Investasi Yuk

Neng Tatu

 

Hehehe…setelah di postingan yang sebelum nya agak bersifat kaku atau teoritis, kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya di Sekolah Pasar Modal. Mulanya muncul ketertarikan diri untuk belajar lebih jauh tentang Pasar Modal adalah setelah mengikuti Seminar yang diadakan oleh OJK yang bertemakan “Financial Clinic”. Ngobrol Investasi Saham dan Reksa Dana. Saat itu belum tau apa itu Sukuk, Obligasi, Reksa Dana, Saham dll.

(Sssst info sedikit, Sukuk lagi melakukan penawarannya loh di beberapa bank tertentu dengan rate 8,3 %). Sedikit-sedikit mulai cari tau tentang hal itu, tapi kok rasanya tetep ada yang kurang ya kalo ngga belajar langsung. Yups, disitu lah guna nya Sekolah Pasar Modal. Untuk bisa ikutan Sekolah Pasar Modal ini gampang kok, bisa diakses di website ini: http://investar.idx.co.id/education/sekolah-pasar-modal/ dan tidak ada biaya apa pun, cuma mengeluarkan dana sebesar Rp. 100.000 yang nanti nya akan digunakan sebagai modal awal berinvestasi saham.

Asik kan cuma dengan seratus ribu bisa memulai investasi. Dan syarat nya hanya menyertai FC KTP, FC NPWP (bagi yang tidak memiliki NPWP bisa juga kok, nanti bisa mengisikan surat keterangan tidak memiliki NPWP), FC Halaman Depan Tabungan.

bisnis-investasi

Saat kelas dimulai, setiap peserta diwajibkan mengisi 5 bundel data yang berisikan seputar data pribadi, pengisian data Rekening Dana Nasabah (RDN) *untuk bank yang menjadi wadah RDN tergantung kepada kerjasama antara perusahaan efek dan bank terkait, pengisian kontrak kerja sama antara perusahaan efek dan calon investor.

Dalam kelas yang berlangsung dari jam 09.00-16.00 kami diajarkan bagaimana membeli saham, bagaimana menjual saham, melihat harga saham dari suatu perusahaan, kapan saat yang tepat untuk membeli atau kapan saat yang tepat untuk menjual saham, menurut saya bagian ini amat penting karena dari bagian ini kita bisa mendapatkan capital gain dari jual-beli saham yang kita lakukan, bagaimana memilih saham yang baik untuk berinvestasi atau untuk trading.

Bagi yang ingin tau lebih tentang Pasar Modal, cuss tinggal daftar aja pada tautan di atas, sayang kan kalo pasar modal kita banyak diisi oleh investor asing, apalagi dengan banyak nya kerjasama-kerjasama regional atau multinasional yang akan atau sudah berlangsung.

 

 

7 Comments to "Investasi Yuk"

  1. djasMerahputih  22 March, 2016 at 08:33

    Kalo kalah itu namanya judi. Kalo menang jadinya rejeki..

  2. Neng Tatu  21 March, 2016 at 21:45

    terimakasih utk komentar nya para suhu:

    pengunaan saham dapat menjadi 2: trading atau investasi.
    jikalau di gunakan utk investasi, kurang tepat rasanya jika dikatakan judi, tp klo utk trading “wallahu alam bishowab”

  3. J C  17 March, 2016 at 15:50

    Kapan-kapan boleh dicoba nih…

  4. Lani  16 March, 2016 at 23:04

    James: ndak pernah kenal saham, ndak tertarik sama saham……..lebih tertarik sama ikan peda dan urap2 kkkkkk………..bener2 OOT

  5. EA.Inakawa  16 March, 2016 at 16:53

    Pasar Modal ogah, mending ke Pasar Traditional saja…..belanja ikan Peda terus masak seperti pak DJ

  6. james  16 March, 2016 at 09:03

    setuju dengan Mas DJ, emoh main saham, kalau mujur bagus kalo nasib elek ambruk

    halo para Kenthirs punya saham Baltyra gak ?

  7. Dj. 813  15 March, 2016 at 20:06

    Inves di pasar modal, menurut Dj .
    Sama saja dengan judi .
    Bisa untung dan bisa rugi, tergantung hogi kita .
    Banyak orang yang sukses, tapi juga banyak yang bankrut .
    Terimakkasih dan salam .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.