Pasar Modal

Neng Tatu

 

Dalam analisa ekonomi makro ada tiga pasar utama yaitu Pasar Barang dan Jasa, Pasar Tenaga Kerja, dan Pasar Modal dan Pasar Uang. Pada pembangunan ekonomi suatu Negara, pasar modal merupakan salah-satu elemen paling penting, terlebih pada Negara berkembang yang membutuhkan modal atau kecukupan dana dalam melakukan perluasan/ pengembangan usaha.

Dalam kalimat Pasar Modal terdapat dua kata yaitu pasar yang biasanya digunakan istilah bursa, exchange, dan market. Sementara untuk kata modal sering digunakan istilah efek, securities dan stock. Menurut UU no 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal Pasal 1 Ayat (12) adalah kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Dapat diambil contoh, Bursa Efek atau Pasar Modal dapat diibaratkan seperti PD Pasar Jaya yaitu selaku pelaku pengelola pasar yang mana kios-kios nya disewakan kepada pedagang. Pedagang di sini adalah perusahaan efek, sementara pembeli nya adalah investor.

pasar-modal

Menurut pandangan beberapa ahli, Pasar Modal adalah:

  1. Tjipto Darmaji, dkk: adalah pasar untuk berbagai instrument keuangan jangka panjang yang bisa diperjual-beli kan baik dalam bentuk utang ataupun modal sendiri[1].
  2. Menurut John Downes dan Jordan Elliot Goodman, pasar modal adalah pasar dimana dana modal-utang dan ekuitas diperdagangkan.di dalam nya termasuk penempatan pribadi sumber-sumber utang dan ekuitas dan juga pasar-pasar dan bursa-bursa terorganisasi[2].

Dengan demikian, Pasar Modal secara umum merupakan suatu tempat bertemu nya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dalam rangka memperoleh modal. Penjual dalam Pasar Modal merupakan perusahaan yang membutuhkan modal (emiten), sehingga mereka berusaha untuk menjual efek-efek di Pasar Modal. Sedangkan pembeli (investor) adalah pihak yang ingin membeli modal di perusahaan yang menurut mereka menguntungkan.

 

FUNGSI, KARAKTERISTIK DAN MANFAAT PASAR MODAL

Pasar Modal memiliki 2 fungsi secara simultan berupa:

  1. Fungsi Ekonomi

Mewujudkan pertemuan dua kepentingan, yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang memerlukan dana dan memberikan kemungkinan dan kesempatan untuk memperoleh imbalan bagi pemilik dana melalui investasi.

  1. Pada fungsi yang kedua, Pasar Modal menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrument keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana dll.

 

Modal yang diperdagangkan dalam pasar modal merupakan modal jangka panjang, oleh karena itu bagi emiten sangat menguntungkan mengingat masa pengembangannya relative panjang, baik yang bersifat kepemilikan maupun yang bersifat obligasi. Untuk modal yang bersifat kepemilikan- jangka waktu nya sampai perusahaan dibubarkan, namun untuk yang bersifat obligasi jangka waktu nya relative terbatas dan untuk keduanya jika sudah tidak membutuhkan lagi (obligasi atau saham) dapat dijual kepada pihak lain.

Ada beberapa manfaat pasar modal, diantara nya yaitu:

  1. Menyediakan sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia usaha sekaligus memungkinkan alokasi sumber dana secara optimal.
  2. Memberikan wahana investasi bagi investor sekaligus memungkinkan upaya diversifikasi.
  3. Menyediakan leading indicator bagi tren ekonomi suatu negara.
  4. Penyebaran kepemilikan perusahaan sampai lapisan masyarakat menengah.
  5. Penyebaan kepemilika, keterbukaan dan profesionalisme, menciptakan iklim berusaha yang sehat.
  6. Menciptakan lapangan kerja/profesi yang menarik.
  7. Memberikan kesempatan memiliki perusahaan yang sehat dan mempunyai prospek
  8. Alternative investasi yang memberikan potensi keuntungan dengan risiko yang bisa diperhitungkan melalui keterbukaan, likuiditas dan diversifikasi investasi.
  9. Memberikan iklim keterbukaan bagi dunia usaha, memberikan akses kontrol sosial.

 

STRUKTUR PASAR MODAL DI INDONESIA

  1. Pengelola Pasar Modal
  • Bapepam-LK

Pada tanggal 10 Agustus 1977 pemerintah mulai melakukan usaha pengaktifan pasar modal Indonesia dengan membentuk Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) yang kemudian sejak tahun 1991 berubah menjadi Badan Pengawas Pasar Modal dan pada tahun 2015 disempurnakan menjadi Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan/ Bapepam-LK, yang bertugas membina, mengatur dan mengawsasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis dibidang lembaga keuangan. Dengan tujuan mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar, dan efisien serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat. Namun tugas dan wewenang Bapepam-LK, kini dijalankan oleh OJK.

 

  • Bursa Efek

Bursa efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan system dan/atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek diantara mereka. Pada mula nya bursa efek di Indonesia ada Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya yang mana pada Oktober 2007 di merger menjadi Bursa Efek Indonesia. Kewajiban dan tanggung-jawab bursa efek antara lain:

  1. Bursa efek wajib menyediakan sarana pendukung dan mengawasi kegiatan anggota bursa efek.
  2. Rencana anggaran tahunan dan penggunaan laba bursa efek wajib di susun sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh dan dilaporkan kepada Bapepam.
  3. Bursa efek wajib menetapkan peraturan mengenai keanggotaan, pencatatan, perdagangan, kesepadanan Efek, kliring dan penyelesaian Transaksi Bursa, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan Bursa Efek.

 

  • Lembaga Kliring dan Penjaminan

Lembaga kliring dan penjaminan adalah pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian trnasaksi bursa. Lembaga ini di dirikan pada 1995 berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal Indonesia dengan tujuan menyediakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi bursa yang teratur, wajar dan efisien. Lembaga yang menjalankan fungsi ini adalah PT. KPEI (PT. Kliring dan Penjaminan Efek di Indonesia).

  • Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian

Lembaga penyimpanan dan Penyelesaian di Pasar Modal Indonesia dilaksanakan oleh PT KSEI (PT. Kustodian Sentral Efek Indonesiai) adalah lembaga dalam lingkungan Pasar Modal Indonesia yang menjalankan fungsi sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP), yang mana fungsi LPP adalah menyediakan layanan jasa custodian sentral dan penyelesaian transaksi yang teratur, wajar dan efisien. Dalam kelembagaan Pasar Modal Indonesia KSEI merupakan salah satu Self Regulatory Organization/ SRO, selain Bursa Efek dan KPEI.

 

  • Penyelenggara Perdagangan Surat Utang Negara di Luar Bursa Efek

Penyelenggara Perdagangan Surat Utang Negara di luar Bursa Efek adalah pihak yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam untuk menyelenggarakan perdagangan surat utang negara di luar bursa efek. Penyelenggara Perdagangan Surat Utang Negara di luar Bursa Efek antara lain Himpunan Pedagang Surat Utang Negara (HINDASUM) yang merupakan SRO yang telah mendapatkan izin usaha sebagai penyelenggara perdagangan Surat Utang Negara di luar Bursa Efek dari Bapepam dengan surat keputusan Ketua Bapepam No Kep-17/PM/2003 tanggal 23 maret 2003.

 

  1. Para Pelaku Pasar Modal
    • Emiten

Perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa disebut emiten. Dalam melakukan emisi, Emiten dapat memilih dua macam instrument pasar modal, apakah bersifat kepemilikan atau utang. Jika bersifat kepemilikan maka di terbitkanlah saham dan jika yang dipilih adalah instrumen utang maka yang dipilih adalah obligasi.

Tujuan melakukan emisi adalah:

  1. Untuk perluasana usaha
  2. Untuk memperbaiki struktur modal
  3. Untuk mengadakan pengalihan pemegang saham
  4. Keterbukaan mendorong meningkatnya profesionalisme
  5. Menurunkan kesenjangan social, karena besar nya peluang masyarakat untuk menjadi investor
  6. Sarana promosi.

 

  • Investor

Pemodal yang akan membeli atau menanamkan modal nya di perusahaan yang melakukan emisi disebut investor. Tujuan utama investor dalam pasar modal adalah:

  1. Memperoleh dividen, yaitu keuntungan yang akan diperoleh investor yang dibayar oleh emiten.
  2. Kepemilikan perusahaan,semakin banyak saham yang di miliki, maka semakin besar pengusahaan perusahaan.
  3. Berdagang, yaitu investor akan menjual kembali pada saat harga tinggi.

 

  • Perusahaan Pengelola Dana

Perusahaan pengelola dana merupakan perusahaan yang beroperasi di pasar modal dengan mengelola modal yang berasal dari investor. Perusahaan pengelola dana mempunyai dua unit, yaitu pengelola dana (fund management) dan penyimpanan dana (kustodian). Pengelola dana memutuskan efek mana yang harus di jual dan efek mana yang harus dibeli, kemudian yang melaksanakan penjualan atau pembelian adalah kustodian. Kustodian juga melakukan penagihan keuntungan kepada emiten.

  • Reksa Dana

Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Dapat pula dipahami sebagai suatu wadah dimana masyarakat dapat menginvestasikan dana nya dan oleh pengurus nya, yaitu manajer investasi, dana tersebut diinvestasi kan ke portofolio efek. Portofolio efek adalah kumpulan (kombinasi) sekuritas, surat berharga atau efek, atau instrumen yang dikelola.

 

pasarmodal

INSTRUMEN YANG DIJUAL DI PASAR MODAL

  1. Saham

Saham merupakan salah-satu instrument pasar modal yang umum nya djual di pasar modal (bursa efek). Saham merupakan penyertaan modal pada suatu Perseroan Terbatas (PT). manfaat yang dapat diperoleh dari kepemilikan saham:

* Dividen: bagian dari keuntungan yang dibagikan kepada pemilik saham.

* Capial Gain: keuntungan yang diperoleh dari selisih positif harga beli dan harga jual saham.

* Manfaat non financial: memperoleh hak suara dalam aktivitas perusahaan.

  1. Obligasi

Obligasi adalah surat pengakuan hutang suatu perusahaan yang akan dibayar pada waktu jatuh tempo sebesar nilai nominal nya. penghasilan yang diperoleh dari obligasi berupa tingkat bunga yang akan di bayarkan oleh perusahaan penerbit obligasi tersebut pada saat jatuh tempo.

  1. Surat berharga turunan (Derivative)

            Selain dari dua jenis efek diatas terdapat beberapa jenis efek yang juga merupakan instrument di pasar modal, seperti: Option, warrant, right.

3.1 Option

Adalah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh seseorang atau lembaga (tetapi bukan emiten) untuk memberikan hak kepada pemegang nya untuk membeli saham (call option) dan menjual saham (put option) pada harga yang telah di tentukan sebelum nya.

3.2 Warrant

Adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memberikan hak kepada pemegang nya untuk membeli saham perusahaan dengan persyaratan yang telah di tentukan sebelum nya. persyaratan tersebut biasanya mengenai harga, jumlah dan masa berlaku nya warrant tersebut.

3.3 Right

Adalah surat yang diterbitkan oleh perusahaan yang memberikan hak kepada pemegang nya (pemilik saham biasa) untuk membeli tambahan saham pada penerbitan saham baru. Sering juga di kenal dengan HMTED (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu).

 

[1] Tjipto Darmaji, dkk., Pasar Modal di Indonesia, (Jakarta: Salemba Empat, 2000), hal 1.

[2] John Downes dan Jordan Elliot Goodman, Kamus Istilah Keuangan dan Investasi, Edisi Ketiga (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001), hal. 76.

 

 

8 Comments to "Pasar Modal"

  1. ratman aspari  27 January, 2017 at 14:29

    Wah informasi yang menarik…

  2. J C  17 March, 2016 at 15:25

    Menyimak saja…belum waktunya ikutan yang investasi yang canggih-canggih begini…

  3. Budi Margomuljo  10 March, 2016 at 12:07

    @Neng Tatu: Terima kasih infonya…

  4. Neng Tatu  9 March, 2016 at 20:10

    Terimakasih semua nya untuk komentar nya

    Pak Budi: sebenar nya ada 1 lgi tulisan saya tentang pasar modal: bagaiama cara bermain saham untuk trading, namun sepertinya belum di posting. JIkalau bapak berminat untuk mempelajari nya, silahkan buka website IDX, pada kolom Sekolah Pasar Modal.

  5. james  9 March, 2016 at 09:24

    betul mas DJ modal dengkul itu paling keren apalagi kalau bisa sampai sukses gitu, kan hebat jadinya, dengkul berkembang

  6. Dj. 813  8 March, 2016 at 15:45

    James dan para kenthir, modal dengkul saja, itu paling mahal .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !

  7. james  8 March, 2016 at 14:38

    numpang lewat saja sambil mengabsenkan para Kenthirs

  8. Budi Margomuljo  8 March, 2016 at 12:30

    Terima kasih untuk tulisan mengenai pasar modal. Saya sedang belajar untuk trading saham. Sebelumnya saya lebih banyak aktif di reksa dana..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.