[AMNESIA – The Future Story] Pesona Purnama Kembar

djas Merahputih

 

Sudah waktunya bersentuhan dengan hal yang lebih rumit dan sulit daripada sekedar masalah perasaan. Baginda Raja Miriko telah mengutus Sang Pangeran ke sebuah planet yang sedang dikuasai makhluk Mutan bermata satu.

Manusia penghuni Planet Ramnox tak menyadari ras manusia di planet tersebut telah berada dalam pengaruh buruk Sang Mutan. Manusia merendahkan derajat mereka sendiri dan berlaku seperti hewan. Sebuah ancaman serius bagi eksistensi ras manusia sebagai penguasa Planet Ramnox sesungguhnya.

img. 1 Semesta Lain

img. 1 Semesta Lain

Ras Manusia adalah makhluk tertinggi dan paling sempurna di kolong langit. Kecerdasannya sangat tinggi. Bahkan sekilas nampak melebihi Tuhan. Jika Tuhan perlu enam hari untuk menciptakan alam dan seluruh isinya, maka manusia dengan “kecerdasan” itu bahkan sebaliknya mampu menciptakan Tuhan, Tuhan bagi diri mereka sendiri, hanya dalam waktu kurang dari sehari. Sehingga tak heran di Planet Ramnox akan ditemui banyak Tuhan-tuhan sesembahan buatan manusia.

Sang Pangeran sungguh mendapat ujian berat dengan keputusan ini. Beliau harus terlibat dalam proses pemurnian kembali ras manusia di Planet Ramnox. Tanpa pangalaman sama sekali, Pangeran Soka Purnama harus berjuang dan tetap berusaha menunaikan ujian kepemimpinan dari Baginda Raja di Langit Kelima. Beberapa penasehat kerajaan serta para pemantau ditugaskan memberi informasi apapun saat Sang Pangeran membutuhkan.

Layaknya seorang pria sejati, Sang Pangeran juga tak akan lepas dari pesona keindahan seorang wanita. Alam telah menakdirkan mereka untuk menjadi Ratu dari keindahan. Dan, hanya pada Sang Ratu Keindahan itulah makhluk Mutan bermata satu kelak akan takluk dan bertekuk lutut.

*****

Suasana Istana Presiden Amorluxico terlihat lengang. Sebuah acara kenegaraan baru saja usai. Utusan negeri Ra Sirhonesia datang menemui Sang Presiden. Presiden Rasyie menyampaikan selamat atas pelantikan Pemimpin Amox untuk kedua kali. Sang Menteri Luar Negeri menyampaikan permintaan maaf Presidennya yang tak bisa datang sendiri, berhubung keadaan di dalam negeri yang belum stabil. Sebuah percobaan kudeta telah mengguncang negeri cantik itu.

Utusan negeri Rasyie, Ibu Menteri Luar Negeri, sebelumnya terlihat berbincang cukup lama dengan Wakil Presiden Amox. Selain karena mereka berdua sama-sama wanita, juga disebabkan negeri tersebut bukanlah negeri yang asing bagi Maysha. Saat kuliah di bidang kesusasteraan, Maysha banyak membaca tentang negeri feminin ini. Apalagi Sang Suami memang berdarah asli bangsa Rasyie. Beberapa kalimat bahasa negeri tersebut bahkan telah lancar keluar dari mulut Maysha.

img. 2 Feminin

img. 2 Feminin

Sang Presiden masih nampak kelelahan setelah menerima belasan tamu dari berbagai negeri yang ingin menyampaikan selamat atas pelantikan Beliau. Pemimpin idola Amorluxico melangkah ke kamar kepresidenan untuk beristirahat sejenak. Tak lama berselang, dengan membawa rasa lelah di sekujur tubuh, Presiden Amox tertidur dengan lelap.

Sudah menjadi kebiasaan Sang Pangeran untuk melepaskan raga kedua Beliau pada saat sedang tertidur. Seluruh memori peristiwa yang terjadi sebelumnya telah tersimpan dengan aman pada sel memori bawah sadar Sang Presiden. Sehingga saat terbangun, peristiwa-peristiwa tersebut seakan-akan dialami sendiri oleh si pemilik raga.

Setelah meninggalkan raga Sang Presiden, Pangeran Soka bergegas menuju kursi kerajaan Beliau yang menanti di sudut ruangan. Ki Sampan, kursi kerajaan Sang Pangeran, segera melesat menuju istana kerajaan di tepi Danau Saxoview. Seluruh keluarga kerajaan menyambut kedatangan Sang Pangeran dengan sukacita. Mereka berharap pangeran mereka mampu mengemban tugas berat yang diamanatkan oleh Baginda Raja di Langit Kelima.

*****

Purnama kembar kembali bersinar, memamerkan wajah cantik dengan pantulan cahaya indah di permukaan Danau Saxoview. Ki Telaga Sukma, penasehat utama kerajaan, menyampaikan kedatangan Ki Asmara Karma (Arkam) dan Ki Asmara Warna (Arwan). Beliau berdua adalah dua penasehat yang bertugas di wilayah Ra Sirhonesia.

Ketika sembilan utusan mendatangi negeri Amox, para utusan dari Negeri AMNESIA juga menyebar di seluruh wilayah Rasyie.

Wilayah kekuasaan Ratu Maava adalah kebalikan dari wujud wilayah kekuasaan Baginda Maxi. Wujud asli Ra Sirhonesia adalah samudera dengan hiasan pulau-pulau indah di permukaannya. Para pendatang akan terkecoh saat melihat wilayah daratan dan menyangka daerah tersebut sebagai tempat bermukim Ratu Maava“. Ki Arkam menyampaikan penjelasan awalnya kepada Sang Pangeran.

img. 3 Hiasan pulau-pulau

img. 3 Hiasan pulau-pulau

Daratan hanyalah sulur-sulur mahkota Sang Ratu yang menampakkan diri di permukaan lautan. Gunung berapi adalah seruling sakti dan kawah tiga warna merupakan gerbang istananya. Samudera adalah wajah Rasyie yang asli. Di sanalah Ratu Maava bertahta. Para penduduk daratan adalah hamba-hamba sahaya. Ketika para perusuh menguasai seluruh penduduk daratan, maka sesungguhnya mereka tak lebih sedang mengendalikan kutu di ujung ekor Sang Singa. Sekali hentakan kutu-kutu tersebut akan terhempas seperti kapas. Begitu ringan dan tanpa daya sama sekali.

Sang Pangeran tertarik dengan pemaparan Ki Arkam. Sebuah negeri indah namun sangat misterius. Walaupun telah mengenal beberapa ciri negeri Rasyie dari Ki Telaga Hati beberapa waktu lalu, Pangeran Soka masih ingin mengetahui lebih rinci tentang negeri misterius tersebut. Penasehat Pertama yang bertugas di wilayah Rasyie kembali melanjutkan kisahnya.

Karena wujud utama berupa lautan maka penyebaran ras manusia dalam wilayah kekuasaan Ratu Maava ditandai dengan terpencarnya suku-suku dan masyarakat pada wilayah kepulauan yang berjumlah ribuan pulau. Akibat minimnya interaksi antar suku-suku tersebut maka adat-istiadat dan budaya mereka tumbuh lalu berkembang sendiri-sendiri, sehingga terlihat unik dan berbeda satu sama lain.

Ratusan suku dengan bahasa dan adat kebiasaan berbeda-beda dapat ditemukan dalam wilayah berkarakter maritim ini. Karena karakter unik inilah maka saat dua kekuatan besar yang ingin menguasai Planet Ramnox berusaha menancapkan kekuasaan dalam wilayah Rasyie, mengalami kesulitan besar. Apalagi saat mencoba mengendalikan masyarakat dari ribuan pulau yang terpencar-pencar tersebut.

Sebuah hal yang juga berbeda dengan karakter bangsa saudara kembar Ratu Maava di Amorluxico sana adalah cara berpikir orang-orang di wilayah ini. Jika alam pikiran bangsa Amox didominasi oleh pikiran rasional maka alam pikiran rakyat Rasyie akan lebih banyak bersentuhan dengan pikiran dan pertimbangan-pertimbangan irasional. Hal ini adalah refleksi dari jiwa seorang Ratu dan pancaran pengaruh wilayah kekuasaannya yang berwujud samudera.

img. 4 Irasional

img. 4 Irasional

Wujud zat cair sangat sulit dideteksi sebab ia dengan begitu mudah akan mengikuti bentuk wadahnya sendiri. Karakternya dinamis, kreatif dan anti kemapanan. Perangainya sangat lembut dan ramah, namun keramahan tersebut seketika dapat berubah menjadi kemarahan yang menggelegak seperti terjangan ombak saat menghempas tepian tebing batu cadas.

Lembut dan ramah…, sangat feminin. Namun berpikir irasional?“, batin Sang Pangeran. Entah, irasional seperti apakah karakter masyarakat Rasyie ini.

Untuk memahami persoalan dalam negara Ra Sirhonesia ini para Penguasa Negeri AMNESIA di langit Kelima mengutus dua orang penasehat dan tujuh pemantau yang bertugas merawat dan mengembalikan semangat serta rasa percaya diri para warganya.

Masalah penting dalam masyarakat dan bangsa ini adalah perangainya yang terbiasa untuk melukai diri dan bangsa sendiri. Ia bahkan tanpa malu-malu untuk memamerkan kegemaran tersebut kepada bangsa-bangsa lain di permukaan Ramnox. Tentu akan lebih rumit untuk menyelesaikan masalah seperti ini. Bahkan para Penguasa Negeri AMNESIA pun sampai harus mengutus para pemantau sebanyak tujuh orang untuk mencoba menuntaskan masalah tersebut.

Ki Arkam menceritakan pengalaman ketika berada di wilayah Rasyie. Setelah beberapa lama membaur dengan masyarakat di perkotaan hingga pelosok dan pedalaman negeri ini, para utusan Negeri AMNESIA di Ra Sirhonesia akhirnya melakukan pertemuan pertama guna menyatukan persepsi awal tentang hal ihwal apa sebenarnya yang sedang terjadi dalam negara ini sehingga begitu gemar merusak dan menyakiti diri sendiri.

Di sela-sela pemaparan Ki Arkam, Sang Pangeran sesekali melirik ke arah pantulan sinar purnama di tepi danau. Pertemuan kali ini berlangsung di malam hari.

img. 5 Purnama Kembar

img. 5 Purnama Kembar

Aahhh… Alangkah indah purnama kembar di malam ini..! Adakah keindahan yang bisa menandinginya?” Beliau kembali membatin.

Wajah Maysha terlintas sekejap. Dermaga itu mengingatkan Sang Pangeran akan tingkah-tingkah konyol yang pernah Beliau lakukan. Ono dan Offo mengamati sikap Sang Pangeran namun tak menampakkan reaksi apa-apa.

Jika saja Sang Pangeran mengetahui betapa indahnya cahaya purnama kembar yang menyinari negeri Rasyie, tentu Beliau tak perlu lagi menoleh ke arah danau penuh kenangan itu. Kemewahan wajah purnama kembar mampu menghipnotis siapapun yang memandang, di sepanjang pantai-pantai negeri Rasyie“, Sahut Ono pelan pada Offo. Ono dan Offo telah mengetahui pesona negeri sejuta warna ini dari para Biq Xu.

Pertemuan para utusan negeri AMNESIA terus berjalan. Satu persatu penasehat dan para pemantau memaparkan hasil pengamatan mereka. Ki Arkam mengawali dengan menguraikan sejarah perjalanan bangsa Rasyie, dimana pada masa awal berdiri merupakan sebuah tempat yang aman, tentram dan damai. Sang Pangeran mendengarkan dengan teliti, meski tetap sesekali melepaskan pandangan Beliau ke arah danau berair tenang itu.

*****

 

Bersambung…

Kisah Bahagia (2)

 

 

About djas Merahputih

Dari nama dan profile picture'nya, sudah jelas terlihat semangat ke-Indonesia-annya. Ditambah dengan artikel-artikelnya yang mengingatkan kita semua bahwa nasionalisme itu masih ada, harapan itu masih ada untuk Indonesia tercinta. Tinggal di Sulawesi, menebar semangat Merah Putih ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel

8 Comments to "[AMNESIA – The Future Story] Pesona Purnama Kembar"

  1. djasMerahputih  28 March, 2016 at 19:15

    Ha ha ha… kalo itu nanyanya ke bang James yang menemukan istilah Purnama Stereo…
    Wah.. ada apa dengan Kang Saroe soal kembar-kembar ini ya??

  2. J C  17 March, 2016 at 15:35

    Lho? Kok purnama stereo? Ada purnama surround atau dolby gak? (kalau yang kembar-kembar gitu jangan sampe kedengaran Kang Saroe ya, bahaya)

  3. djasMerahputih  13 March, 2016 at 12:13

    om DJ:
    Betul om DJ, bulan itu tak cuma satu tapi ada dua belas.
    Januari, Februari hingga Desember.

  4. Dj. 813  13 March, 2016 at 03:09

    Terimakasih Djas . . .
    Tulisan yang menarik . . .

    @ : Yu Lani, bulan tidak hanya satu yu . . .
    Ada akhir bulan . . .
    Ada batu bulang .
    di dekat bogor malah ada Ci bulan . . .

    Tapi banyak yang gelisah kalau datang bulan .

    Tinggal pilih,mau bulan yang mana yu . . .
    Hahahahahahahahaha . . . ! ! !

  5. Lani  11 March, 2016 at 23:47

    James, kang Djas: lah wes emboh………aku jg bingung, mmgnya ada bulan kembar? Hahaha………..ngawuuuuuur aku ya……..mungkin bulan poligami?

  6. djasMerahputih  11 March, 2016 at 16:46

    Pentulise…

    Tji Lani: gimana gimana maksudnya..??
    Jangan2 disangka planet ini melakukan polygambreng lagi…

    Bang James: Tul juga, bulan stereo…

  7. james  11 March, 2016 at 16:07

    itu namanya Purnama Stereo ci Lani

  8. Lani  11 March, 2016 at 12:58

    Purnama kembar? Bagaimana para kenthirs?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *