Quinoa

Dian Nugraheni

 

Karena pengetahuan tentang tanaman, plus…penguasaan bahasa Inggris yang terbatas, juga lagi agak malas mempelajari…(lengkap, ya…?), tapi…, juga lagi pengen memasak butiran QUINOA ini…

Maka pertanyaan pertama yang aku ajukan adalah, Siapa yang bisa menerangkan dengan simpel, singkat, dan jelas, termasuk apakah QUINOA ini, grain, seed, atau apa…?

quinoa01 quinoa02

Trus definisi grain, seed, itu apa ya..?

Nahh, pertanyaannya banyak, dan nampak bingung dalam mengajukan pertanyaannya. Nunggu volunteer untuk mau komen di postingan ini.

Sementara menunggu jawaban, mari kita cobain dulu QUINOA ini. Dimasak dengan air, sampai mendidih, asatkan, dan tiriskan (karena setelah asat pun dia masih jemek, mengandung banyak air). Jangan lupa sebelum masak, dicuci di atas saringan dulu ya, biar bersih.

Lauknya, adalah juga sayurnya, irisan bawang bombai, buncis, paprika oranye, jagung serut, dimasak cepat sederhana aja, dikasih garam dan merica, serta sedikit bubuk bawang putih. Ada sedikit sediaan meet, Pastrami, namanya, yang diiris halus, dan campurkan, aja ya. Pastrami adalah salah satu nama sediaan daging berasal dari beef yang diasap, dan dibumbui dengan banyak rempah, rasanya sangat gurih.

Mari makan malam dulu yaa..
Selamat pagi, Indonesia..!

 

Catatan: QUINOA yang sudah ditanak ini, enggak “maregi”…hixixixi.., kalau yang kemaren, Burghul..lhaa, itu, sedikit udah bikin kenyang…

 

 

7 Comments to "Quinoa"

  1. J C  7 April, 2016 at 09:20

    Aku belum pernah coba ini, lihat kayaknya pernah di Hero, tapi harganya muahaaaaalll…

  2. Lani  29 March, 2016 at 11:23

    Hahaha………..James ketauan kaga suka masak/masuk dapur akan ttp taunya mak-lebbbbbbb………….pokok-e wareg

  3. Alvina VB  29 March, 2016 at 09:49

    Dian: Quinoa ini masuk dalam whole grain, ttp asalnya ya dari biji (seed) tanaman quinoa. Quinoa ini termasuk tinggi proteinnya. Biasanya aku sich masukin quinoa /baca: keen-wah/ dalam salad dicampur dengan daun basil, parsley, peppers/paprika merah, kuning dan oranye yg telah dipotong-potong spt dadu dan kadang bisa masukin buah (spt berries/ nanas yg dipotong-potong kecil) dicampur dengan pamesan cheese (gantinya garam) dan lada hitam. Kl mau quinoa nya crunchy, setelah dimasak dan disaring spy hilang airnya, aku sangrai pake sedikit garlic, olive-oil atau butter sampe brownish gitu.

  4. Dj. 813  28 March, 2016 at 19:33

    Maaaf baru pertama kali dengar . Apalagi lihat dan mencoba .
    Hahahahahahahaha . . . ! ! !
    Terimakasih dan salam,

  5. Ivana  28 March, 2016 at 12:07

    Quinoa termasuk grain. Buat pengganti nasi. Sudah pernah nyoba makan, tapi belum sempat nyoba masak sendiri. Itu yg di foto.
    Tempo hari saya sempet search cara masak quinoa:
    http://www.thekitchn.com/how-to-cook-quinoa-cooking-lessons-from-the-kitchn-63344

  6. James  28 March, 2016 at 10:40

    he he aku juga baru akhir ini nonton di TV perihal masak memasak Ozi Chef menggunakan Quinoa ini, jadi sama belum tahu pasti jenis apa itu

    hadir ci Lani, sama gak taunya neh, apalagi si James gak suka masak sama sekali

  7. Lani  28 March, 2016 at 08:05

    Dian: aku kira ini termasuk biji2-an/legume ditambah klu tdk salah lo ya…….tp aku jg pertama kali melihat, kmd mencoba memakannya juga keheranan………..ternyata semakin banyak bahan pangan yg msh asing dilidahku

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.