Ikan Peda

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA…

Setelah menganggur lebih dari 1 tahun, Dj. berusaha menyibukkan diri dengan berbagai pekerjaan di rumah.
Duluuuuuu…saat masih aktiv, paling hanya membantu, sebelum berangkat, atau setelah pulang kerja. Sekarang, nganggur…jelas ada hal yang positif dan tentu ada juga yang tidak positif (negatif…???) tidak jugalah…Hahahahahaha…

Maksud Dj., di rumahpun banyak yang bisa dikerjakan, selain hobby seperti pelihara ikan-ikan di Aquarium, merawat bonsai-bonsai, melukis, jalan kaki, fitness, bersih-bersih, setrika dan juga masak….

Naaaaah, yang terakhir ini yang kadang bikin sedikit pusing, tapi pusing beneran sih tidak…hahahahaha…!!! Yang Dj. maksudkan, kadang mikir…Apa yang akan Dj. masak…??? Masak ini…eeee…minggu lalu sudah masak, masak itu, eeee…beberapa hari yang lalu sudah masak juga.

Dj. mikir akan masak opor, karena memang sudah cukup lama tidak makan opor dan semua bahan nya juga ada. Kecuali hati sapi, karena biasanya kalau masak opor, juga masak sambal goreng hati, nah ya….

Okay…Hari ini, cukup lucu juga kalau diingat, hari ini jujur Dj. ingin makan yang lain dan bukan opor. Minggu lalu sudah pamer beberapa macam steak…Sekarang saat nya untuk yu Lani…, mbak Tree yang suka pedas…(ingat makan di rumah mbak Tree, sambalnya pedas minta ampun) Hahahaha…!!! Hari ini…jelas juga untuk anda semua yang suka makanan orang desa, yang sangat sederhana…yaitu u u u….Pingin makan ikan peda…mimpi di pagi hari, kali…Hahahahahaha…

Memang di Asia toko, kadang ada dijual ikan peda, atau ke toko Italy ada juga ikan asin yang cukup besar, dengan nama “B A K A L A”. Tapi ikan bakala cukup mahal, jelas enak dimasak sambal goreng, walau ikan Bakala, perlu di rendam di air, semalaman, sebelum dimasak. Tapi ikan bakalaa, dimasak sambal goreng dengan santan…jelas, sangat maaaak nyuuus…!!!

Okay, pendek cerita, Dj. cari makanan di Freezer yang bisa dimasak hari ini, kecuali opor. Puji TUHAN…!!! Lha kok malah ketemu ikan peda yang masih terbungkus rapi dan beku. Seolah ada yang tahu keinginan Dj. TERIMAKASIH TUHAN…!!! Semuanya Dia telah sediakan untuk anak-anakNya. Jelas tidak menunggu lama, maka ikan tersebut Dj. goreng…sreeeeng…!!! Bim bim…salabim…jadi ikan peda goreng…!!! Jreeeeng…maka jadilah ikan peda goreng…Hahahahahahaha…!!!

ikanpeda (1)

Saat nunggu ikan peda di wajan, Dj. langsung keluarkan sayuran dari kulkas untuk lalapan. Lalapan…??? Biasanya sih kalau dengan sambal, Dj. lalap Romana (entah apa namanya di Indonesia), lebih enak di mulut. Tapi karena di kulkas tidak ada, ya pakai saja apa yang ada…Ada salat (eisbergsalat), timun dan tomate…Hahahahahaha…!!! Jreeeeeeng…jadilah lalapan…

ikanpeda (2)

Dan juga membuat sambal trasi…Hhhhhmmmmm…kelihatan sangat nendang kan…???

ikanpeda (3)

Bagaimana mbak Tree…??? Cukup halus…??? (sing dadi…lak rasane…hahahahahaha…!!!) Nguleknya juga sampai hampir gempor…hahahahahaha…!!! Jujur, saat Dj. bikin ini sambal, Dj. sudah tidak tahan. Langsung Dj. ambil sendok teh dan Dj. cicipi…Waaaaaaaw…mak nyuuuuus…!!! Nah ini dia makan siang Dj. hari Selasa 26 Januari 2016
Dj. juga goreng krupuk, agar semakin nikmat…Ini krupuk tali emas dan rasanya juga enak, belinya saja jauh dan harus ke Amsterdam. Makanan ndeso, kok beli krupuk saja ke Amsterdam, apa Amsterdam tempat wong ndeso…??? Hahahahahaha…!!!

ikanpeda (4) ikanpeda (5) ikanpeda (6)

Okay, jadi…

Opor pun Dj. masak untuk Susi dan Daniel, karena Dj. yakin mereka tidak makan ikan peda. Sambal trasi, mereka masih bisa makan, tapi mosok istri dan anak hanya dikasih sambal trasi…??? Ya nggak lah…Hahahahahahaha…!!!

Nah, ini opor ayam dengan telur rebus dan tahu yang sebelumnya sudah digoreng sebentar, agar tidak hancur bila dicampur di opor. Nah ini opor…untuk Susi dan Daniel.

ikanpeda (7)

Makan dengan nasi yang masih panas (kemebul atau kemepul), makan menggunakan jari dan jempol dan duduknya njigang…Hahahahahahahahaha…!!! Setan lewat, juga tidak kelihatan…Hahahahahahahahaha…!!! Emang ada yang pernah lihat setan…???

Ternyata, Susi makan opornya juga ambil sambel trasi…Dia bilang semua cocok dan enak…Puji TUHAN…!!!

Okay, bila anda suka, silahkan ambil…Bila sangat suka…, silahkan bikin sendiri…hahahahahaha…!!! Gampang kok…Dj. yang bloon saja bisa…Anda pasti jauh lebih bisa…benar…???

Iwak pedo nduuuk…rasane asin…
ora duwe bondo nduuuk…ra usah isin…
Sambal trasi nduuuuk…janganne lodeh…
Nggo opo aksi nduuuk…sopo sing noleh…Hahahahahaha…!!! (ngawur.com)

Okay…
Terimakasih untuk perhatian anda semuanya. Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. yang sangat sederhana ini.

Mohon maaf bila banyak yang tidak berkenan. Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

 

Salam manis dari opa Dj. 813 di Mainz.

djoko-paisan

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

50 Comments to "Ikan Peda"

  1. Dj. 813  11 February, 2016 at 19:02

    Linda Cheang 11 February, 2016 at 14:52

    Di rumahku Ikan Peda pun dikukus, Oom,. nggak digoreng lagi…..
    ————————————————————-

    Hallo Linda . . .
    Kumaha Linda . . .? ? ?
    Damang . . . ? ? ?
    Hatur nuhun atuh Lind, sudah dikasih informasi yang baik.
    Dj. tahunya hanya digoreng .
    Tapi kalau di kukus, mungkin jadi lebih baik, tidak berminyak .
    Nanti kalau dapat ikan peda lagi, akan Dj.coba dikukus .
    Dj. yakin pasti juga enak .
    Salam manis dari Mainz .

  2. Dj. 813  11 February, 2016 at 18:59

    Ikha 11 February, 2016 at 12:36

    hahaha… bingung ah klo udah dibolak-balik sama bapak gitu. Pokoknya gini, bungkusnya itu daun kol belanda. udah gitu aja dr pd tambah bingung…hahaha
    ————————————————–
    Hahahahahaha . . .
    Jangan bingung to Nok . . .
    Kan si Nok yang nulis sendiri . . .
    ——-
    *** Ikan peda dibungkus daun kul belanda (di tempatku namanya spt itu ) ***
    ——-

    Namanya seperti itu, nama yang mana . . . ? ? ?

    Apa namanya Nok . . . ? ? ?
    Lebih aneh lagi kan . . . ? ? ?

    Okay . . .
    Salambingung dari Mainz .

  3. Dj. 813  11 February, 2016 at 18:55

    Yu Lani . . .
    Wiiiiis to , ojo tukaran . . .
    Wong isih okeh . . .
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam manis untuk Kona . . . Kameha meha . . . ! ! !

  4. Dj. 813  11 February, 2016 at 18:53

    Dimas Josh Chen . . .
    Oaaaalah . . . sampai 2 X nyomot nya ya . . .
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Itu yu Lani sudah nglirik . . .
    Taku tidak kebagian . . .
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam manis juga untuk keluuarga dirumah ya .

  5. Dj. 813  11 February, 2016 at 18:51

    J C 11 February, 2016 at 11:37

    Pak Djoko, kerupuk dan opornya yang bikin ngiler…
    ———————————————————————
    Terimakasih dimas Josh Chen . . . .
    Silahkan ambil mana yang disuka . . .
    Makanan wong ndeso . . .
    Hahahahahahaha . . . . ! ! !

  6. Linda Cheang  11 February, 2016 at 14:52

    Di rumahku Ikan Peda pun dikukus, Oom,. nggak digoreng lagi…..

  7. Ikha  11 February, 2016 at 12:36

    hahaha… bingung ah klo udah dibolak-balik sama bapak gitu. Pokoknya gini, bungkusnya itu daun kol belanda. udah gitu aja dr pd tambah bingung…hahaha

  8. Lani  11 February, 2016 at 12:31

    Ki Lurah: ngaku saja semuanya bikin ngileeeeeeeeeeer………trs semuanya diangkut kerumahmu hahaha

  9. Lani  11 February, 2016 at 12:29

    Ki Lurah: tidak tepat klu kamu bilang “comot” sebanyak-banyaknya sing lebih tepat malah digondol semuanya dipindahkan ke Serpong dibikin bancak-an dewe sekeluarga………..

  10. J C  11 February, 2016 at 11:37

    Saya comot sendiri banyak-banyak ya…hahaha…salam untuk keluarga besar Paisan di Mainz ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.