Steak ala Djoko Paisan

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO…HALLO…HALLO…

Mohon jangan kaget ya, kalau membaca judulnya…Inilah yang membikin semua saudara Dj. di Indonesia, saat Dj. ceritakan apa yang Dj. masak hari ini. Olehnya Dj. pikir, biarlah Dj. sekalian tulis untuk anda semuanya di Baltyra…

Inilah Steak asli Argentina yang kami makan di Restaurant Argentna di kota Koblenz. Daging sapi dan harganya pun tidak murah. Steak ini bisa dimakan hanya dengan butter rasa bawang putih, atau dengan saus creams dan kentang goreng.

steak-paisan (1) steak-paisan (2)

Dan di bawah ini steak Jerman yang cukup terkenal, juga asalnya dari Brazil. Dimana duluuu…ceritanya dibawa pekerja-pekerja dari Brazil yang mencari batu permata di daerah kota Idar-Oberstein. Sehingga budaya ini, diambil alih oleh kebanyakan orang di Idar-Oberstein (Jerman). Dan steak ini terkenal dengan nama Schwenkbraten atau Spießbraten (yang ditusuk seperti sate, tapi sangat besar). Schwenkbraten ini banyak digemari dan dicari orang Jerman yang tidak tinggal di Idar-Oberstein. Jadi kalau ingin makan yang orisinil, yang harus ke Idar-Obestein.
1 porsi, kalau di Restaurant, sekitar 15 – 18 Euro.

steak-paisan (3)

Nah ini kalau Dj. makan di Idar-Oberstein, daging ini dibakar dengan kayu pilihan (tidak sembarang kayu). Dan kesukaan Dj. makan steak ini hanya dengan parutan lobak saja. Jadi yang putih itu bukan nasi, tapi lobak yang sudah diparut dan diremas dengan garam.

Jelas masih banyak öagi macam steak.

steak-paisan (4) steak-paisan (5) steak-paisan (6)

Okay…Okay…

Bukan steak ini yang ingin Dj. pamerkan, tapi Steak ala Dj. yang nama sausnya juga lain. Nah…inilah Steak kesukaan Dj. dan jelas kalau makan di rumah, karena tidak mungkin ada di Restaurant. Okay….Slahkan menikmati Steak Dj…V O I L A…!!!

steak-paisan (7)

Maaaaf…salah…

steak-paisan (8)

Ooooooo…. ini juga salah…Lha dimana steak Dj…??? Aaaaaah…. ni dia…Steak dengan tauge dan sause / sambal kacang…Hahahahahahaha…!!!

steak-paisan (9)

Steak kan juga daging seperti sate dan sate kita makan juga dengan sambal kacang. Mengapa tidak steak…??? Hahahahahahaha…!!! Dan sayurnya tidak perlu brokoli, wortel, bunga kohl, boncis atau lobak, tapi cukup tauge…

Silahkan mencoba, pasti anda akan ketagihan, tidak perlu meniru steak yang lain. Kita juga punya steak sendiri…Hahahahahahaha…!!!

Mungkin secara penampilan, kalah dengan steak yang lain, tapi soal rasa…??? Orang Jerman berkata…Kleider machen Leute (pakaian membikin orang heran). Tapi belum tentu dibawah pakaian itu juga mengherankan. Hahahahahaha…!!! Hahahahahahahaha…!!!

Jangan melihat penampilan seseorang, tapi lihatlah rasanya…(bagaimana mungkin? ngawur.com)

Okay…

Terimakasih untuk kesabaran anda semuanya…
Terimakaksih untuk perhatian nya.
Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Mohon maaf bila banyak yang tidak berkenan.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz.

djoko-paisan

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

26 Comments to "Steak ala Djoko Paisan"

  1. J C  11 February, 2016 at 11:23

    Pak Djoko, saya comot sendiri satu rantang penuh ya…

    Salam untuk keluarga besar Paisan di Mainz ya…

  2. Dj. 813  3 February, 2016 at 22:41

    Mbak Maryati . . .
    Terimakash sudah mampir . . .
    I ya itulah, masakan ala Dj . asal-asalan saja, yang penting keluarga doyan .
    Apa lagi kalau dibilang Lecker . . . ! ! !
    Hahahahahahahaha . . . ! ! !
    Tunggu hari Selasa Minggu depan, Dj. pamer yang lebih sederhanya lagi .
    Tapi sabar ya . . .

    Bumbu kacang atau bumbu pecel ya bisa dibikin menurut selera kita .
    Yang senang pedas ya lebih banyak cabe nya, yang kurang senang pedas yang sedikit saja .
    Dj. santai saja . . . Kalau kepedasan, ya ditambah kecap juga enak kok .
    Ingat dulu saat kecil, makan krupuk udang dengan sambal kacang dan kecap .

    Kecap, brambang dan cabe rawit juga enak untuk makan steak .
    Tapi sayangnya di Mainz tidak setiap hari ada brambang .

    Okay, salam manis dari Mainz untuk keluarga dirumah .

  3. Maryati  3 February, 2016 at 15:52

    Hmmm…pasti wunak donk ya Om..sayur tauge dgn sambel kacangnya. Kalau ditempatku sih bilangnya pakai sambel pecel..oh ya emang bener Om, kalau steaknya pakai sambel kacang ya spt sate dgn sambel kacang..tapi kalau buatku sih harus rada pedes gitu..hehehehe..kecuali kalau satenya dibuat pakai sambel kecap dgn irisan cabe rawit dan brambang..

    Wah salut deh sama Om Dj….jago masaknya..jadi malu nih sbg perempuan..soale bisanya cuma masak ala gw sendiri dan paling juga yg nikmati yah keluarga kecilku..hahaha…jadi inget anakku yg bungsu, kalau dia pengen mamanya masak sesuatu yg dia suka, dan mamanya buatkan..sibungsu suka kasih jempol kemamanya..hahahahha..jadi ilang deh itu rasa capeknya saat menyiapkan semuanya..hehehe..

    Ok Om Dj..salam hangat buat keluarga di rumah and GBU.

    Cheers..^_^..

  4. Dj. 813  3 February, 2016 at 14:34

    Hallo Nok….
    bisa ngiker to…?
    Hahahahahaha….?
    Terimakasih dan salam manis dari Mainz.

  5. Ikha  3 February, 2016 at 12:42

    Bikin ngiler…

  6. Dj. 813  3 February, 2016 at 11:34

    Selamat pagi yu Lani….
    puji Tuhan bangun pagi dgn baan sehat….
    Sapi makan…. kambing makan…. babi makan… ayam juga makan… ya bahkan kodok… ular semua makan….Yang tidak makan hanya telur yu…
    Terimakasih utk japrinya .. nanti Dj akan cari ke negri China….. hahahahahaha….!!!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *