Enyak lagi nancep di depan tipi nonton sinetron India, Uttaran. Nyak beneran fanatik sama drama seri India itu. Bahkan suaminya si Babeh Akub pernah nelpon nyuruh Nyak nyusul ke Pasar karena Babeh dapet duit komisi jualin mobilnye Pak Sukandar, mayan dah dibagi 7 juta. Nyatanye Nyak malah recet, nih buktinye ….

Babeh :
Bire (Sabire) lu nyusul ke pasar yak, naek motor. Enih aye dapet rejeki 7 jute jualin mobil Pak Sukandar

Enyak :
Yaelah Bang … Entar aje ngapah sekalian elu pulang, emang situ mo nginep di pasar?

Babeh :
Nginep pale lu bau menyan, aye pan malem juge bawa duit toko, bahaye Bire …

Nyak ;
Bujuutt! Jadi laki manje beuth dah ach! Udeh sekalian aje yak malem pas abang balik ye

Babeh :
Bire!!! Elu kesambet? Biasenye duit ceban aje lu samber lha enih 7 jute berase duit palsu aje lu anggurin.

Nyak :
Iye Bang, aye lagi nonton anuan, apa onoh … Pilem India .. Udeh yak Bang

Babeh :
Tapi Bire …. (tut tut tut tut)

Nah 7 juta aje Nyak anggurin, apelagi si Nurhayati. Enyak asli dah nancep di depan tipi kaye dicancang, “Nyaaaakkk!!!!! Aye cantik kagak sih?”, Jerit Nur sembarj memakai kerudung ala bintang India.

Enyak jelas jengkel, lha laper aje dibelain ditahan demi gak keliwatan tiap adegan, lha kok malah si Nur bikin buyar konsentrasi. “Nuuurrr!!! Lu ngemeng lagi asli gue uncalin keluar ye, kaga nauin bangat sih orang tue lagi sibuk”, Ujar Enyak sambil terus mentengin tipi.

“Dikate aye buntelan sampah ye? Pake nguncalin keluar segale. Susah amat sih ditanye gitu aje”, Nur bicara sambil menghentak kaki mirip kuda liar.

Nyak menunjukan muke jutek, “Sstt!!! Ngomong lagi gue garot”.

Nurhayati melengos masuk kamar sembari ngoceh, “Payah!! Pusiiing pale Hayati!!!”

 

http://my5thstory.blogspot.co.id/

 

 

7 Comments to "Nurhayati (1)"

  1. EA.Inakawa  11 February, 2016 at 09:11

    Hayati Gile Cantik, demen nye pukul rate ame cowok,konyolnye cume tepuk sebelah tangan, kate Babe si Nyak waktu mudenye lebih gila lagi dari Hayati, pusing bro…..

  2. J C  18 January, 2016 at 15:38

    Hahahaha…ini pasti sedulurnya Tumpuk Aichi…eh…Dewi Artati…eh mbuh lah…pokoke ngono lah…

  3. djasMerahputih  16 January, 2016 at 20:09

    Hadir telat Tji Lani..
    Lenong baru lagi nih… lanjutannya dong…

  4. Alvina VB  16 January, 2016 at 04:05

    Ha..ha…Enip….aye kaya lagi nonton lenong aje nech….dulu pan ade nyang namenye mpo Nori, Bokir, Mandra, dkk.

  5. Dewi Aichi  16 January, 2016 at 02:06

    Serial yang kayaknya bakal seruuuuuuu…soalnya penulisnya super kenthir..

  6. James  15 January, 2016 at 13:52

    2….road rage dibelakang ci Lani….

    ada nih cuma stop sebentar gak taunya di muat baru artikelnya, 3 jam lalu belum, jadi aja ketinggalan dikalahkan mbak Lani

  7. Lani  15 January, 2016 at 11:13

    Enief seri baru lagi nih? Sambil mengingat trio kenthirs…………pd lagi kemana ya???

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *