FITNESS

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTTYRA…

Semua orang ingin hidup sehat, tapi tidak semua orang mau berolahraga agar tetap sehat. Bukan hal yang aneh lagi, banyak juga yang bergerak badan dan bahkan berlebihan.

Jujur… sejak serangan jantung di tahun 2003, Dj. juga rajin ke Fitness Studio…Pernah juga berhenti beberapa bulan, karena males dan akibatnya berat badan naik lagi. Nah ya di Fitness First di Mainz ini, cukup penuh, inilah yang kadang bikin males. Mau latihan, kadang harus menunggu beberapa menit, tapi kadang kalau yang sedang latihan baik, kami bisa bergantian. Padahal kalau dipikir ini Fitness First cukup besar dan komplit, termasuk sauna dan mandi uap dan ruang istrahat setelah sauna, sambil baca buku atau mendengarkan musik.

Okay, setelah nganggur sejak 2014 lalu, jelas Dj. lebih santai dan bisa kapan saja ke Fitness Studio. Dj. coba pagi hari dan ternyata tidak seramai kalau sore atau malam.

fitness (1)

Dj. pikir, pagi hari sangat baik dan lumayan sepi, jadi bisa leluasa dan mau latihan dengan apa saja, selalu banyak yang kosong. Jadi tidak harus nunggu dan tidak ada orang lain yang nunggu, jadi benar-benar bisa latihan dengan tenang. Puji TUHAN…!!! Dari 90 Kg. dan sekarang sudah bisa jadi 85 Kg. pelan… tapi pasti. Hahahahahaha…!!!

fitness (2) fitness (3)

Yang aneh, di pagi hari, kebanyakan wanita yang latihan, dari yang muda, sampai yang sudah lansia. Dan di sini Dj. rasakan hal yang lain, latihan bersama orang-orang tua, jauh lebih baik dan tidak ada kingkong-kingkong yang
pamer badan… Hahahahahahahaha…!!! Dan latihan pagi hari bersama lansia, ternyata sangat santai dan mereka sangat ramah. Ada waktu untuk saling menyapa, selamat pagi… selamat berolah raga… ada yang menyapa… semangat…!!! Kalau dibanding dengan latihan di sore atau malam hari, semua sibuk dengan diri masing-masing.

Dan kebanyakan orang-orang muda yang angkat beban berat, pasti membanting beban tersebut di lantai, yang mengakibatkan bunyi yang sangat keras. Tapi di pagi hari, mereka sangat tenang, latihan sendiri dan tidak banyak ribut…Hal ini juga menjadi perhatian Dj. karena kalau pas latihan naik sepeda (Tread Mill), kami sering saling bersapa. Jelas banyak dari mereka yang penasaran, dari mana Dj. berasal.

Dan kalau Dj. kasih tahu, bahwa Dj. dari Indonesia, ternyata banyak dari mereka yang sudah pernah ke Indonesia.
Yang membikin Dj. kaget, mereka cerita 1960 pernah ke Bali dan saat itu Soekarno yang jadi President. Ada yang cerita, pernah ke Medan dan ke Jakarta. Ada yang cerita pernah ke Jogya dan ke Borobudur…Ini yang sangat menyenangkan, mendengarkan cerita mereka saat mereka masih muda. Lalu berapa umur mereka…???
Jelas karena Dj. penasaran, maka Dj. tanyakan umur mereka.

fitness (4)

Anda bisa lihat ini dua opa yang masih rajin Tread Mill dan tidak hanya itu saja. Dj sudah tahu, dia pasti 15 menit pemanasan dan 1 jam senam dan kemudian 45 menit lagi kembali ke sepeda. Yang kiri, dia berumur 82 tahun dan yang kanan berumur 85 tahun. Tapi semangatnya yang luar biasa, kami ketemu setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Kalau Dj. satu hari tidak datang, maka mereka pasti bertanya, kemana Dj. kok dua hari yang lalu tidak muncul.

Selain dua opa-opa itu, ada juga oma yang walau umur 84 tahun, tapi selalu datang dan latihan. Jelas Dj. minta ijin untuk mengambil foto mereka dan kadang malah jadi tertawaan. Kadang si oma bertanya, untuk apa kamu ambil foto oma-oma, lebih baik kamu ambil yang masih muda. Hahahahahahahahaha…!!! Ini oma cukup lucu, walau kadang dia juga cerita akan penyakit yang dia derita.

fitness (5)

Ini saat oma latihan.

fitness (6)

Yang jelas, mereka masih mau bergerak dan tidak hanya bermalas-malas di sofa. Di sini Dj. sangat salut, karena kita yang masih muda saja, kadang malas untuk bergerak. Hahahahahaha… Dj. sok merasa muuda, boleh dong…maksud Dj. kalau dibanding dengan mereka yang sudah di atas 80 tahun.

Okay…Semoga dengan apa yang Dj. pamerkan di atas, akan memotivasi kita semua untuk bergerak, agar tetap sehat.
Jangan kalah dengan oma dan opa yang umurnya sudah diatas 80 tahun. Si oma sudah tinggal bersamma suaminya di panti jompo, sekitar 1 Km dari Fitness Studio. Tapi untuk ke Fitness studio, dia berjalan kaki dan tidak naik bus atau taxi.

Dan kata-kata yang indah yang Dj. selalu dengar dari mulut mereka, kalau kami akan berpisah. Semoga kita masih bisa bertemu dua hari lagi… (ini yang dinamakan iman, yakin bahwa dua har lagi pasti ketemu). Mereka sadar kalau mereka sudah tua, namun mereka tidak menyerah dengan keadaan, mereka selalu berusaha hidup sehat.

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya. Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Selamat berkarya dan semoga Baltyra Jaya selalu.

Mohon maaf bila oret-oretan di atas banyak salah ketik atau apapun. Semoga Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kehidupan kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz.

djoko-paisan

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

26 Comments to "FITNESS"

  1. Dj. 813  8 March, 2016 at 15:59

    Hallo mbak Maryati . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Lha itu lari pagi dan naik sepeda juga oleh raga kan .
    Itu malah semakin sehat, kalau dilakukan setiap pagi .
    Dj. jadi ingat masa kecil di Semarang dulu . . .
    Setiap pagi, lari rame-rame bersama beberapa anak-anak dari kampoeng kami .
    Masa kecil yang indah dan tidak kenal lelah , padahal kalau kami mudik dan dj. lihat
    lagi itu rute dimana kami dulu lari padi cukup jauh juga . . .
    Hahahahahahahaha . . . . ! ! !
    Tapi karena rame-rame, jadi tidak terasa capek .

    Okay, selamat beroleh raga jalan kaki atau lari pagi .
    Dan jangan sampai bosan . . .

    Salam mannis dari Mainz .

  2. maryati-stg  8 March, 2016 at 15:51

    Om Dj : wow..keren banget Om dgn semangat olahraganya (jd malu nih..kalah sama Om Dj..hehee..). Apalagi sama Oma Opa itu..bener2 keren abis deh….salut buat mrk….

    Klo saya gak sempet ke Gym Om..krn cangkulannya jauh diluar kota..yah paling keliling lari2 pagi deket2 rmh bbrp putaran at least 30 menit tiap pagi dan sabtu pagi sambil lari2 ngikutin anak2 dan suami yg naik sepeda…hehe..

    Ok Om Dj..salam sehat selalu..

  3. Dj. 813  8 March, 2016 at 15:10

    Mbak Kornelya . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Nah ya, yang penting mereka happy dengan kegiatan setiap harinya .
    Memang kalau sudah tua, kami memerelukan teman .
    Baik teman ngobrol, ataupaun hanya sekedar kebersamaan .
    Salam manis untuk keluarga dirumah .
    Teritama untuk putrinya yang cantik .

  4. Kornelya  7 March, 2016 at 18:34

    Semangar pa DJ, hebat ya, orang tua sudah 80an masih fitness, kalau di Amerika, jompo identik dengan kasino, bingo dan dance party.

  5. Dj. 813  7 March, 2016 at 17:33

    Terimakasih dimas . . .
    Dimas hidup sehat, Dj. yakin pasti bisa . . .
    Apalagi sering berenang, semakin sehat . . . ! ! !
    Baru saja pulang dari fitness . . . Hahahahahaha . . . ! ! !
    Pokoknya , harus fit . . . ! ! !
    Salam manis juga untuk seluruh keluarga dirumah ya .

  6. J C  7 March, 2016 at 05:31

    Pak Djoko, semoga saya dan istri bisa mempertahankan semangat untuk selalu menjaga kebugaran…sama seperti Panjenengan dan para opa oma di sana…

    Salam untuk keluarga besar Paisan di Mainz ya…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *