Sekedar Foto (2)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA…

Salam Jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa yang indah ini.

Selain ikan Arowana di aquarium, seperti foto-foto yang Dj.pamerkan minggu lalu…Dj tempatkan juga ikan lain, untuk menemani ikan Arowana agar tidak sendirian di Aquarium. Tapi yang sedikit besar, agar tidak dimakan oleh Arowana, jadi tujuan semula adalah untuk menemani Arowana di Aquarium. Yaitu dua ekor ikan dengan nama OSCAR (sebangsa Tilapia), mungkin di Indonesia sejenis mujair. Mirip ikan Mujair, hanya ada sedikit warna merahnya, tapi ada juga oscar yang albino yang sedikit pucat dan ada yang warna merahnya lebih banyak, ada juga oscar hijau dan entah apa lagi, cukup banyak macam nya. Tahun lalu Dj. beli saat mereka masih kecil-kecil (sekitar 7 Cm), namun sekarang sudah cukup besar, sekitar 20 Cm. atau lebih.

oscar (1) oscar (2)

Oscar cukup indah, walau ikan murahan, hanya saja ikan oscar ini sangat rakus, apa saja mereka makan. Ikan kecil-kecil yang sudah mati, jantung sapi yang Dj. potong kecil-kecil, ya bahkan jangkrik dan belalang mereka santap semuanya. Kalau Arowana sudah kenyang, maka jangkrik yang dia keluarkan lagi dari mulutnya, oskar siap untuk menangkapnya. Tapi Oscar juga penakut, bila Arowana di dekatnya, mereka langsung mundur teratur, anak-anak menyebutnya “respek”…!!! Hahahahahahaha…!!!

Di belakang Arowana mereka keluar lagi, tapi begitu Arowana berbalik badan, maka secepatnya untuk berenang ke bawah. Hanya berani di belakang saja. Hahahahahahaha…!!!

Beberapa bulan lalu Dj. belikan lagi ikan sebangsa lele (atau lele L), juga cukup besar sekitar 30 Cm. Nah ikan ini sangat indah juga, walau tidak semahal Arowana dan cukup besar utuk dicampur satu Aquarium bersama Arowana dan Oscar.

oscar (3)

Seluruh badannya belang seperti leopard.

oscar (4) oscar (5)

Bersama Arowana…dan lele ini sangat jinak…

oscar (7) oscar (8) oscar (9)

Juga bersama Oscar di satu Aquarium.

oscar (10) oscar (11)

Sungguh indah bukan…???

Dan yang membikin kami semakin bahagia, tidak kami sangka sama sekali kalau oscar yang kami beli itu, ternyata 1 pasang (Jantan dan betina). Saat Dj. akan mengambil 1 ekor ikan yang paling kecil di Aquarium dan mungkin anda sudah lihat di atas, dengan nama Botia Macracanta. Asal Indonesia (banyak ditemukan di Sumatra) dan ikan ini, sungguh amat baik untuk membasmi keong yang kadang muncul di Aquarium.

oscar (12)

Okay…. Mungkin anda juga mengenalnya, di Medan ada yang menyebut sebagai “ikan babi”. Maaaaf, bukan maksud Dj. untuk bercerita tentang ikan ini, tapi saat Dj. akan memindahkan ikan ini ke aquarium yang lain, Dj. benar-benar dikagetkan. Karena dua Oscar, dengan cepatnya menyerbu jaring yang Dj. masukan ke dalam aquarium. Dj. sunggguh kaget, karena belum pernah terjadi yang demikian dan Dj sempat teriak…Heeee…Heee…ada apa dengan kalian…???

Dj. kira mereka tidak setuju dengan maksud Dj. dan perlahan Dj. masukan lagi jaring ke dalam aquarium. Begitu jaring masuk, mereka berdua serentak menyerbu jaring yang Dj. pegang. Dj benar-benar heran dan Dj. perhatikan dari depan aquarium, apa yang sebenarnya terjadi…??? Mata Dj. hampir tidak percaya dengan apa yang Dj. lihat…Ini dia, anda bisa melihatnya sendiri…

oscar (13)

Sangat benar, Oscar BERTELUUUUUR….!!! Hal inilah yang membikin mereka jadi sangat galak, karena ingin melindungi telur mereka…PUJI TUHAN…!!! Langsung Dj. ambil HP untuk mengabadikan nya, maaf ini foto dan video Dj. ambil dengan HP. Di video di bawah ini, kelihatan memang Dj. tidak siap menyambut mereka untuk bertelur, jadi aquariumnyapun kelihatan kotor. Dan Oscar kelihatan menyingkirkan semua yang kelihatan mengganggu telurnya, sehingga sirip atasnya pun kelihatan sedikit rusak. Kemungkinan dia beradu dengan ikan yang lain, untuk melindungi telurnya.

Di literatur Dj. ketahui ternyata Oscar bisa bertelur sampai 3.000 butir…. Dan ikan oskar ini bisa bertumbuh mencapai 40 CM besarnya…Puji TUHAN…!!! Ini yang menjadi pemikiran Dj. karena kalau benar sebesar itu, maka aquarium kami yang hanya 600 liter, tidaklah cukup, karena Arowana pun bisa sampai 70 Cm. Nah ya, wait and see sambil minum tea…Hahahahahahahahaha…!!!

Semoga anda semua bisa turut merasakan kegembiraan menikmati ikan-ikan di Aquarium bersama Dj. Maaaaf…bila tidak berkenan…

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu setia menayangkan oret-oretan Dj. dan perhatian anda semuanya yang selalu menantikan hari Selasa. Semoga Berkat dan Kasih TUHAN selalu menaungi kita semuanya.

 

Salam manis dari pensiunan di Mainz, hahahahaha…!!!

Dj. 813

djokopaisan

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

18 Comments to "Sekedar Foto (2)"

  1. Dj. 813  1 February, 2016 at 21:22

    Matur Nuwun dimas . . .
    Lha ini hanya kebetulan di toko ikan ada ikan yang cukup besar untuk menemani Arowana .
    Jadi tidak sengaja.Saat di Mal, diitoko ikan ada ikan itu dan cukup besar .
    Olehnya Dj. beli .
    Ya jelas, setelah ada itu ikan, kaca aquarium tidiak perlu dibersihkan lagi .
    Padahal sebelumnya, setiap minggu paling cepat 10 menit bersihin kaca depan aquarium .
    Sekarang bukan hanya kaca depan saja yang bersih, semua nya bersih .
    Jadi Dj. pikir, tidak salah juga beli ini ikan blirik . Hahahahahaha . . . ! ! !

    Salam manis untuk keluarga dari kami di Mainz .

  2. J C  1 February, 2016 at 17:01

    Kalau seminggu sebelumnya ikan ndangak, ndingkluk dan angop, yang ini ada ikan blirik…

    Salam untuk keluarga besar Paisan di Mainz ya…

  3. Dj. 813  31 January, 2016 at 17:48

    Hi Hennie . . .
    Danke schön, dass du da bist . . .
    Kalau menurut di leteratur, dia bisa bertelur sampai 3000 butit .
    Tapi mungkin ini kali pertama dan mereka masih muda .
    Jadi masih relativ sedikit, mungkkin sekitar 200 -300 butir .
    Pagi hari yang ke 3 sudah bersih, tidak ada telur lagi diatas kayu.
    Dj. kira sudah menetas, tapi Dj. cari sama sekali tidak ketemu .
    Bisa jadi mereka memang belum ada pengalaman dan malam tidak dijaga,
    sehingga dimakan ikan yang lain . Tapi entah lah . . .
    Dj. pikir mereke masih muda .
    Ternyata benar dan 5 hari kemudian, mereka bertelur lagi dan hari ke 3 telurnya hilang lagi .
    Hahahahahahahaha . . . ! ! !
    Ya sudah tidak apa-apa, Dj. baru mau cari tempat untuk mereka berdua, agar tidak ada yang ganggu .
    Agar kalau bertelur lagi, mereka bisa dengan tenang menjaga telurnya .

    Cium sayang untuk Chiara .

  4. HennieTriana Oberst  31 January, 2016 at 13:07

    Hallo mas Dj. Ikannya cantik ya. Telurnya banyak sekali…
    Saya menunggu kelanjutan cerita kehidupan telur-telur ikan ini.
    Liebe Grüße aus Shanghai!!!

  5. Dj. 813  28 January, 2016 at 19:54

    Hallo mbak Maryati stg . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Puji TUHAN . . . . Ini adalah salah satu hobby Dj sejak kecil memelihara ikan .

    Yang ikan lele itu, karena kepalanya yang besar dan gepeng, jadi mirip dengan ikan sapo-sapo .
    Tapi kalau dua-duanya didekatkan kelihatan sedikit berbeda .
    Ikan sapo-sapo lebih lebar sirip kanan dan kiri .

    Tapi Dj. saat melihat ini ikan di toko ikan, sangat tertari dan harganya masih okay .
    Ikan sapo-sapo cukup mahal yang bisa hidup di air tawar .
    Dan juga warnanya banyak bervariasi, juga ada yang belang belonteng .
    Hahahahahahaha . . .

    Anak-anak kalau ada kemauan, bisa diberikan kesempatan .
    David ( cucu kami ), juga sudah 2 tahun ini Dj. belikan aquarium kecil yang isi 60 Liter dangan
    4 ikan emas. 1 sudah mati dan dia sangat sedih .
    Dj. mengajar dia untuk merawat, walau dia kadang lupa kasih makan atau nyalakan lampunya.

    Dia juga sudah sekitar 4 tahun lalu Dj. kasih satu bonsai yang mudah untuk dirawat.
    Dia bangga dan di WA selalu cerita, dia sudah siram bonsainya.
    Dj. sudah siapkan 1 set gunting untuk memotong ranting yang berlebihan .
    Naamun sampai sekarang dia masih belum siap, jadi kalau memotong ranting , ya harus Dj.
    Tapi sati saat dia juga harus memolainya .

    Dj. ajarkan agar dia menyayangi binatang dan juga tanaman .
    Apakah nanti nya itu akan menjadi hobbya, itu semua terserah dia ,
    Tapi Dj. sudah arahkan .

    Okay, salam manis dari Mainz.

  6. maryati stg  28 January, 2016 at 11:26

    Hello Om Dj…apa kbr..semoga sehat ya Om….wah ikannya bagus2 ..seneng banget liatnya..btw, ikan lelenya spt ikan sapo2 ya om bentuknya..hanya warnanya beda..tp leopard lebih bagus euy…

    Memang melihat ikan2 diaquarium sambil mendengarkan gemericik air sungguh indah..buat relax..

    Anak2ku dirmh jg suka ada pelihara ikan…tp krn mrk blm bisa memelihara dgn baik, yah jadi papanya deh yg sibuk tiap pagi ngasih mkn dan bersih2 aquariumnya…hehe..tempatnya sih yg kecil om…yah sing penting anak2 seneng aja….

    Ok Om Dj..maturnuwun sharingnya..salam buat keluarga Om and GBU..

    @-@

  7. Dj. 813  28 January, 2016 at 04:48

    Hallo yu Lani…
    Mahalo yu…
    I ya…. beru dengar ada ikan Kanther. … hahahaha….!!!
    Ikan yg belang – belang spt Leopard itu Sejenis lele.
    Kalau Oscar, ada yg Lorenz merah dan hijau. Juga ada yg putih.
    Dia sebangsa tilapia…
    Okay yu…
    Salam manis dari Mainz

  8. Lani  28 January, 2016 at 00:44

    MAS DJ : telaaaaaaaaat kemunculan “ikan kenthir” hahaha menurut James lagi kedatangan tamu dr mainland mas.

    Itu ikan indah dgn totol2 mirip Leopard, baru pernah melihat ikan gurame berwarna warni, aku yakin gurame ini ikan hias bukan utk digoreng hahaha……….

    Mrk galak krn menjaga telurnya, apakah telur2 itu tdk dimakan ikan lainnya? Jangan2 mrk akan bertarung melindungi telurnya?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *